Inilah Tips Agar Rajin Melaksanakan Shalat Malam

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

http://1.bp.blogspot.com/-aZ2Q8CC8xOo/U57PL4KaljI/AAAAAAAAAHA/_kvC6Pc-p4M/s1600/tahajud.jpg

ALLAH SWT menciptakan malam untuk makhluknya agar bisa beristirahat. Malam dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk mengembalikan kondisi tubuh agar kembali fit keesokan harinya. Meski begitu, tak sepanjang malam kita habiskan hanya untuk tidur. Allah SWT juga menganjurkan kepada kita agar terbangun di tengah malam untuk mendekatkan diri pada-Nya.

Ya, malam penuh dengan keheningan. Dan inilah waktu yang tepat bagi kita untuk mengadu pada Allah SWT. Kita bisa lebih khusyuk mendekatkan diri pada-Nya lewat shalat malam. Hanya saja, seringkali rasa malas dan sulit terbangun di tengah malam menjadi kendala. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa rajin melaksanakan shalat malam?

1. Niat yang Baik dan Ikhlas

Niat yang baik akan memantapkan hatinya untuk menjalankan shalat malam sebagai ibadah shalat sunnah yang diajurkan. Niat yang baik itu niat yang seperti apa? Niatkan pada diri sendiri untuk mencari keridhoan Allah SWT dalam menjalankan setiap ibadah.

Allah memang menciptakan manusia untuk menyembah pada-Nya. Tidak salah jika umatnya memohon serta meminta apa yang diinginkan mereka. Sedangkan Allah yang memutuskan akan dikabulkan atau tidak doa umatnya. Sebab Allah Maha mengetahui pantas dan tidak pantas untuk umatnya. Pasrahkan semua keputusan pada Allah, niscaya akan mendapat keridhoan-Nya.

Jadi niatkan pada diri sendiri bahwa menjalankan ibadah tidak semata-mata untuk meminta keinginan. Tapi mengaharap ridhonya. Sehingga dengan niat yang ikhlas shalat sunnah malam akan menjadi pekerjaan yang ringan untuk dikerjakan.

2. Hindari Perbuatan Maksiat

Perbuatan maksiat dapat menjauhkan kita dari Allah SWT. Jika kita melanggar larangan Allah SWT niscaya kita sedikit demi sedikit akan dikeraskan hatinya. Secara tidak sadar kita akan menolak hal-hal yang diperintahkan untuk umat muslim. Sehingga tidak hanya sunnah yang akan ditinggalkan melainkan shalat wajib pun akan ditinggalkan. Jadi hindarilah perbuatan maksiat agar kita tidak jauh dari Allah SWT bahkan akan lebih dekat dengan ditambahnya shalat sunnah malam.

3. Berprasangka Baik

Hindari penyakit hati dengan berprasangka baik pada orang lain. Kenapa demikian? Penyakit hati datangnya dari padangan kemudian ke pikiran lalu ke hati. Sama seperti perbuatan maksiat, hati seseorang akan menjadi keras. Sehingga tidak mau menerima hal-hal baik dari orang lain. Akhirnya kita tidak mau menjalankan apa yang diperintahkan Allah SWT karena kita merasa yang paling benar. So, jangan berpikiran buruk pada orang lain. Sebab boleh jadi kita lebih buruk dari orang tersebut. Dengan kita merasa lebih buruk, maka yang seharusnya dilakukan adalah memperbaiki dan lebih mendekatkan diri pada Allah dengan cara menjalankan shalat sunnah.


http://3.bp.blogspot.com/-B87M1KUG0BU/UEQgDzgxMYI/AAAAAAAADLY/dP0JbQcbkjg/s1600/Hikmah-Shalat-Malam-Sholat-Tahajud.jpg

4. Takut pada Allah SWT

Orang yang takut pada Allah SWT maka akan menjalankan semua perintah Allah SWT dan tak akan pernah melewatkannya. Mereka akan mengusahakan agar mereka bisa menjalankan perintah baik wajib maupun sunnah.

5. Mengetahui Keutamaan Shalat Sunnah Malam Hari

Tak kenal maka tak sayang, pribahasa tersebut bisa diterapkan agar kita dapat rajin menjalankan shalat sunnah malam. Orang yang tak mengenal keutamaan shalat sunnah malam maka orang tersebut tidak akan menjalankannya. Maka ketahuilah keutamaan shalat sunnah malam. Sehingga kita akan jatuh hati pada shalat sunnah dan ingin menjalankannya.

6. Tidur Lebih Awal

Tidur lebih awal akan membantu kita dalam menjalankan shalat sunnah malam. Mengawali tidur akan lebih baik untuk kesehatan. Sehingga ketika bangun tidur badan akan lebih segar dan membantu niat kita untuk menjalankan shalat sunnah malam.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Inilah Tips Agar Rajin Melaksanakan Shalat Malam | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top