Ingin Mempunyai Usaha Sukses dan Berkah, Inilah 5 Rahasianya

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer


http://3.bp.blogspot.com/-84aX_4WMoCo/T9gM2FKtetI/AAAAAAAAAFo/1vJVWY1nYgI/s1600/kunci+sukses.jpg

BANYAK orang yang ingin membuka usaha, tetapi sulit untuk memulai. Hal ini disebabkan karena adanya rasa takut akan kegagalan. Padahal, menjadi seorang pengusaha yang sukses itu harus berani untuk gagal. Sebab, kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Tentunya, kita harus mempersiapkan mental yang kuat untuk menghadapi kenyataan itu.

Ketika kita sudah memberanikan diri untuk membuka usaha, maka jangan hanya sekadar usaha. Anda juga perlu melakukan trik-trik khusus untuk mensukseskan usaha Anda. Nah, sebagai seorang muslim, sukses aja tidak cukup. Perlu juga adanya keberkahan yang diperoleh dari usaha kita. Tapi, bagaimana caranya?

Ada rahasia di balik kesuksesan dan keberkahan suatu usaha. Mau tahu? Ini dia lima rahasianya!

Rahasia ke-1: Memahami Ilmu Teknis Bisnis Anda

Ini sebenarnya penting, kita memang harus mengetahui hal-hal teknis dalam menjalankan bisnis kita. Tapi yang salah adalah Anda hanya fokus pada hal teknis tetapi melupakan ilmu lainnya yang justru lebih penting.

Memang, Anda sebagai seorang pebisnis tidak harus mengurusi hal-hal teknis. Tetapi tetap harus difahami, karena keputusan-keputusan Anda, membangun sistem, memberikan delegasi, dan sebagainya dalam bisnis perlu pemahaman tentang hal-hal teknis tadi.

Saat memulai mungkin semuanya Anda lakukan sendiri, sehingga jika Anda mau berjualan bakso, setidaknya Anda mengetahui tentang cara meracik semangkuk bakso yang enak. Saat mulai, Anda yang menyajikannya sendiri, tetapi jangan keterusan, hanya saat memulai agar bisnis Anda mulai jalan.

Di antara banyaknya penjual bakso (sendiri) ada yang berubah menjadi pebisnis bakso yang besar. Merknya terkenal, punya tempat bagus, dan sudah punya cabang. Atau ada juga yang menjadi juragan bakso dengan ratusan grobak yang beroperasi. Sementara ada saja yang sudah sekian lama terus menjadi penjual bakso. Apa yang membedakannya?

Keempat ilmu berikutnyalah yang akan membedakan mereka, siapa yang akan berkembang atau siapa saja yang terus menjadi tukang bakso sendirian.

Bisnis membuat dan menjajakan bakso saja tidak cukup untuk membesarkan bisnis bakso.

Rahasia ke-2: Memahami Ilmu Menjalankan Bisnis

Jika Anda mau bisnis bakso, tidak cukup hanya bisa membuat bakso atau menyajikannya. Kita membutuhkan ilmu menjalankan bisnis. Ilmu menjalankan bisnis meliputi pemasaran, manajemen (sistem), leadership, dan strategi bisnis.

Jadi tidak cukup hanya bisa membuat bakso, Anda membutuhkan ilmu lainnya. Pertama tentang pemasaran, apa yang membedakan bakso Anda dengan bakso lainnya? Bagaimana cara menjangkau lebih banyak pelanggan? Bagaimana agar pelanggan Anda terus bertambah? Bagaimana cara memuaskan pelanggan? Dan sebagainya. Ini bisa Anda lakukan jika Anda memahami pemasaran.

Selanjutnya bagaimana agar rasa bakso Anda tidak berubah? Bagaimana agar produksi bisa terjaga dari segi kualitas dan kuantitas? Bagaimana agar siapa pun yang menyajikan bakso tetap enak rasanya? Nah ini membutuhkan ilmu tentang sistem bisnis. Anda harus belajar.

