Nabi Muhammad Itu Khalilullah atau Habibullah? Simak Jawabannya Disini...

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

https://1.bp.blogspot.com/-k5FpyBs7FbM/VsiSgfWb5FI/AAAAAAAAEuc/WStOiFumHts/s1600/Nabi%2BMuhammad.jpg

Pertanyaan:

Bagaimana hukumnya menyifati Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dengan habibullah?

Jawaban:

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, tidak diragukan lagi adalah habibullah, beliau mencintai Allah dan dicintai  Allah, tetapi ada sebutan lain yang lebih tinggi dari itu yaitu khalilullah. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah khalilullah, seperti yang beliau sabdakan,

“Sesungguhnya Allah telah menjadikanku seorang khalil seperti halnya Dia menjadikan Ibrahim sebagai khalil.” (Diriwayatkan Ibnu Majah)


http://2.bp.blogspot.com/-EdCUutmNHrQ/T4BT8wf9mHI/AAAAAAAAAJw/SH2qDEOxSCM/s1600/akhlak-nabi-muhammad-saw.jpg

Maka dari itu, siapa yang menyifatinya dengan habib saja, maka dia telah menurunkan beliau dari martabatnya, karena sifat khalil lebih mulia dan lebih tinggi dari habib. Setiap mukmin adalah kekasih Allah (habibullah), tetapi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berada pada martabat yang lebih tinggi dari itu, yaitu khalil, karena Allah telah menjadikannya sebagai khalil (kekasih) seperti Ibrahim. Maka dari itu kami katakan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, karena kata khalil mengandung di dalamnya kata habib, dan khalil puncak dari mahabbah.

Sumber: Tuntunan Tanya Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji (Fatawa Arkanul islam), Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Darul Falah, 2007.




Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Nabi Muhammad Itu Khalilullah atau Habibullah? Simak Jawabannya Disini... | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top