Kacaunya Kekacauan (atas nama Tuhan ? )

Baca Juga 


Alkitab (Bible) versi bahasa Indonesia gemar sekali menuliskan kata "Tuhan" untuk mendukung atau pun akibat dari doktrin mempertuhankan Yesus. Karena "kegemarannya" itulah, maka banyak terjadi kekacauan dalam Alkitab.










Inilah beberapa contoh kekacauan Alkitab yang mengatasnamakan "Tuhan?"

Yohanes 4: 11
Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam, dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu?" (15) Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah aku air itu, supaya aku tidak haus dan tidak usah datang lagi ke sini untuk menimba air." 

  • Benarkah dalam ayat tersebut seorang perempuan Samaria yang baru bertemu Yesus meyakini dan menyapa Yesus sebagai Tuhan, bukan sebagai Nabi (Tuan)? 

Pada ayat berikutnya, kita mengetahui keyakinan wanita Samaria tersebut bahwa Yesus hanyalah sebagai Nabi: Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi." (Yoh 4: 19). Tetapi masih juga ada kekacauan dalam Alkitab (di ayat ini) karena kata Tuan ditulis sebagai Tuhan. 

  • Pertanyaan yang sama juga bisa diajukan pada ayat Matius 15: 25 atau Markus 7: 28 di bawah ini:

Matius 15: (24) Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." (25) Tetapi perempuan itu (Kanaan?) mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." (26) Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." (27) Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."

Markus 7: (27) Lalu Yesus berkata kepadanya: "Biarlah anak-anak kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." (28) Tetapi perempuan itu (Yunani bangsa Siro-Fenisia?) menjawab: "Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak."

  • Namun kita tidak dapat mengetahui benarkah seorang (dua orang wanita yang berbeda?) menyebut Yesus sebagai Tuhan pada ayat berikutnya, kecuali keyakinan bahwa penerjemah Alkitab telah mengubah kata Tuan menjadi Tuhan.
  • Hal itu terbukti pada terjemahan Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari (A-BIS): (25) Wanita itu datang lalu sujud di hadapan Yesus dan berkata, "Tolonglah saya, Tuan." (27) "Benar, Tuan," jawab wanita itu, "tetapi anjing pun makan sisa-sisa yang jatuh dari meja tuannya." (Matius 15, A-BIS).  (28) "Tuan," jawab wanita itu, "anjing-anjing di bawah meja pun makan sisa-sisa yang dijatuhkan anak-anak!" (Markus 7, A-BIS).
  • Menurut penulis Matius dan Markus melalui ayat-ayat tersebut tergambar pula bahwa Yesus adalah seorang yang sangat kasar dan rasis, sehingga menyebut orang diluar ras Yahudi atau Goyim/ gentile sebagai (maaf) Anjing.




Demikian juga penggunaan kata Tuan menjadi Tuhan pada:

Matius 16: 22
Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau."

Yohanes 11: (2) Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya. (3) Dan Lazarus yang sakit itu adalah saudaranya. Kedua perempuan itu mengirim kabar kepada Yesus: "Tuhan, dia yang Engkau kasihi, sakit." (12) Maka kata murid-murid itu kepada-Nya: "Tuhan, jikalau ia tertidur, ia akan sembuh." 21)  Maka kata Marta kepada Tuhan: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. (27) Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia." 32) Setibanya Maria di tempat Tuhan berada dan melihat Dia, tersungkurlah ia di depan kaki-Nya dan berkata kepada-Nya: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati."

Yohanes 14: (5) Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" (8) Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." (22) Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?"

Yohanes 20: (1) Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. (2) Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan." (11) Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, (12) dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring. (13) Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan." Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."

Lukas 11: (1) Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya."
Lukas 24: (1) Tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka. (2) Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu, (3) dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus.

  •  Hmm... benarkah pada saat itu mereka memanggil, menyapa dan meyakini Yesus sebagai Tuhan?
  • Apakah pada saat itu ada seorang Tuhan yang berjalan-jalan, beraktivitas, bersosialisasi di bumi Palestina?

Baiklah kita tanyakan kepada orang-orang yang masih waras untuk memperoleh jawaban yang objektif.

Jawabannya adalah ada di Matius 21: 
(9) "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!" (10) Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?" (11) Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."

Ya, ternyata pada saat itu, banyak orang waras di bumi Yerusalem, Palestina menyatakan bahwa Yesus hanyalah seorang Nabi, seorang yang datang membawa risalah dari Tuhan.
Jadi tegas bahwa Yesus bukanlah Tuhan!