Termasuk ilmu memimpin, karena bisnis itu adalah tim. Bukan bisnis jika segalanya Anda lakukan sendiri. Sudahkan Anda bisa memimpin?

Inilah yang memungkinkan bisnis Anda berkembang. Pemasaran kuat, ada sistem, ada tim, dan Anda sebagai owner bisnis bisa memimpin anak buah Anda.

 https://2.bp.blogspot.com/-eiUi-Eo30KM/VxF_RfMbhjI/AAAAAAAADEU/rRrv320duqE8Q1oMnXRPq8WIu8EUJmcEgCLcB/s1600/Motivasi%2BSukses%2BMenggapai%2BImpian.JPG

Rahasia ke-3: Memahami Ilmu Mental Bisnis

Yang jangan dilupakan adalah masalah mental atau mindset. Jago ilmu bisnis dan teknis bisa menjadi percuma jika mental bisnis kita payah. Anda harus memiliki semangat, kreatif, dan pantang menyerah. Harus memiliki pikiran maju, tidak cepat puas, dan mampu bangkit saat sedang terpuruk.

Bisa jadi, seorang penjual bakso faham tentang cara menjadi pebisnis bakso, tetapi jika mental bisnisnya yang kurang bagus seperti kurangnya kemauan, takut mengambil risiko, dan sebagainya, dia tidak akan menjadi pebisnis bakso yang sukses.

Beberapa mental bisnis yang perlu Anda miliki ialah pantang menyerah, selalu ingin lebih baik (mental juara), percaya diri, berani mengambil risiko, tekun, kreatif dan sebagainya.
Pertama perlu difahami bahwa membangun bisnis akan banyak rintangan. Diperlukan kekuatan mental yang kuat untuk mengatasi semua rintangan yang muncul di hadapan Anda.

Rahasia ke-4: Menguasai Ilmu Syariah

Rahasia 1 sampai 3 bisa membuat bisnis Anda sukses dan besar. Lalu, bagaimana supaya berkah. Ya, langkah pertamanya adalah memastikan bisnis kita tidak melanggar syariah. Jadi jangan asal bisnis, apakah bisnis Anda sudah halal?

Bisnis adalah bagian dari muamalah, artinya bagian dari ibadah. Ibadah muamalah ada rambu-rambu yang harus difahami dan ditaati. Untuk itu kita perlu belajar tentang fiqh niaga, termasuk ekonomi syariah agar bisnis kita halal dan terbebas dari riba.

Bukan hanya bank yang ada bank syariah. Bisnis bakso pun ada. Bakso syariah adalah bakso dimana bahan, tempat, dan pelayanan yang sesuai dengan syariah.

Belajarkan fiqh dan ilmu agama lainnya yang berkaitan dengan bisnis, agar bisnis Anda berkah.

Rahasia ke-5: Memahami Ilmu Ruhiah

Ini yang paling penting, agar kita bisa mendapatkan pertolongan Allah. Tanpa pertolongan Allah, semuanya akan percuma. Sebenarnya, kekuatan itu datang dari Allah, kita hanya berusaha, Allah yang menentukan.

Sudah banyak ustadz yang membahas berbagai aspek ruhiah seperti shadaqah, shalat dhuha, shalat tahajud, tawakal, bersyukur, dan sebagainya untuk memperlancar kita mendapatkan rezeki.

Itulah lima rahasia dari sebuah kesuksesan dan keberkahan dalam usaha. Yang perlu kita ingat ialah kita tidak asal praktik atau bertindak, tetapi memastikan tindakan kita tidak melanggar ajaran agama. Dan juga selain ikthiar maksimal, maka iman kita harus maksimal. Artinya semaksimal mungkin kita berusaha (dengan do’a, syukur, shadaqah, shalat dhuha, dan sebagainya) agar kita mendapatkan pertolongan Allah.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Ingin Mempunyai Usaha Sukses dan Berkah, Inilah 5 Rahasianya | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top