KPI: Teguran Kami untuk Acara ‘Damai Indonesiaku’ Sudah Sesuai Dengan Aturan P3SPS

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

https://4.bp.blogspot.com/-tRq8wS3KfcE/VwdcQP4eFkI/AAAAAAAABqc/p0LRSC-9Zmsefq-HWm43qC0geQog0eS5Q/s1600/1.jpg

TEGURAN Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat untuk program acara ‘Damai Indonesiaku’ yang tayang pada 30 Juli 2016 lalu, menuai banyak kecaman di media sosial. Beberapa netizen menilai KPI telah kebablasan menegur acara keagamaan namun tidak tegas terhadap acara-acara lain yang lebih merusak.

Bagi KPI Pusat, teguran mereka sudah sesuai dengan aturan di Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang menjadi acuan bagi televisi dan radio. Dalam pandangan KPI, sesuatu yang disampaikan di ruang publik dan menggunakan frekuensi publik wajib taat dengan P3SPS.

“Kami paham bahwa ruang dakwah dan syiar agama itu hak masing-masing agama, namun hal-hal seperti yang disampaikan penceramah pada acara ‘Damai Indonesiaku’ beberapa waktu lalu itu sebaiknya tidak disampaikan di ruang publik,” ungkap komisioner KPI yang juga koordinator isi siaran, Hardly Stefano Fenelon Pariela kepada Islampos.com Sabtu pagi tadi (27/8/2016).

https://2.bp.blogspot.com/-nL6ALGx6YvQ/Vs2k9qjv2yI/AAAAAAAAKMI/-NnnVDgsj0Q/s1600/KPI.jpg

“KPI sama sekali tidak mempersoalkan nilai dan ajaran agamanya tapi lebih ke statemen penceramah dalam acara itu. Kan penceramahnya bilang jangan pilih pemimpin kafir tapi disebut agama Kristen, inikan berbahaya karena terang-terangan menyinggung agama lain,” Hardly Stefano Fenelon Pariela menambahkan.

Hardly lebih lanjut menyatakan bahwa selagi tidak menyebut agama tertentu secara spesifik, hal itu sah-sah saja seperti hanya menyebut non Muslim.

“Umat Islam menginginkan pemimpin Muslim, itu kan sesuatu yang wajar begitu juga di agama lain. Tapi yah itu tadi, ketika menyebut agama tertentu secara terang-terangan berhadapan dengan Islam di ruang publik, tentu ini berpotensi SARA. Jika ke depan pelanggaran serupa masih terjadi, KPI akan membina stasiun TV bersangkutan dengan melibatkan MUI,” tegas Hardly.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : KPI: Teguran Kami untuk Acara ‘Damai Indonesiaku’ Sudah Sesuai Dengan Aturan P3SPS | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top