Dan Yesus tidak pernah disalibkan (QS. An-Nisaa' 4: 157), karena itu tidak ada yang disebut sebagai mayat Yesus apalagi mayat Tuhan. Semoga fitnah atas beliau segera berakhir, dan damai sejahtera senantiasa baginya.

Semoga pula para sarjana teologi, ahli ketuhanan penerjemah penyusun Alkitab Bible segera mengakhiri "kegemarannya," pembodohannya, penyalahgunaan keahliannya dengan cara memanipulasi kata Tuan menjadi Tuhan, sama seperti para sarjana hukum hendaknya sebagai penegak hukum, bukan memanipulasi hukum, sehingga negara Indonesia akan terbebas dari Tuhan Palsu dan para koruptor.

Sumber : http://ishamerdeka.blogspot.com/2012/02/kacaunya-kekacauan-atas-nama-tuhan.html 


 Kacaunya Kekacauan (atas nama Tuhan?)



Para sarjana teologi, ahli ketuhanan penerjemah penyusun Alkitab Bible di Indonesia selain melakukan pembodohan, menyalahgunakan keahliannya memanipulasi kata Tuan menjadi Tuhan sehingga menghadirkan Tuhan PalsU, juga membuat kekacauan Alkitab bertambah lagi (atas nama Tuhan!)
Inilah beberapa penyebab dan beberapa contoh kekacauan Alkitab yang mengatasnamakan "Tuhan!"
1.      Rendahnya respek dan inkonsistensi dalam menggunakan kata Allah sebagai proper noun, proper name, nama (diri) Tuhan, dengan menjadikannya sebagai common noun, term, sebutan seperti kata Tuhan, sehingga selain ada penggunaan kata Allah secara benar (Allah), juga ada penyimpangan dengan adanya kata Allahku, Allahmu, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub, Allah Israel, Allah kita. Penyimpangan ini kadang terjadi secara bersamaan dengan kekeliruan lainnya, yaitu menjadikan kata Tuhan sebagai proper name, bukan sebagai term, sehingga ada Tuhan yang bernama TUHAN.

Kejadian 2 (KEJADIAN / KEJ / Genesis 2)

Terjemahan Baru
Bahasa Indonesia Sehari Hari
English [Amplified]
(1) Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
(1) Pada mulanya, waktu Allah mulai menciptakan alam semesta,
(1) IN THE beginning God (prepared, formed, fashioned, and) created the heavens and the earth.
(3) Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
(3) Allah berkata, "Jadilah terang!" Lalu ada terang.
(3) And God said, Let there be light; and there was light.
(5) Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.
(5) dan dinamakan-Nya terang itu "Siang" dan gelap itu "Malam". Malam lewat, dan jadilah pagi. Itulah hari yang pertama.
(5) And God called the light Day, and the darkness He called Night. And there was evening and there was morning, one day.

Ayub 31 (AYUB / AYB / Job 31)

(14) apakah dayaku, kalau Allah bangkit berdiri; kalau Ia mengadakan pengusutan, apakah jawabku kepada-Nya?
(14) Jika tidak, bagaimana harus kuhadapi Allahku? Apa jawabku pada waktu Ia datang menghakimi aku?
(14) What then shall I do when God rises up [to judge]? When He visits [to inquire of me], what shall I answer Him?


Nehemia 5 (NEHEMIA / NEH / Nehemiah 5)

(19) Ya Allahku, demi kesejahteraanku, ingatlah segala yang kubuat untuk bangsa ini.
(19) Aku mohon ya Allah, ingatlah segala yang telah kubuat untuk bangsa ini dan berkatilah aku.
(19) O my God, [earnestly] remember me for good for all I have done for this people.


Mazmur 83 (MAZMUR / MZM / Psalm 83)

(13) (83-14) Ya Allahku, buatlah mereka seperti dedak yang beterbangan, seperti jerami yang ditiup angin!
(13) (83-14) Ya Allah, hamburkanlah mereka seperti debu, seperti jerami yang ditiup angin.
(13) O my God, make them like whirling dust, like stubble or chaff before the wind!


Ulangan 4 (ULANGAN / UL / Deuteronomy 4)

 
(23) Hati-hatilah, supaya jangan kamu melupakan perjanjian TUHAN, Allahmu, yang telah diikat-Nya dengan kamu dan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang oleh TUHAN, Allahmu, dilarang kauperbuat.
(23) Ingatlah baik-baik! Jangan lupa akan perjanjian yang dibuat TUHAN Allahmu dengan kamu. Taatilah perintah-Nya; jangan sekali-kali membuat bagi dirimu patung dalam bentuk apa pun untuk disembah,
(23) Take heed to yourselves, lest you forget the covenant of the Lord your God which He made with you, and make for yourselves a graven image in the form of anything which the Lord your God has forbidden you.


