JANGAN LUPA ! Pekik Takbir Bung Tomo Jadi Energi Mengisi Kemerdekaan Indonesia !

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Suara Asli Pidato Bung Tomo - Resolusi Jihad Merdeka Atau Mati ! 


Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, salah satu rangkaian Hari Pahlawan diisi acara anjangsana kepada keluarga pahlawan nasional, tahun ini pada keluarga Bung Tomo.
“Sudah menjadi agenda tahunan anjangsana kepada keluarga pahlawan sebagai bagian dari rangkaian Hari Pahlawan, ” ujar Mensos di rumah keluarga Bung Tomo di Kota Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (17/11/2015).


Tahun ini, kata Mensos, peringatan hari pahlawan berbeda dari sebelumnya, yaitu Inspektur Upacara (Irup) Presiden dan dilaksanakan di Kota Pahlawan, Surabaya.
“Ada alasan historis dipilihnya Surabaya, dimana ada semangat dan keteladanan dari Bung Tomo yang menggerakan arek-arek Suroboyo dan elemen bangsa lainnya untuk mempertahakan kemerdekaan, ” tandasnya.
Ketika itu, pihak kolonial dibantu Inggris ingin kembali menjajah Indonesia. Di kota Surabaya itulah para pejuang bersatu melawan untuk mempertahankan kemerdekaan yang dikobarkan dengan pekikan takbir dan orasi Bung Tomo.
“Pekikan takbir Allahu Akbar….Allahu Akbar Bung Tomo melalui siaran radio berhasil mengobarkan semangat untuk berjuang dan mempertahankan kemerdekaan, ” ucapnya.
Persenjataan canggih militer Inggris saat itu dilawan arek-arek Suroboyo dengan bambu runcing dan dipompa orasi dan pekikan takbir Bung Tomo menjadi kekuatan luar biasa.
“Semangat dan perjuangan Bung Tomo tidak semata fisik semata, melainkan ada kekuatan religious yang tegambar dari bait-bait puisi beliau, ” katanya.
Hari ini, sambung Mensos, pekikan takbir dan semangat Bung Tomo harus menjadi energi dalam mengirisi alam kemerdekaan, sekaligus menerukan perjuangan dengan membendung paham radikalisme dan terorisme.
“Untuk menghadapi paham radikalisme dan terorisme, kita mesti bergandengan tangan antaretnis, suku dan agama sebagai kekuatan yang luar biasa, ” ujarnya.
Salah satu wujud penghormatan kepada perintis dan pahlawan, pemerintah setiap tahun memberikan tali asih menjelang lebaran dan dalam rangkaian hari pahlawan.
“Di sekitar Jakarta ada 61 pahlawan, 15 perintis dan 15 warakauri. Khusus bagi keluaga pahlawan diberikan tali asih Rp 50 juta per tahun, ” katanya.[Ham]




Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : JANGAN LUPA ! Pekik Takbir Bung Tomo Jadi Energi Mengisi Kemerdekaan Indonesia ! | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top