Habibie: Masjid Harus Jadi Garda Terdepan Dalam Meningkatkan Kualitas SDM

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer


https://4.bp.blogspot.com/-Sq7b9gSZ1j4/VwaYaRYZryI/AAAAAAAAAfs/Ilp9Ej09j08psfa2GVvGUDDbyjAoYk1xA/s640/BJ%2BHabibi%2Bdinobatkan%2Bmenjadi%2Bmuslim%2Bterpintar%2Bdi%2Bdunia%2B-%2Bduniavvanita.blogspot.com.png

JAKARTA—Presiden RI ke-3 BJ Habibie meminta masjid menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, Jum’at (5/8/2016).

Habibie menilai, tidak ada masyarakat di dunia yang bisa mengandalkan pada Sumber Daya Alam (SDA) terbarukan maupun tidak terbarukan secara terus menerus.

“Yang bisa diandalkan terus-menerus adalah SDM terbarukan,” tegas Habibie dalam seminar ‘Peran Masjid dalam Membentengi Umat dari Pemikiran Menyimpang’, di Universitas Al-Azhar, Jakarta, Kamis kemarin.

Habibie mencontohkan, tahun lalu di Timur Tengah, ada 1,2 juta anak muda berpendidikan pergi ke Eropa. Dari 1,2 juta anak muda itu, 900 ribu pergi ke Jerman. Menurutnya, dengan hal tersebut Timur Tengah tidak semata-mata mengandalkan SDA, tapi juga mempersiapkan SDM nya agar produktif dan mengembangkan ilmu pengetahuan, berbudaya, dan beragama.

“Masjid, harus dimanfaatkan untuk mengembangkan SDM. Masjid harus berada di garis terdepan,” ujar Habibie.



http://2.bp.blogspot.com/-7sT-CRammog/ToHyLmCXi4I/AAAAAAAAAQw/mp4MEW9sMnU/s1600/masjid-dian-al-mahri-depok-indonesia+%25281%2529.jpg

Habibie menjelaskan, produktifitas ditentukan oleh tiga elemen, yakni sinergi positif, elemen budaya dan elemen agama serta ilmu pengetahuan. Elemen budaya, merupakan elemen yang lebih tua dari agama. Menurut Habibie ini mesti disinergikan dengan elemen agama yang berpegang kepada Al-quran dan Sunnah.

Habibie mengatakan masjid harus bisa mendapatkan informasi budaya, agama dan ilmu pengetahuan. Tidak cukup hanya setiap Jumat mendengarkan khutbah, tapi perlu diiringi dengan diskusi-diskusi dan kajian.

“Saya minta kepada khatib, harus yang benar-benar profesional. Memikirkan bagaimana memberikan nilai-nilai Al-qur’an dan Sunnah dari garis persamaan antara ilmu pengetahuan dan agama,” demikian Habibie dilansir Antaranews.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Habibie: Masjid Harus Jadi Garda Terdepan Dalam Meningkatkan Kualitas SDM | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top