Follow by Email

Bulatkan Tekad untuk Perbaiki Diri Mulai Dari Hari Ini

close
Daftar Artikel Terbaru




TEKAD merupakan keinginan kuat untuk melakukan sesuatu. Tekad yang kuat bisanya harus dimiliki seseorang yang yang akan melakukan sesuatu hal agar berjalan dengan semestinya. Bagaimana dengan membulatkan tekad untuk memperbaiki diri agar memiliki sifat-sifat baik dan membersihkan diri dari perbuatan buruk, sebagaimana firman Allah SWT dengan melakukan perbuatan baik maka akan menghapuskan perbuatan buruk.

Allah SWT berfirman, “…sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu dapat menghapuskan perbuatan-perbuatan yang buruk…,” (QS Hud: 114).

Perbuatan baik untuk mengokohkan tekad memperbaiki diri, anatara lain: senang bersyukur, berbaik sangka, rendah hati, penuh kasih, sabar, jujur, bersikap adil, lemah lembut, dan sebagainya. Jika sifat-sifat baik diwujudkan dalam kebiasaan bersikap dan perilaku sehari-hari, niscaya yang muncul adalah tampilan kepribadian yang baik dan simpatik,yang akan menyenangkan siapa pun.



Nah, cara untuk menguatkan tekad dan menghilangkan kotoran pada hati agar menjadi bening sebagai berikut:

Pertama, sering melakukan muhasabah (mawas diri) agar hati cerdas dan awas, peka terhadap berbagai gejala yang ada dalam diri.

Kedua, mencermati sifat-sifat buruk diri sendiri dengan memahami bahayanya.

Ketiga, menggantikan sifat-sifat buruk dengan sifat-sifat baik.

Keempat, mengobati ‘penyakit-penyakit’ yang ada dalam hati.

Keempat hal di atas merupakan cara ringkas untuk membulatkan tekad memperbaiki diri dan mengokohkan sifat-sifat baik sehingga bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Bulatkan Tekad untuk Perbaiki Diri Mulai Dari Hari Ini

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top