Rahasia Hidup 146 Tahun Mbah Gotho Asal Sragen: Menjadi Orang Sabar!

Baca Juga 

 Saparman atau yang biasa dipanggil Mbah Gotho mungkin bisa ditasbihkan sebagai manusia tertua di dunia. Mbah Gotho lahir di Sragen pada Desember 1870, berdasarkan data KTP. Dia kini dirawat cucunya yang berusia 50-an tahun.

Pendengaran dan penglihatan Mbah Gotho sudah jauh berkurang. Mbah Gotho juga sudah bungkuk jalannya. Tapi dia masih terlihat bugar.





Kepada detikcom yang menemuinya, Selasa (30/8), Mbah Gotho berbagi cerita rahasia umur panjang dan tetap sehat. Dengan tegas dia menjawab kuncinya hanya sabar lan narima(sabar dan tawakal, menerima semua takdir yang digariskan).

"Menjadi orang yang sabar lan narima. Jangan terlalu mengejar hal yang berlebihan," kata Mbah Gotho yang didampingi cucunya.

Mbah Gotho sudah menikah empat kali. Semua istrinya sudah meninggal, dan dia pun tak tertarik menikah lagi. Sehari-hari dia kini di rumah saja, kekuatannya jauh berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Dahulu dia biasa membantu membersihkan rumput atau berjalan-jalan di sekitar rumah.

"Kemanapun kita bergerak dan berada akan selalu diikuti yang kelam. Yang kelam itu adalah bayang-bayang kita sendiri," tutur dia.

"Gunakan selalu cermin untuk bertindak. Cermin itu adalah cermin rasa, agar kita bisa melihat diri dengan rasa hati," kata Mbah Gotho.


(mbr/dra)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top