Ulangan 5 (ULANGAN / UL / Deuteronomy 5)

 
(11) Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
(11) Jangan menyebut nama-Ku dengan sembarangan, sebab Aku, TUHAN Allahmu, menghukum siapa saja yang menyalahgunakan nama-Ku.
(11) You shall not take the name of the Lord your God in vain, for the Lord will not hold him guiltless who takes His name in falsehood or without purpose.


Ulangan 6 (ULANGAN / UL / Deuteronomy 6)

(5) Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.
(5) Cintailah TUHAN Allahmu dengan sepenuh hatimu: Tunjukkanlah itu dalam cara hidupmu dan dalam perbuatanmu.
(5) And you shall love the Lord your God with all your [mind and] heart and with your entire being and with all your might.


Keluaran 3 (KELUARAN / KEL / Exodus 3)

(15) Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.
(15) Kabarkanlah juga kepada mereka bahwa Aku, TUHAN, Allah nenek moyang mereka, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, mengutus engkau kepada mereka. Akulah TUHAN, itulah nama-Ku untuk selama-lamanya. Itulah sebutan-Ku untuk semua bangsa turun-temurun.
(15) God said also to Moses, This shall you say to the Israelites: The Lord, the God of your fathers, of Abraham, of Isaac, and of Jacob, has sent me to you! This is My name forever, and by this name I am to be remembered to all generations.


2 Tawarikh 6 (2 TAWARIKH / 2TAW / 2 Chronicles 6)

(7) Ketika Daud, ayahku, bermaksud mendirikan rumah untuk nama TUHAN, Allah Israel
(7) Selanjutnya Salomo berkata, "Ayahku Daud telah merencanakan untuk membangun rumah tempat ibadat kepada TUHAN Allah Israel.
(7) Now it was in the heart of David my father to build a house for the Name and renown of the Lord, the God of Israel


1 Raja Raja 8 (1 RAJA RAJA / 1RAJ / 1 Kings 8)

(23) lalu berkata: "Ya TUHAN, Allah Israel! Tidak ada Allah seperti Engkau di langit di atas dan di bumi di bawah; Engkau yang memelihara perjanjian dan kasih setia kepada hamba-hamba-Mu yang dengan segenap hatinya hidup di hadapan-Mu;
(23) dan berdoa, "TUHAN, Allah Israel! Di langit atau pun di bumi tak ada yang seperti Engkau! Engkau menepati janji-Mu dan menunjukkan kasih-Mu kepada umat-Mu yang setia dan taat dengan sepenuh hati kepada-Mu.
(23) And he said, O Lord, the God of Israel, there is no God like You in heaven above or on earth beneath, keeping covenant and showing mercy and loving-kindness to Your servants who walk before You with all their heart.


Ulangan 2 (ULANGAN / UL / Deuteronomy 2)

33) tetapi TUHAN, Allah kita, menyerahkan dia kepada kita, sehingga kita mengalahkan dia dengan anak-anaknya dan seluruh tentaranya.
(33) Tetapi TUHAN Allah kita, menyerahkan dia kepada kita, lalu kita mengalahkan dia beserta anak-anaknya dan seluruh tentaranya.
(33) And the Lord our God gave him over to us, and we defeated him and his sons and all his people.


Ulangan 5 (ULANGAN / UL / Deuteronomy 5)

(2) TUHAN, Allah kita, telah mengikat perjanjian dengan kita di Horeb.
(2) Di Gunung Sinai TUHAN Allah kita membuat suatu perjanjian,
(2) The Lord our God made a covenant with us in Horeb.


Ulangan 6 (ULANGAN / UL / Deuteronomy 6)

(4) Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
(4) Saudara-saudara, ingatlah! Hanya TUHAN, dan TUHAN saja Allah kita!
(4) Hear, O Israel: the Lord our God is one Lord [the only Lord].


