Kerja Keras Rasulullah SAW, Dari Pengembala Kambing Hingga Pedagang Barang Khadijah

Baca Juga 






  Yes  Muslim  - DI PERMULAAN masa mudanya, Rasulullah SAW tidak memiliki pekerjaan tetap, riwayat menyebutkan bahwa beliau SAW bekerja sebagi pengembala kambing. Riwayat lain bahkan menyebut Rasulullah SAW mengembala kambing di perkampungan Bani Sa’ad.
Dengan mengembala kambing itu, Rasulullah mendapatkan upah harian dari pemilik kambing sebesar beberapa qirath (bagian dari dinar).

Pada usianya yang menginjak 25 tahun, Rasulullah bekerja dengan berdagang ke negeri Syam dengan modal dari Khadijah RA.

Ibnu Ishaq berkata, Khadijah binti Khuwalid adalah saudagar wanita keturunan bangsawan dan kaya raya. Dia memperkerjakan laki-laki dan melakukan sistem bagi hasil terhadap modal tersebut sebagai keuntungan mereka pada nantinya.



Kabilah Quraisy dikenal sebagi pedagang handal. Tatkala sampai kepada telinga Khadijah RA. tentang tentang kejujuran bicara, amanah, dan akhlak Rasulullah SAW, Khadijah mengutus seseorang untuk menemuinya. Ia menawarkan kepadanya untuk memperdagangkanharta miliknya tersebut ke Syams dengan imbalan yang paling istimewa yang tidak pernah diberikan kepada pedagan lainnya.
Dengan didampingi oleh budak laki-laki Khadijah RA. yang bernama Maisarah, Rasulullah SAW menerima tawaran tersebut dan berangkat dengan barang-barang dagangan Khadijah RA. bersama Maisarah hingga ke negeri Syams.

Begitulah sikap Rasulullah SAW. Kejujuran dan keamanahannya membuat Khadijah RA. sang sadagar mempercayakan kepadanya hartanya untuk diperdagangkan bahkan dengan imbalan yang mulia. Cukuplah Rasulullah SAW memberikan contoh kepada kita bahwa orang yang jujur akan meraih kemenenagan.


Sumber 

Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top