Keluarga Muslim Malaysia Dilarang Oleh Pemerintahnya Untuk Pekerjakan Pembantu Non-Muslim

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer



Departemen Imigrasi Malaysia mengeluarkan larangan mempekerjakan pembantu rumah tangga (PRT) non-Muslim untuk keluarga Muslim.

Anehnya larangan ini justru dipertanyakan oleh Asosiasi Pengusaha Penyalur PRT atau dikenal dengan singkatan MAMA.

Pengusaha telah mempertanyakan alasan di balik kebijakan, yang menurut Depertemen Imigrasi bukan hal baru. Mereka khawatir aturan itu membuat keluarga di Malaysia tidak bisa mendapatkan PRT.

Presiden MAMA Malaysia, Engku Ahmad Fauzi, mengatakan kebijakan itu akan membatasi pasokan PRT bagi keluarga Muslim.

”Agama seharusnya tidak menjadi kendala. Bila Anda bekerja di kantor, Anda tidak mendasarkan pada agama, ini tidak harus menjadi kasus bagi pembantu di rumah,” katanya, seperti dikutip dari The Star, Senin (15/8/2016).

http://2.bp.blogspot.com/-Z_cfe_jjr6A/VQoqs2Za-QI/AAAAAAAAVCs/4IkXwL0AWDE/s1600/3_Pentingnya-Menjaga-Kebersihan-Dapur-Rumah_tiperumahminimalis.blogspot.com.jpg

Dia meminta Departemen Imigrasi untuk menjelaskan kepada publik terkait kebijakan kontroversial ini.
Seorang pemilik agensi PRT di Selangor yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa dia ingin menyalurkan PRT non-Muslim untuk keluarga Muslim melalui Sistem Manajemen Terpusat TKA online, tapi hal itu ditolak.

”Ketika saya menelepon, saya diberitahu untuk pergi ke counter untuk mengirimkan aplikasi. Tapi di meja, petugas mengatakan bahwa kebijakan itu direktif dari direktur jenderal (Dirjen),” katanya.
Menurutnya, para petugas mengatakan bahwa kebijakan itu selalu ada dan jika dia masih ingin memasukkan aplikasi, maka mereka akan menolaknya.

”Jika mereka tidak memungkinkan umat Islam untuk menyewa PRT non-Muslim dari awal, mengapa mereka memungkinkan itu sebelumnya?,” keluh pemilik agensi PRT itu.

”Tidak ada edaran untuk menginformasikan kepada kami tentang hal ini,” lanjut dia. Penolakan itu sudah berlangsung selama dua minggu.

Dia mengatakan bahwa jika negara-negara Muslim seperti Arab Saudi dan Qatar bisa menyewa PRT non-Muslim, mengapa di Malaysia tidak.

Pemilik agen PRT lain yang berbasis di Kuala Lumpur mengklaim, kebijakan ini akan menyulitkan keluarga Muslim untuk mendapatkan PRT. ”Kebijakan ini mempersempit kesempatan bagi umat Islam untuk mendapatkan pelayan,” katanya.


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Keluarga Muslim Malaysia Dilarang Oleh Pemerintahnya Untuk Pekerjakan Pembantu Non-Muslim | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top