1 Raja Raja 8 (1 RAJA RAJA / 1RAJ / 1 Kings 8)

(57) Kiranya TUHAN, Allah kita, menyertai kita sebagaimana Ia telah menyertai nenek moyang kita, janganlah Ia meninggalkan kita dan janganlah Ia membuangkan kita,
(57) Semoga TUHAN Allah kita menyertai kita sebagaimana Ia menyertai leluhur kita. Semoga Ia tidak meninggalkan kita.
(57) May the Lord our God be with us as He was with our fathers; may He not leave us or forsake


Ulangan 6 (ULANGAN / UL / Deuteronomy 6)

(24) TUHAN, Allah kita, memerintahkan kepada kita untuk melakukan segala ketetapan itu dan untuk takut akan TUHAN, Allah kita, supaya senantiasa baik keadaan kita dan supaya Ia membiarkan kita hidup, seperti sekarang ini.
(24) TUHAN Allah kita menyuruh kita melakukan semua perintah itu dan menghormati Dia. Kalau kita berbuat begitu, Ia akan selalu memelihara bangsa kita supaya tetap hidup sejahtera.
(24) And the Lord commanded us to do all these statutes, to [reverently] fear the Lord our God for our good always, that He might preserve us alive, as it is this day.
(25) Dan kita akan menjadi benar, apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia di hadapan TUHAN, Allah kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita."
(25) Kalau kita dengan setia mentaati segala yang diperintahkan TUHAN Allah kita kepada kita, maka Ia akan berkenan kepada kita.'"
(25) And it will be accounted as righteousness (conformity to God's will in word, thought, and action) for us if we are watchful to do all this commandment before the Lord our God, as He has commanded us.


2.      Karena kebodohan, pembodohan, pelecehan, tidak adanya penghargaan kepada Sang Pemilik Nama yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala, apalagi kepada umat Islam, sehingga terdapat penggunaan kata: allah, allahku, allah lain, para allah, segala allah (semuanya diawali dengan huruf kecil yang merujuk pada berhala atau Tuhan Palsu). 

Padahal dalam bahasa Arab dimana kata tersebut berasal tidak mengenal kaidah huruf besar dan huruf kecil dan ada kata lain yang tepat untuk digunakan yaitu kata ilah (bersifat netral yang merujuk kepada segala sesuatu yang disembah, baik yang dilarang yaitu berhala, maupun yang diperintahkan untuk disembah bagi seluruh manusia yaitu Allah). 

Atau gunakan saja kata berhala atau kata tuhan (diawali dengan huruf kecil) sehingga lebih sesuai dengan kaidah berbahasa yang baik dan benar, lebih elok elegan, memperlihatkan kualitas sebagai para sarjana teologi ahli ketuhanan penerjemah penyusun Alkitab dan tentu saja tidak menjadikan dirinya sebagai tersangka minoritas yang kurang ajar.

Yesaya 44 (YESAYA / YES / Isaiah 44)

(17) Dan sisa kayu itu dikerjakannya menjadi allah, menjadi patung sembahannya; ia sujud kepadanya, ia menyembah dan berdoa kepadanya, katanya: "Tolonglah aku, sebab engkaulah allahku!"
(17) (44:15)
(17) And from what is left [of the log] he makes a god, his graven idol. He falls down to it, he worships it and prays to it and says, Deliver me, for you are my god!


Keluaran 23 (KELUARAN / KEL / Exodus 23)

(13) Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; nama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu."
(13) Perhatikanlah segala yang telah Kukatakan kepadamu. Jangan memuja ilah-ilah lain, bahkan menyebut namanya pun tak boleh."
(13) In all I have said to you take heed; do not mention the name of other gods [either in blessing or cursing]; do not let such speech be heard from your mouth.


Keluaran 34 (KELUARAN / KEL / Exodus 34)

(14) Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.
(14) Jangan menyembah ilah lain, sebab Aku TUHAN, adalah Allah yang tak mau disamakan dengan apa pun.
(14) For you shall worship no other god; for the Lord, Whose name is Jealous, is a jealous (impassioned) God,



Yesaya 37 (YESAYA / YES / Isaiah 37)

(12) Sudahkah para allah dari bangsa-bangsa yang telah dimusnahkan oleh nenek moyangku, dapat melepaskan mereka, yakni Gozan, Haran, Rezef dan bani Eden yang di Telasar?
(12) Pada waktu leluhurku menghancurkan kota Gozan, Haran, dan Rezef, serta membunuh orang-orang Eden yang tinggal di Telasar, tidak satu pun dari dewa-dewa mereka menyelamatkan mereka.
(12) Have the gods of the nations delivered those whom my predecessors have destroyed, as Gozan, Haran [of Mesopotamia], Rezeph, and the children of Eden who were in Telassar
(19) dan menaruh para allah mereka ke dalam api, sebab mereka bukanlah Allah, hanya buatan tangan manusia, kayu dan batu; sebab itu dapat dibinasakan orang.
(19) Dewa-dewa mereka juga dibakar dan dihancurkan, sebab dewa-dewa itu sama sekali tidak berkuasa. Mereka hanya patung dari kayu dan batu buatan manusia.
(19) And have cast the gods of those peoples into the fire, for they were not gods but the work of men's hands, wood and stone. Therefore they have destroyed them.


