Fatwa Ulama: Apakah Nabi Isa ‘Alaihissalam Adalah Seorang Thabib?

close
Daftar Artikel Populer
pertanyaan

Kita sudah mengetahui beberapa mukjizat Nabi Isa ‘alaihissalam yaitu menyembuhkan orang sakit. Timbul pertanyaan, apakah nabi Isa adalah seorang  dokter/thabib? 

Kita sudah mengetahui beberapa mukjizat Nabi Isa ‘alaihissalam yaitu menyembuhkan orang sakit, menyembuhkan orang buta bahkan bisa menghidupkan orang mati dengan izin dari Allah Ta’ala. Timbul pertanyaan, apakah nabi Isa adalah seorang dokter/thabib?

Berikut fatwa Syaikh Prof. Abdullah bin Jibrin rahimahullah :

Soal:

Apakah Nabi Allah Isa ‘alahissalam seorang Nabi dan thabib bagi kaumnya, mengobati orang-orang sakit kaumnya?

Jawab:

Nabi Isa alahissalam tidak disebut sebagai thabib. Ia hanyalah seorang Rasul Allah. Sebagaimana firman Allah,

وَرَسُولًا إِلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنِّي قَدْ جِئْتُكُمْ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ أَنِّي أَخْلُقُ لَكُمْ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ

“Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka):”Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mu’jizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; (Ali ‘Imran: 49).

http://2.bp.blogspot.com/-9gHZhsJKNAo/VOq4rFHC7yI/AAAAAAAAaro/28RP1iJRTC4/s1600/isa%2Bdilangit.JPG

Allah menjadikan di antara mukjizatnya membuat burung dari tanah liat, kemudian meniupkannya maka jadilah ia burung yang terbang di hadapan penonton. kemudian melewati mereka maka ia jatuh dan mati.
Di antara mukjizatnya adalah menyembuhkan orang buta yang terlahir dalam keadaan buta. Maka ia kembalikan penglihatannya dengan izin Allah.

Di antara mukjizatnya adalah menyembuhkan penyakit belang yaitu penyakit keputihan (albino) yaitu yang nampak pada kulit sebagian manusia

Di antara mukjizatnya adalah bisa menghidupkan orang mati dengan izin Allah dan ia mengingatkan apa yang mereka makan dan mereka simpan di rumah-rumah mereka.

Maka ini adalah ayat-ayat (tanda-tanda) yang jelas keluar dari kemampuan manusia. Dan hal ini bukanlah jenis pengobatan dokter kepada pasien atau sejenisnya. Tidak pula disebutkan bahwa nabi Isa mengobati pasien dengan obat yang biasa digunakan (oleh thabib). Wallahu a’lam

 

Sumber
» Terima Kasih sudah membaca : Fatwa Ulama: Apakah Nabi Isa ‘Alaihissalam Adalah Seorang Thabib? | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top