Ketahui Empat Keutamaan Luar Bias Dari Ayat Kursi yang Jarang Diketahui

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer



Ayat kursi menjadi salah satu ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an. Tepatnya ada di dalam QS. Al-Baqarah ayat 255. Ada begitu banyak kandungan dalam ayat ini, salah satunya adalah mengenai keesaan dan kekuasaan Allah SWT.

Di dalam ayat inilah Allah SWT mengatakan bahwa tidak ada yang berhak sembah kecuali Dia. Selain adanya pengagungan terhadap Allah, ayat kursi ini juga bisa menjadi salah satu bacaan pegangan hidup manusia dalam menjalani aktivitasnya.

Tidak hanya akan mendapatkan pahala ketika membacanya, ternyata ayat kursi ini juga memiliki banyak keutamaan. Lantas apa sajakah keutamaan yang dimaksud tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Qur'an
Keutamaan pertama dari ayat kursi ini adalah ayat yang paling agung di dalam Al-Qur’an. Penyebabnya adalah di dalam ayat tersebut mengingatkan kita untuk senantiasa bertauhid kepada Allah. Ilmu tauhid sendiri memiliki kedudukan yang paling tinggi, maka tidak salah apabila ayat kursi menjadi paling tinggi kedudukannya dibanding ayat lainnya.

Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Selain itu, ayat kursi juga dikatgorikan sebagai ayat paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum.

2. Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi
Keutamaan kedua dari ayat Kursi adalah keagungan dari ayat ini melebihi langit dan bumi. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”

Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)


http://3.bp.blogspot.com/-Aokw-YlhWY4/VdbuaAxKzCI/AAAAAAAALNk/erIEzzFEav4/s1600/Islamic_Wallpaper_Quran_004-1366x768.jpg
 
3. Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur
Tidak hanya merupakan ayat paling agung, ternyata ayat kursi juga memiliki keutamaan yaitu menjadi salah satu bacaan dzikir sebelum tidur. Apabila kita mengamalkannya, maka Allah akan melindungi kita sampai waktu pagi tiba.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

Tidak hanya bisa menjadi dzikir rutin menjelang tidur di malam hari. Ayat kursi juga bisa menjadi bacaan dzikir pagi dan petang.

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga
Keutamaan terakhir dari ayat kursi adalah ternyata ayat ini menjadi salah satu penyebab masuknya manusia ke dalam surga. Hal ini tertera dalam sebuah hadist.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Demikianlah informasi mengenai empat keutamaan yang terdapat dalam Ayat Kursi. Sebagai kaum muslimin kita harus rutin membaca ayat ini agar mendapatkan keutamaan dari Allah SWT. Semoga Allah SWT memberikan kesempatan agar kita dapat mengamalkan membaca ayat ini setiap harinya. 

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Ketahui Empat Keutamaan Luar Bias Dari Ayat Kursi yang Jarang Diketahui | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top