Mazmur 135 (MAZMUR / MZM / Psalm 135)

(5) Sesungguhnya aku tahu, bahwa TUHAN itu maha besar dan Tuhan kita itu melebihi segala allah.
(5) Sebab aku tahu TUHAN sungguh besar, Ia agung melebihi segala dewa.
(5) For I know that the Lord is great and that our Lord is above all gods.


1 Korintus 8 (1 KORINTUS / 1KOR / 1 Corinthians 8)

5) Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah", baik di sorga, maupun di bumi--dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian--
(5) Memang banyak juga apa yang dinamakan ilah dan tunas; baik yang ada di langit maupun yang ada di atas bumi.
(5) For although there may be so-called gods, whether in heaven or on earth, as indeed there are many of them, both of gods and of lords and masters,


3.      Tidak konsisten menerapkan kata Tuhan sebagai common noun, term, sebutan, dengan menjadikannya sebagai proper noun, proper name, nama (diri) Tuhan, sehingga selain ada penggunaan kata Tuhan secara benar (Tuhan, Tuhanku, Tuhanmu, Tuhan kita) juga ada ada penyimpangan dengan adanya Tuhan yang bernama TUHAN.

Keluaran 5 (KELUARAN / KEL / Exodus 5)

(22) Lalu Musa kembali menghadap TUHAN, katanya: "Tuhan, mengapakah Kauperlakukan umat ini begitu bengis? Mengapa pula aku yang Kauutus?
(22) Lalu Musa menghadap TUHAN lagi dan berkata, "Tuhan, mengapa bangsa Israel Kauperlakukan seburuk itu? Mengapa Engkau mengutus saya ke sini?
(22) Then Moses turned again to the Lord and said, O Lord, why have You dealt evil to this people? Why did You ever send me?


Hakim Hakim 13 (HAKIM HAKIM / HAK / Judges 13)

(8) Lalu Manoah memohon kepada TUHAN, katanya: "Ya Tuhan, berilah kiranya abdi Allah, yang Kauutus itu, datang pula kepada kami dan mengajar kami, apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir itu."
(8) Mendengar itu, berdoalah Manoah kepada TUHAN, begini, "TUHAN, sudilah kiranya Engkau mengutus hamba-Mu itu lagi kepada kami untuk memberitahukan apa yang harus kami perbuat dengan anak itu setelah ia lahir."
(8) Then Manoah entreated the Lord and said, O Lord, let the Man of God whom You sent come again to us and teach us what we shall do with the child that shall be born.


Mazmur 30 (MAZMUR / MZM / Psalm 30)

(8) (30-9) Kepada-Mu, ya TUHAN, aku berseru, dan kepada Tuhanku aku memohon:
(8) (30-9) Kepada-Mu, ya TUHAN, aku berseru, kepada TUHAN aku memohon,
(8) I cried to You, O Lord, and to the Lord I made supplication.


Yesaya 49 (YESAYA / YES / Isaiah 49)

(14) Sion berkata: "TUHAN telah meninggalkan aku dan Tuhanku telah melupakan aku."
(14) Tetapi penduduk Yerusalem berkata, "TUHAN sudah meninggalkan kita, TUHAN kita sudah melupakan kita."
(14) But Zion [Jerusalem, her people as seen in captivity] said, The Lord has forsaken me, and my Lord has forgotten me.


Keluaran 23 (KELUARAN / KEL / Exodus 23)

(17) Tiga kali setahun semua orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN.
(17) Setiap tahun waktu diadakan ketiga perayaan itu, semua orang laki-laki harus datang beribadat kepada-Ku, TUHAN Allahmu.
(17) Three times in the year all your males shall appear before the Lord God.


Keluaran 34 (KELUARAN / KEL / Exodus 34)

(23) Tiga kali setahun segala orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN, Allah Israel
(23) Tiga kali setahun semua orang laki-laki harus datang menyembah Aku, TUHAN Allah Israel.
(23) Three times in the year shall all your males appear before the Lord God, the God of Israel.


Mazmur 135 (MAZMUR / MZM / Psalm 135)

(5) Sesungguhnya aku tahu, bahwa TUHAN itu maha besar dan Tuhan kita itu melebihi segala allah.
(5) Sebab aku tahu TUHAN sungguh besar, Ia agung melebihi segala dewa.
(5) For I know that the Lord is great and that our Lord is above all gods.


