Beberapa Hal Yang Membuat Orang Jepang Kagum Dengan Islam dan Arab Saudi

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

https://1.bp.blogspot.com/-7eVaTMr2s3o/VsKTplQygfI/AAAAAAAABGg/ewhmnsbe0-c/s1600/Dunia%2Btelah%2Bdiberikan%2Bpada%2Bempat%2Borang%2Bini.jpg

Semakin hari berita tentang kekerasan dan terorisme yang dihubungkan dengan Islam semakin santer terdengar. Tidak hanya itu saja, beberapa media yang kurang benar-benar paham dengan Islam juga ikut-ikutan menyebarkan berita yang membuat Islam mendapatkan kesan sebagai agama yang mengajarkan kekerasan.

Sementara itu, ternyata tidak semua orang memiliki pola pikir yang demikian bias. Ada juga beberapa pihak yang menyadari bahwa Islam bukanlah agama yang keras dan kasar. Bahkan orang Jepang yang hanya memiliki sedikit penduduk beragama Islam juga menyadari hal ini. Lewat sebuah acara show dengan melakukan perjalanan langsung ke Arab Saudi dan mewawancarai warganya, mereka menemukan hal-hal yang membuat orang Jepang ini kagum.

1. Arab Saudi Mendeklarasikan Diri Sebagai Negara Islam

Arab Saudi memang dikenal sebagai negara Islam. Hal ini ditunjukkan dengan gamblang di bendera negara tersebut. Bendera negara Arab Saudi berwarna hijau dengan tulisan syahadat di atasnya.


Bendera Arab Saudi [Image Source]
Bendera Arab Saudi [Image Source]
Kalimat syahadat adalah sebuah kalimat pengakuan yang menyatakan bahwa hanya ada satu tuhan yaitu Allah SWT dan nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah. Hal ini menunjukkan bahwa Arab Saudi dengan gamblang mendeklarasikan diri sebagai negara Islam.

2. Wanita Memakai Hijab Sebagai Bentuk Perlindungan

Kebanyakan orang mengira bahwa wanita yang diwajibkan memakai hijab adalah bentuk menekan hak kaum wanita. Padahal justru sebaliknya, wanita memakai hijab sesungguhnya adalah bentuk perlindungan untuk mereka. Di Arab Saudi, wanita dilarang keluar rumah sendirian atau tanpa ditemani suami atau anggota keluarga mereka.


Wanita memakai niqab [Image Source]
Wanita memakai niqab [Image Source]
Di Arab Saudi, melindungi wanita adalah hal yang penting. Itulah mengapa mereka tidak diperkenankan keluar rumah sendirian. Mengendarai mobil juga termasuk hal yang berbahaya, itulah mengapa wanita di Arab Saudi juga tidak diperkenankan untuk mengemudi mobil sendiri.

3. Orang-orang yang Mengutamakan Ibadah Ketika Adzan Berkumbang

Ketika waktu untuk beribadah tiba, maka suara adzan akan dikumandangkan. Dengan berkumandangnya suara adzan, maka umat muslim akan segera melakukan ibadah shalat. Uniknya lagi, begitu suara adzan berkumandang, maka toko-toko akan segera ditutup dan pemiliknya segera berangkat ke Masjid.


Shalat di masjid [Image Source]
Shalat di masjid [Image Source]
Tidak cuma toko-toko kecil, bahkan supermarket juga akan sepi pengunjung dan tidak ada orang sama sekali. Bahkan meskipun supermarket tersebut buka 24 jam. Selain itu, area yang menjual televisi di supermarket juga menayangkan hal yang sama, yaitu gambaran siaran langsung shalat di Mekah.

4. Supermarket di Arab Tidak Menjual Makanan dan Minuman yang Diharamkan

Seperti yang diketahui, daging babi dan minuman beralkohol diharamkan dalam Islam. Untuk itu, toko-toko dan bahkan supermarket memastikan bahwa mereka tidak menjual barang-barang yang diharamkan. Untuk itu, mereka menjual daging unta. Sesuatu yang jarang ditemukan di negara lain.


Daging unta [Image Source]
Daging unta [Image Source]
Selain itu, supermarket dan toko-toko juga tidak menjual minuman beralkohol. Minuman yang dijual tidak beralkohol sehingga boleh dikonsumsi. Islam melarang minum minuman beralkohol karena ketika seseorang mabuk, ia akan kehilangan kontrol atas pikirannya sendiri dan ia akan melupakan agamanya.

5. Laki-laki dan Wanita Memiliki Tempat Umum yang Terpisah

Laki-laki dan wanita yang bukan muhrim tidak bisa bersama-sama. Karena itu di Arab Saudi, ketika berkunjung ke restoran cepat saji, maka akan disediakan pemisah yang memisahkan antrian pria dan wanita.


Tempat laki-laki dan wanita terpisah di restoran [Image Source]
Tempat laki-laki dan wanita terpisah di restoran [Image Source]
Tidak hanya di restoran cepat saji, restoran biasa juga memberlakukan hal yang sama. Ada pintu terpisah yang memisahkan tempat khusus para pria, wanita atau yang sudah berkeluarga. Tempat yang khusus melayani wanita memiliki jendela yang tertutup tirai sehingga tidak bisa dilihat dari luar. Meski begitu, suasana di dalamnya tetap menyenangkan seperti restoran pada umumnya. Bukan suasana yang dingin dan sepi seperti yang kebanyakan dikira orang.

