Follow by Email

3 Orang Yang Paling Pertama Dilemparkan ke Neraka

close
Daftar Artikel Terbaru



Oleh : NS Risno, 
DI hadapan Allah tidak ada yang dapat kita sembunyikan. Allah Maha Tahu atas segala sesuatu, baik yang kita lahirkan ataupun yang tersimpan di dalam hati.
Di hadapan manusia bisa saja orang berdusta dengan berpura pura baik dan berkata, “’Saya ikhlas menolongmu.’’ Atau bilang,’’Apa yang saya lakukan ini karena Allah semata,’’ walaupun sebenarnya di dalam hatinya tersimpan niat lain yang bertentangan dengan apa yang dilahirkan. Namun di hadapan Allah semua itu tidak akan berlaku, sebab Allah Maha Tahu apa yang sebenarnya ada di relung hati kita.
Di dalam Hadits Qudsi diceritakan, ada tiga orang yang ketika di dunia beramal dengan amalan surga. Namun di akhirat setelah dihadapkan Allah, ketiganya justru diseret lantas dilempar ke dalam api neraka. Pertama orang yang berperang hingga mati syahid. Kedua orang yang mempelajari ilmu agama lalu mendakwahkanya serta rajin membaca Al Qur’an. Dan yang ketiga orang kaya yang menginfakan hartanya. Nah, bukankah ketiga amalan itu seharusnya menjadikan pelakunya masuk jannah? Namun mengapa mereka justru masuk neraka?
‘’Apa yang kamu amalkan di dunia?’’ tanya Allah kepada sang mujahid yang syahid di medan jihad.
Ia menjawab : ‘’Saya berperang karena-Mu sampai mati syahid.’’
Allah berfirman : “Kamu berdusta, tetapi kamu berperang agar dikatakan sebagai pemberani dan itu sudah kamu dapatkan.”

Kepada orang yang mempelajari ilmu agama lalu mendakwahkanya serta rajin membaca Al-Qur’an, Allah juga bertanya: ‘’Apa yang kamu kerjakan di dunia?”
Ia menjawab : ’ “Saya mempelajari ilmu agama dan mendakwahkanya, dan saya membaca Al-Qur’an karena mencari ridho–Mu.’’
Allah berfirman : “Kamu berdusta,tetapi kamu mempelajari ilmu agama agar dikatakan alim, dan kamu membaca Al-Qur’an agar di katakan sebagai qori’, dan itu semua telah kaudapatkan.’’
Dan orang kaya yang menginfakkan hartanya juga ditanya oleh Allah : ‘’Apa yang kamu kerjakan di dunia?”
Ia pun menjawab : ‘”Saya tidak meninggalkan jalan yang engkau senangi dalam menginfakan (harta) kecuali saya menginfakannya karena-Mu.’’
Allah berfirman : ‘’Kamu berdusta, tetapi kamu kerjakan itu agar dikatakan sebagai dermawan, dan kau telah dibilang demikian.’’

Kemudian ketiga tiganya diperintahkan untuk diseret wajahnya sehingga terlempar ke dalam neraka.
Begitulah, Allah Maha Tahu apa yang sebenarnya tersembunyi di dalam hati. Orang yang nampak beramal dengan amalan ahli surga namun justru dimasukan ke dalam neraka lantaran apa yang di dalam hatinya berbeda dengan apa yang dilahirkan.Lahirnya mengatakan, ’’karena Allah’’ namun batinya ada, ‘’Selain Allah’’. Dan apa yang ada dibatinnya (yang diniatkan) itulah yang akan diapatkan. “Barang siapa berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya akan diterima sebagai hijrah karena Allah dan Rasul-Nya,dan barang siapa berhijrah karena dunia yang ia cari atau wanita yang hendak dinikahinya,maka ia akan mendapati apa yang ia tuju,’’ begitu kata Nabi.
Karena itulah jangan remehkan apa yang tersembunyi di dalam hati. Berusaha dan senantiasa berdo’a agar: Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi rabbil ‘aalamiin.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» 3 Orang Yang Paling Pertama Dilemparkan ke Neraka

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top