Mazmur 147 (MAZMUR / MZM / Psalm 147)

(5) Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga.
(5) Sungguh besar dan hebat TUHAN kita, kebijaksanaan-Nya tidak terhingga.
(5) Great is our Lord and of great power; His understanding is inexhaustible and boundless.


4.      Karena transliterasi yang sesuka hati terhadap nama (diri) Tuhan, dan inkonsisten dalam penerapan common noun, term, sebutan dengan  proper noun, proper name yang berkaitan dengan Tuhan, sehingga:

a.      menganggap berbeda antara kata Allah dengan kata ALLAH, sehingga Tuhan selain memiliki nama Allah juga memiliki nama ALLAH.

b.      menganggap berbeda antara kata Tuhan dengan TUHAN, sehingga ada kata Tuhan sebagai sebutan bagi Sang Pencipta jagat raya dan kata TUHAN sebagai nama bagi Tuhan.

c.       menganggap sama antara kata ALLAH dengan kata TUHAN, sehingga melakukan transliterasi nama Tuhan (dari kata yang sama/ tepatnya empat huruf YHWH yang sudah tidak bisa dikatakan/ dilafalkan dengan tepat dan benar) dengan kata ALLAH dan TUHAN.

 
d.      menganggap sama antara kata Allah dengan kata Tuhan, sehingga ada kata Allahku dan Tuhanku etc. (keduanya dianggap sebagai common noun, term, sebutan).

Mazmur 68 (MAZMUR / MZM / Psalm 68)

(20) (68-21) Allah bagi kita adalah Allah yang menyelamatkan, ALLAH, Tuhanku, memberi keluputan dari maut.
(20) (68-21) Allah kita adalah TUHAN yang menyelamatkan, Ia membebaskan kita dari kematian.
(20) God is to us a God of deliverances and salvation; and to God the Lord belongs escape from death [setting us free].


Kejadian 15 (KEJADIAN / KEJ / Genesis 15)

