KPI: Seharusnya Acara ‘Damai Indonesiaku’ Diberi Sanksi Penghentian Bukan Hanya Mendapat Teguran

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

https://2.bp.blogspot.com/-tClC4kx-65g/V8JfvQ82tyI/AAAAAAAAGPg/KHdVcjX6BmUNHyd72QVgOTcXeWq597_jACLcB/s640/kpi.jpg

KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menyatakan program acara dakwah ‘Damai Indonesiaku’ yang tayang pada 30 Juli 2016 pukul 16.36 WIB di salah satu televisi swasta dengan tema “Jabatan adalah Amanah”, seharusnya tidak sekedar mendapat teguran namun sanksi penghentian karena dianggap memicu SARA.

 “Seharusnya tayangan itu mendapat sanksi penghentian bukan sekedar teguran, namun kami memilih pendekatan yang lebih soft dalam mensikapi masalah ini,” ujar komisioner KPI yang juga koordinator isi siaran, Hardly Stefano Fenelon Pariela kepada Islampos.com lewat saluran telepon Sabtu pagi tadi (27/8/2016).

KPI, menurut Hardly memahami ada dalil-dalil dalam agama Islam yang melarang memilih pemimpin kafir, akan tetapi menyebut agama tertentu secara terang-terangan berhadapan dengan Islam di ruang publik, tentu akan berisiko menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Dalam teguran tertulis yang dimuat situs kpi.go.id pada 22 Agustus 2016, KPI menyatakan:

Berdasarkan pemantauan, aduan masyarakat, dan hasil analisis, KPI Pusat telah menemukan pelanggaran pada Program Siaran “Damai Indonesiaku” yang ditayangkan oleh stasiun TV ONE pada tanggal 30 Juli 2016 pukul 16.36 WIB.

https://2.bp.blogspot.com/-3nXqPh_m9js/V8DUf9rlKtI/AAAAAAAAXQg/hjwP-ci8H1MnqqXIDSMfnJ4U7MzgbvpFwCLcB/s1600/kpi%2Bsewot.JPG

Program tersebut menampilkan dakwah/ceramah dimana terdapat segmen sesi tanya jawab “boleh gak orang Islam memilih pimpinan orang Kristen?”, “sepanjang ada mukmin jangan pilih kafir”, “..rakyatnya jangan kaya rakyat jablay dong”, “pemimpinnya bisa jadi germo, rakyatnya jablay”.

KPI Pusat menilai perbincangan tersebut tidak dapat ditayangkan di ruang publik karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat. Patut diingat, bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) adalah hal yang sangat sensitif dan wajib dihormati. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap nilai-nilai kesukuan, agama, ras, dan antargolongan.

KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal Pasal 6, Pasal 9, Pasal 14 serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 6 Ayat (1), Pasal 9 Ayat (1), dan Pasal 15 Ayat (1).

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif berupa teguran tertulis.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : KPI: Seharusnya Acara ‘Damai Indonesiaku’ Diberi Sanksi Penghentian Bukan Hanya Mendapat Teguran | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top