Bukti Keagungan Islam, Inilah Surat Perintah Sultan Mehmed II Untuk Lindungi Umat Kristiani

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
 Adalah sebuah keniscayaan, ketika Muslim memerintah, maka semua yang menjadi rakyat, dari latar belakang agama apapun, harus mendapatkan hak dan jaminan keselamatan.

Dan sejarah membuktikan, sepanjang ribuan tahun Islam memerintah, semua merasakan keamanan, kelamatan dan kedamaian. Salah satu bukti tersebut adalah ketika Sultan Mehmed II menaklukan Bosnia. Ia memerintahkan agar penduduk Bosnia mendapatkan jaminan keamanan, dan tidak boleh disakiti oleh siapapun.
Berikut isi lengkap perintah sang Sultan dalam sebuah surat.
“Saya.. Sultan Khan, Sang Penakluk, dengan ini mendeklarasikan kepada seluruh dunia bahwa penduduk Fransiscan, Bosnia yang dijamin bersama surat titah ini, berada di bawah perlindunganku. Saya memerintahkan:
Tidak boleh bagi siapapun untuk mengganggu dan menyakiti penduduk dan gereja-gereja mereka! Mereka harus hidup dalam kedamaian di negeriku. Mereka yang menjadi imigran (pengungsi) harus merasakan keamanan dan kebebasan. Mereka diperbolehkan untuk kembali ke biara-biara yang berada di perbatasan negeriku.
Tidak ada satupun dari kerajaanku baik itu pemimpin, wazir, petugas maupun pembantuku diperbolehkan untuk mengganggu kehormatan ataupun menyakiti mereka.
Tidak boleh bagi siapapun untuk menghina, membahayakan ataupun menyerang mereka, harta benda mereka dan gereja-gereja mereka! Apapun yang mereka bawa dari negeri mereka mendapatkan hak yang sama.
Dengan adanya titah ini, saya bersumpah dengan pedangku ini, dengan menyebut nama Allah yang telah menciptakan bumi dan langit, Muhammad Rasulullah dan 124.000 Rasul lainnya, bahwa tak ada satu pun dari pendudukku yang boleh menentang titahku ini!”
Sumber : Ottoman Imperial Archive

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Bukti Keagungan Islam, Inilah Surat Perintah Sultan Mehmed II Untuk Lindungi Umat Kristiani | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top