(2) Abram menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu."
(2) Tetapi Abram berkata, "TUHAN Yang Mahatinggi, TUHAN tidak memberikan anak kepada saya. Orang yang akan mewarisi harta saya hanyalah Eliezer, hamba saya dari Damsyik. Jadi apa gunanya TUHAN memberi upah kepada saya?"
(2) And Abram said, Lord God, what can You give me, since I am going on [from this world] childless and he who shall be the owner and heir of my house is this [steward] Eliezer of Damascus
(8) Kata Abram: "Ya Tuhan ALLAH, dari manakah aku tahu, bahwa aku akan memilikinya?"
(8) Tetapi Abram bertanya, "Ya, TUHAN Yang Mahatinggi, bagaimana saya dapat mengetahui bahwa tanah itu akan menjadi milik saya?"
(8) But he [Abram] said, Lord God, by what shall I know that I shall inherit it?
Mazmur 109 (MAZMUR / MZM / Psalm 109)
(21) Tetapi Engkau, ya ALLAH, Tuhanku, bertindaklah kepadaku oleh karena nama-Mu, lepaskanlah aku oleh sebab kasih setia-Mu yang baik!
(21) Tetapi tolonglah aku sesuai dengan janji-Mu, ya TUHAN Allahku, selamatkanlah aku karena kebaikan dan kasih-Mu.
(21) But You deal with me and act for me, O God the Lord, for Your name's sake; because Your mercy and loving-kindness are good, O deliver me.
Mazmur 140 (MAZMUR / MZM / Psalm 140)
(7) (140-8) Ya ALLAH, Tuhanku, kekuatan keselamatanku, Engkau menudungi kepalaku pada hari pertarungan senjata.
(7) (140-8) TUHAN, Allahku, penyelamatku yang kuat, Engkau telah melindungi aku dalam pertempuran.
(7) O God the Lord, the Strength of my salvation, You have covered my head in the day of battle.
Mazmur 141 (MAZMUR / MZM / Psalm 141)
(8) Tetapi kepada-Mulah, ya ALLAH, Tuhanku, mataku tertuju; pada-Mulah aku berlindung, jangan campakkan aku!
(8) Tetapi aku tetap berharap kepada-Mu, ya TUHAN Allahku, jangan biarkan aku mati, sebab aku berlindung pada-Mu.
(8) But my eyes are toward You, O God the Lord; in You do I trust and take refuge; pour not out my life nor leave it destitute and bare.
Habakuk 3 (HABAKUK / HAB / Habakkuk 3)
(19) ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).
(19) Engkau memberi aku kekuatan seperti kaki rusa, kakiku Kaukokohkan. Engkau membimbing aku supaya aman waktu berjalan di pegunungan.
(19) The Lord God is my Strength, my personal bravery, and my invincible army; He makes my feet like hinds' feet and will make me to walk [not to stand still in terror, but to walk] and make [spiritual] progress upon my high places [of trouble, suffering, or responsibility]! For the Chief Musician; with my stringed instruments.
Ulangan 9 (ULANGAN / UL / Deuteronomy 9)
26) dan aku berdoa kepada TUHAN, kataku: Ya, Tuhan ALLAH, janganlah musnahkan umat milik-Mu sendiri, yang Kautebus dengan kebesaran-Mu, dan yang Kaubawa keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat.
(26) dan berdoa begini: Ya TUHAN Yang Mahatinggi, janganlah binasakan umat milik-Mu ini, bangsa yang Kaubebaskan dan Kauantar keluar dari Mesir dengan kekuatan dan kekuasaan-Mu yang besar.
(26) And I prayed to the Lord, O Lord God, do not destroy Your people and Your heritage, whom You have redeemed through Your greatness, whom You have brought out of Egypt with a mighty hand.
Yesaya 51 (YESAYA / YES / Isaiah 51)
(22) Beginilah firman Tuhanmu, TUHAN, Allahmu yang memperjuangkan perkara umat-Nya: "Sesungguhnya, Aku mengambil dari tanganmu piala dengan isinya yang memusingkan, dan isi cangkir kehangatan murka-Ku tidak akan kauminum lagi,
(22) Beginilah kata Tuhanmu, TUHAN Allahmu yang membela kamu, "Penderitaan yang Kuberikan dalam kemarahan-Ku, akan Kuambil kembali daripadamu. Kemarahan-Ku akan reda, dan kamu tak usah lagi menanggungnya.
(22) Thus says your Lord, the Lord, and your God, Who pleads the cause of His people: Behold, I have taken from your hand the cup of staggering and intoxication; the cup of My wrath you shall drink no more.
5.     Adanya rasa "kurang percaya diri" bila Tuhan adalah Esa mutlak (Ulangan 6:4; Yesaya 44:6; Keluaran 9:7; 2 Samuel 13:30, 17:12; Pengkhotbah 4:8), sebagai Elohim yang melampaui dimensi waktu, ruang dan pluralitas. Lebih menyukai Esa kesatuan persatuan (Kejadian 1:5) Esa Tuhan suami istri (Efesus 5:31), lebih menyukai Tuhan-nya Paulus daripada Tuhan-nya Yesus, sehingga tidak hanya "Tuhan!" tetapi juga "Tuhan?" Padahal kepada Setan (Lukas 4:8) atau Iblis (Matius 4:10) pun, Yesus memerintahkan untuk hanya menyembah "Tuhan!" bukan "Tuhan?."
 
Roma 10 (ROMA / RM / Romans 10)
(9) Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
(9) Sebab kalau Saudara mengaku dengan mulutmu bahwa "Yesus itu Tuhan", dan Saudara percaya dalam hatimu bahwa Allah sudah menghidupkan Yesus dari kematian, maka Saudara akan selamat.
(9) Because if you acknowledge and confess with your lips that Jesus is Lord and in your heart believe (adhere to, trust in, and rely on the truth) that God raised Him from the dead, you will be saved.
Roma 15 (ROMA / RM / Romans 15)
(5) Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus,
(5) Semoga Allah, yang memberikan ketabahan dan penghiburan kepada manusia, menolong kalian untuk hidup dengan sehati, menuruti teladan Kristus Yesus.
(5) Now may the God Who gives the power of patient endurance (steadfastness) and Who supplies encouragement, grant you to live in such mutual harmony and such full sympathy with one another, in accord with Christ Jesus,
(6) sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus.
(6) Dengan sehati Saudara semuanya bersama-sama dapat memuji Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus.
(6) That together you may [unanimously] with united hearts and one voice, praise and glorify the God and Father of our Lord Jesus Christ (the Messiah).
Roma 16 (ROMA / RM / Romans 16)
(20) Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!
(20) Allah yang memberi sejahtera kepada manusia, akan segera menempatkan Iblis di bawah kekuasaanmu dan menghancurkannya. Semoga Saudara-saudara selalu diberkati oleh Yesus Kristus Tuhan kita!
(20) And the God of peace will soon crush Satan under your feet. The grace of our Lord Jesus Christ (the Messiah) be with you.
1 Korintus 1 (1 KORINTUS / 1KOR / 1 Corinthians 1)
(3) Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
(3) (01:01)
(3) Grace (favor and spiritual blessing) be to you and [heart] peace from God our Father and the Lord Jesus Christ.
1 Korintus 8 (1 KORINTUS / 1KOR / 1 Corinthians 8)
(6) namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.
(6) Tetapi bagi kita, Allah hanya satu. Ia Bapa yang menciptakan segala sesuatu. Untuk Dialah kita hidup. Dan Tuhan hanya satu juga, yaitu Yesus Kristus. Melalui Dia segala sesuatu diciptakan, dan karena Dialah maka kita hidup.
(6) Yet for us there is [only] one God, the Father, Who is the Source of all things and for Whom we [have life], and one Lord, Jesus Christ, through and by Whom are all things and through and by Whom we [ourselves exist].
2 Korintus 1 (2 KORINTUS / 2KOR / 2 Corinthians 1)
(3) Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan,
(3) Terpujilah Allah, Bapa dari Tuhan kita Yesus Kristus. Ia Bapa yang sangat baik hati, dan Ia Allah yang memberikan kekuatan batin kepada manusia.
(3) Blessed be the God and Father of our Lord Jesus Christ, the Father of sympathy (pity and mercy) and the God [Who is the Source] of every comfort (consolation and encouragement),

