Jose Mujica, Presiden Paling Miskin yang Berani Menentang Perusahaan Rokok Dunia

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer


http://2.bp.blogspot.com/-NJ2H6CfZpW8/VZHiptrqWVI/AAAAAAAAGyc/lgmgxtnaywA/s640/133.jpg

ANDA mungkin takpercaya Jose Mujica. Ia adalah seorang presiden paling miskin di dunia. Ada sebuah cerita tentang Jose.

Jose dikenal sebagai presiden yang berani melawan perusahaan raksasa dunia yang dianggap merugikan rakyatnya. Salah satunya saat dia mengobarkan perlawanan terhadap perusahaan tembakau Amerika, Philip Morris.

Mujica yang merupakan mantan perokok mengatakan, tembakau merupakan pembunuh, dan peredarannya harus dikontrol. Salah satu bentuk perlawanannya, pemerintah Uruguay membuat peraturan yang melarang orang merokok di tempat umum, dan perusahaan rokok diwajibkan memasang gambar penyakit yang diakibatkan oleh rokok.

Akibat peraturan tersebut, Philip Morris kemudian menuntut Uruguay sebesar US$ 25 juta melalui Bank Dunia. Tuntutan yang diajukan terkait Penyelesaian Perselisihan Investasi.

Uruguay merupakan negara Amerika Latin pertama dan negara ke lima di dunia yang menerapkan pelarangan merokok di tempat publik. Perlawanan Uruguay terhadap Philip Morris yang merupakan produsen rokok asal Amerika akan berdampak global.

Ia menyumbangkan 90% gaji bulanannya (120 juta rupiah) untuk kepentingan warga miskin dan usaha kecil.


http://4.bp.blogspot.com/-0G09NpRuqto/U4v0OsipIDI/AAAAAAAACuE/QuMhtFZU1HI/w1200-h630-p-nu/Jose+Mujica.jpg

Ia memilih hidup sederhana di rumah dan lahan pertaniannya yang kecil.

Istrinya meskipun anggota senat, masih menanam bunga untuk dijual ke pasar setempat.

Ketika diwawancarai setelah terpilih sebagai presiden, ia hanya memiliki uang tunai sedikit, tidak pernah memiliki rekening bank terlebih kartu kredit.

Kendaraannya hanya sebuah VW Beetle tua.

Orang-orang menyebutnya sebagai presiden termiskin di dunia saat ini. Tapi ia berkata, “Saya tidak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu ingin lebih dan lebih.”

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Jose Mujica, Presiden Paling Miskin yang Berani Menentang Perusahaan Rokok Dunia | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top