6. Pendapatan Bulanan yang Tinggi dan Tidak Ada Biaya Untuk Sekolah

Pendapatan bulanan Arab Saudi mencapai kurang lebih 16 ribu Riyal atau setara dengan 4.200 dollar. Selain itu, negara ini juga tidak memberikan pajak yang terlalu membebani. Tidak hanya itu saja, negara ini juga tidak membebani biaya pendidikan dan rumah sakit milik pemerintah pada para penduduknya.


Rumah di Arab Saudi [Image Source]
Rumah di Arab Saudi [Image Source]
Dengan pendapatan yang besar, rumah biasa atau sederhana yang ada di Arab Saudi, bukanlah seperti rumah biasa di banyak tempat lainnya. Rumah biasa yang ada di Arab Saudi adalah rumah yang sangat besar dan terkadang lengkap dengan taman dan kolam renang. Hal tersebut juga karena biasanya dalam rumah tersebut tinggal 2 atau tiga generasi keluarga.

7. Bahwa Tuhan Punya Takdir Dalam Menentukan pasangan

Pernikahan tradisional secara Islam masih sering dilakukan oleh masyarakat Arab Saudi. Seorang pria dan wanita dipertemukan melalui perjodohan antara dua keluarga baik-baik, dan jika kedua belah pihak setuju maka mereka akan dinikahkan tanpa proses ‘pacaran’ seperti pada umumnya. Artinya, mereka menikahi seseorang yang tidak mereka kenal dekat sebelumnya.


Pasangan muslim [Image Source]
Pasangan muslim [Image Source]
Kebanyakan masyarakat yang melakukan pernikahan tradisional ini melihat pernikahan dengan cara ini sebagai hal yang baik. Mereka percaya bahwa urusan jodoh adalah takdir Tuhan. Jadi Tuhan mengijinkan, maka mereka akan bisa bersatu dan menikah dengan langgeng. Namun jika tidak, maka Tuhan memiliki cara sendiri untuk memisahkan keduanya. Hal ini mencerminkan kepatuhan dan kepasrahan mereka kepada Tuhan.

8. Pandangan Bahwa Wanita Dikekang Adalah Hal yang Salah

Banyak orang mengira bahwa wanita di Arab Saudi dikekang. Hal ini sebenarnya tidak benar. Sebagai contoh, banyak wanita Arab Saudi masih bisa keluar berbelanja bahkan pada pukul 9 malam hari. Mereka biasa membeli barang-barang bermerek atau menikmati acara ke salon seperti umumnya wanita lain. Wanita tetap memiliki kebebasan dan hidup dengan baik.


Wanita Arab di Mall [Image Source]
Wanita Arab di Mall [Image Source]
Di Kingdom Tower misalnya, ada sebuah lantai yang khusus diperuntukkan bagi para wanita. Pria tidak boleh memasuki lantai tersebut dan dinding kacanya semua buram sehingga tidak bisa dilihat dari luar. Di lantai tersebut, terdapat banyak kafe, salon kecantikan, serta toko-toko yang menjual pakaian cantik dan mewah.

9. Arab Saudi Adalah Negara yang Melindungi Islam

Arab memiliki dua kota suci bagi umat Islam yaitu Mekah dan Madinah. Banyak umat Muslim di dunia datang ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji dan berkunjung ke kota suci umat Muslim tersebut. Itulah mengapa Arab Saudi menjaga agama Islam dengan sungguh-sungguh. Selain itu, Saudi Arabia bukan sekedar negara Islam. Negara tersebut juga dianggap sebagai pusat agama Islam sehingga harus menjalankan ajaran agama dengan taat.


Ka'bah [Image Source]
Ka’bah [Image Source]
Setelah munculnya kasus terorisme, banyak orang takut dengan agama Islam. Dalam Islam, Tuhan memberikan hukum dan peraturan yang wajib dijalani. Namun hukum tersebut adalah hukum yang natural dan beralasan untuk manusia. Sementara itu, membunuh orang adalah hal yang dilarang dan tidak dapat diterima. Jadi, kegiatan terorisme yang membunuh tanpa tedeng aling-aling adalah hal yang tidak ada hubungannya dengan Islam. Selain itu jika para teroris mengikuti ajaran Islam yang sesungguhnya, mereka akan tahu bahwa kegiatan terorisme adalah hal yang buruk.

10. Islam Adalah Agama yang Mengajarkan Kebaikan

Islam adalah agama yang mengajarkan kebaikan pada para penganutnya. Jika seseorang melakukan hal yang baik untuk orang lain maka Tuhan akan senang. Untuk itu, manusia harus terus melakukan kebaikan selama hidup di dunia.


mengajarkan membaca Quran [Image Source]
mengajarkan membaca Quran [Image Source]
Ketika seseorang terus melakukan kebaikan, maka saat meninggal dunia ia akan bisa bertemu dengan Tuhan. Atas ijinnya, mereka yang selalu berbuat baik akan masuk surga. Itulah tadi beberapa hal yang dikagumi oleh orang Jepang dari agama Islam dan Arab Saudi. Islam bukanlah agama yang mengekang dan mengajarkan kekerasan, demikian halnya dengan Arab Saudi yang merupakan negara Islam.
Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Beberapa Hal Yang Membuat Orang Jepang Kagum Dengan Islam dan Arab Saudi | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top