2 Korintus 13 (2 KORINTUS / 2KOR / 2 Corinthians 13)
(14) (13-13) Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.
(14) (13:13) Tuhan Yesus Kristus memberkati kalian, Allah mengasihi kalian, dan Roh Allah menyertai kalian semuanya! Hormat kami, Paulus.
(14) The grace (favor and spiritual blessing) of the Lord Jesus Christ and the love of God and the presence and fellowship (the communion and sharing together, and participation) in the Holy Spirit be with you all. Amen (so be it).
Efesus 4 (EFESUS / EF / Ephesians 4)
(30) Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
(30) Janganlah menyedihkan hati Roh Allah. Kalian sudah dimeteraikan dengan Roh, menjadi milik Allah. Roh itu juga merupakan jaminan bahwa Hari Pembebasan akan datang bagimu.
(30) And do not grieve the Holy Spirit of God [do not offend or vex or sadden Him], by Whom you were sealed (marked, branded as God's own, secured) for the day of redemption (of final deliverance through Christ from evil and the consequences of sin).

Efesus 1 (EFESUS / EF / Ephesians 1)
(3) Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.
(3) Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus! Ia memberkati kita dengan segala berkat rohani di dalam surga, karena kita bersatu dengan Kristus.
(3) May blessing (praise, laudation, and eulogy) be to the God and Father of our Lord Jesus Christ (the Messiah) Who has blessed us in Christ with every spiritual (given by the Holy Spirit) blessing in the heavenly realm!
1 Tesalonika 3 (1 TESALONIKA / 1TES / 1 Thessalonians 3)
(11) Kiranya Dia, Allah dan Bapa kita, dan Yesus, Tuhan kita, membukakan kami jalan kepadamu.
(11) Semoga Allah Bapa kita sendiri, dan Tuhan kita Yesus meratakan jalan bagi kami untuk berjumpa dengan kalian!
(11) Now may our God and Father Himself and our Lord Jesus Christ (the Messiah) guide our steps to you.
2 Tesalonika 1 (2 TESALONIKA / 2TES / 2 Thessalonians 1)
(1) Dari Paulus, Silwanus dan Timotius, kepada jemaat orang-orang Tesalonika di dalam Allah Bapa kita dan di dalam Tuhan Yesus Kristus.
(1) Saudara-saudara jemaat di Tesalonika, yang menjadi umat Allah Bapa kita dan Tuhan Yesus Kristus! Kami, yaitu Paulus, Silas dan Timotius
(1) PAUL, SILVANUS (Silas), and Timothy, to the church (assembly) of the Thessalonians in God our Father and the Lord Jesus Christ (the Messiah, the Anointed One):
(2) Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
(2) mengharap semoga Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus memberi berkat dan sejahtera kepada kalian.
(2) Grace (unmerited favor) be to you and [heart] peace from God the Father and the Lord Jesus Christ (the Messiah, the Anointed One).



Demikianlah kacaunya kekacauan atas nama Tuhan? dan Tuhan! 

dalam Alkitab yang merupakan salah satu bagian dari berbagai konflik teologi yang selalu menghinggapi setiap hati nurani setiap orang Kristen yang mau membaca Alkitab, bukan sekedar sebagai pendengar pasif khotbah pendetanya, setor perpuluhan dan kemudian memperoleh suntikan janji-janji surga yang menghipnotis, menghalusinasi dirinya.
Semoga bermanfaat  
Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top