Misteri Tweet Stratfor, CIA dan Lokasi Pesawat Erdogan Ketika Upaya Kudeta Sedang Berlangsung

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer


 https://3.bp.blogspot.com/-CeO4KayEv2g/V6Uc3bRIj9I/AAAAAAAACew/RIgdPzm2AAEf9Szsc_IMb7YXcgdqZh1pQCLcB/s1600/stratfor.jpg


TURKI—Stratfor, sebuah perusahaan intelijen geopolitik berbasis di Texas, Amerika, memposting kicauan yang tidak biasa ketika upaya kudeta berlangsung di Turki. Startfor mentweet mengenai lokasi pesawat Erdogan.

“Jika dalam kondisi yang sama—tidak akan ada pihak yang memposting informasi mengenai keberadaan presiden AS,” demikian pendapat para analis.

Stratfor didirikan pada tahun 1996 oleh George Friedman, perusahaan intelijen geopolitik ini menyediakan layanan analisis global ekonomi, kebijakan luar negeri, dan masalah keamanan. Keberadaannya telah menimbulkan kecurigaan atas kerjasama dengan unit-unit intelijen dan mata-mata di sejumlah negara.

Pada tanggal 15 Juli—ketika Turki menghadapi upaya kudeta –tweet Stratfor dalam mendukung para pengkudeta dan melawan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengundang kecaman luas.

Kicauan Stratfor mengenai penerbangan Presiden Turki ke Istanbul dari Marmaris pada malam upaya kudeta, telah menarik perhatian dan kontroversi di seluruh dunia.

Ketika pesawat Erdogan kembali ke Istanbul dari resor pantai Marmaris—di mana presiden telah berlibur—Stratfor tiga kali mentweet tentang jalur penerbangan ketika komplotan kudeta sedang mencari lokasi Erdogan untuk melancarkan pembunuhan.

Dalam tweet pertama, Stratfor menunjukkan lokasi jet Erdogan di atas Laut Marmara. Dalam tweet kedua, Stratfor melaporkan bahwa pesawat Erdogan dilacak telah mendekati Istanbul dan akan segera mendarat.


https://3.bp.blogspot.com/-sJMHlLV2Oko/V6Uc41Md0PI/AAAAAAAACe4/Qz1a3PjxFmMSskb-Motm7HdnyqfSrq5agCLcB/s1600/tweet-stratfor-mengenai-lokasi-pesawat-erdogan-490x497.png

Dalam tweet ketiga, Stratfor menulis bahwa pesawat Erdogan telah mendarat di Istanbul, termasuk citra satelit yang menunjukkan lokasi Bandara Ataturk.


https://2.bp.blogspot.com/-eGX1RN2bNB8/V6Uc4DvsQfI/AAAAAAAACe0/30BeDddab70oVGOguLe1zA1bNX5iT5xwQCLcB/s1600/tweet-stratfor-mengenai-lokasi-pesawat-erdogan3-490x526.png

Ketika dihubungi, pejabat Stratfor mengelak untuk menjelaskan bagaimana mereka bisa menentukan lokasi yang tepat dari pesawat dan mengapa mereka berbagi informasi sensitif di platform media sosial pada malam kudeta.

Pada malam yang sama, Stratfor juga disebut-sebut merilis laporan palsu dari saluran berita MSNBC yang mengatakan bahwa Erdogan sedang mencari suaka di Jerman yang kemudian menarik lebih banyak kontroversi.

Selain menargetkan Erdogan pada malam kudeta, di hari berikutnya stratfor melalui Twitter merilis profil Erdogan dengan informasi yang keliru.

Dalam profil yang ditulis dengan tajuk “Apa yang perlu Anda ketahui tentang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan,” Stratfor melaporkan bahwa Erdogan telah “ditangkap oleh militer pada tahun 1999, dan dipenjara selam empat bulan karena mencoba untuk menghasut kekerasan dan kebencian agama atau rasis.

Profil itu juga mengklaim bahwa Erdogan “telah bekerja untuk mengurangi kekuasaan militer sejak pertengahan 2000-an,” menabur gagasan bahwa ia memiliki masalah pribadi pada tentara. Hal ini tampaknya dimaksudkan untuk meyakinkan pengikut Twitter Stratfor yang pro-kudeta, mengenai alasan yang sah untuk melakukan kudeta. 

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Misteri Tweet Stratfor, CIA dan Lokasi Pesawat Erdogan Ketika Upaya Kudeta Sedang Berlangsung | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top