Harta Warisan, Ini Dia Sebab-sebab Mendapatkannya

Baca Juga 





KETIKA seseorang meninggalkan dunia, maka tak ada satu sen pun harta yang dapat ia bawa. Jadi, untuk apa harta yang dikumpulkan selama ini? Tentunya harta tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Nah, ketika ia wafat, maka harta yang tersisa bisa diberikan kepada orang lain.

Tahukah Anda, tidak semua orang bisa mendapatkan warisan dari seseorang. Seseorang tidak akan mendapatkan warisan dari orang lain kecuali karena salah satu sebab dari sebab-sebab di bawah ini:

1. Nasab, yaitu kekerabatan. Artinya, ahli waris ialah ayah dari pihak yag diwarisi, atau anak-anaknya, dan jalur sampingnya seperti saudara-saudara beserta anak-anak mereka, dan paman-paman dari jalur ayah beserta anak-anak mereka.

Allah SWT berfirman, “Bagi tiap-tiap harta peninggalan dari harta yang ditinggalkan ibu, bapak dan karib kerabat, Kami jadikan pewaris-pewarisnya,” (QS. An-Nisa: 12).



2. Pernikahan, yaitu akad yang benar terhadap istri, kendati suaminya belum menggauli dan belum berduaan dengannya.

Allah SWT berfirman, “Dan bagi kalian (suami-suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh istri-istri kalian,” (QS. An-Nisa’: 12).

3. Wala’, yaitu seseorang memerdekakan budak laki-laki atau perempuan, dan dengan ia memerdekakannya. Maka, kekerabatan budak tersebut menjadi miliknya. Jadi, jika budak yang ia merdekakan meninggal dunia tanpa meninggalkan ahli waris, maka hartanya diwarisi orang yang memerdekakannya.

Rasulullah SAW bersabda, “Wala’ itu milik orang yang memerdekakannya,” (Muttafaq ‘alaih).


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top