Surat Erdogan & Luluhnya Putin, Bikin AS-UE Cemas

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

by @hasmi_bakhtiar
(S2 Hub. INternasional, Lille, Perancis)

1. Haters Erdogan di Indo ini bener2 cerdas yah, bukannya mengkritisi isi pertemuan Putin-Erdogan, malah sibuk ngutak ngatik foto hoax :D

2. Kalau mau ngeliat siapa yang 'lemah', lihat hasil kesepakatannya apa. Kalau ada celah langsung hantam, bukan ngutak ngatik pict hoax.

(HOAX)


(ASLI)

3. Pertemuan Erdogan-Putin itu bukan pertemuan Jokowi-Megawati, yang kalo ga cium tangan terancam ga jadi presiden:)

(ASLI atau HOAX?)

(ASLI atau HOAX?)

4. Gw sering twit tentang lika-liku hubungan Turky-Rusia, cuma memang beberapa hari belakangan terutama pasca kudeta banyak hal baru terjadi.

5. Yang harus kita pahami, Erdogan datang bukan untuk meminta restu kepada Putin, tapi menawarkan kerja sama yang juga Putin butuh.

6. Sikap awal Erdogan terhadap kesombongan pesawat Rusia yang masuk wilayah Turky sudah jelas, sikat habis!

7. Yang dapet copy-an surat Erdogan utk Putin ttg pemulihan hubungan Turky-Rusia coba baca bahasa yg dipakai Erdogan. Di sana ga ada minta maaf.

8. Gw dapet copy-an surat itu dari teman di Rusia. Dalam surat yang berbahasa Rusia tsb sama sekali ga ada kata2 meminta maaf dari Erdogan.

9. Yang ada kata 'menyesalkan' dan 'menyantuni' keluarga si pilot, bukan minta maaf dan ganti rugi.

10. Kabarnya Erdogan menyewa ahli bahasa Rusia terkenal untuk meracik bahasa dalam surat tersebut. Hasilnya? Berhasil, Putin jinak.


11. Bahkan surat tsb bisa sampai ke meja Putin punya kisah sendiri, kurirnya itu 2 orang presiden dan satu konglomerat.

12. Surat 'ajaib' itu jadi awal luluhnya Putin dan awal mulainya babak baru hubungan Rusia-Turky.

13. Berawal dari surat itu juga Erdogan dan Putin membicarakan hubungan yang lebih serius, terutama ttg ekonomi dan politik.

14. Dosen gw kemaren nanya, kenapa kamu yakin banget pertemuan Erdogan-Putin asasnya kerja sama, bukan pertemuan antara tuan dan jongos?

15. Menurut doi, bagaimana pun Rusia dan Putin itu udah kenyang makan politik, sedangkan Erdogan dan Turky baru 10 tahunan.

16. Gw jawab: Banyak makan kalau ga bergizi percuma. Buktinya Putin dikadalin Iran dan Erdogan berhasil keluar dari perangkap Amrik.

17. Kenapa gw yakin kedekatan Rusia-Turky ini akan membuat peta baru di kawasan?

18. Pertama, Putin merasa dikadalin Iran yang sudah dianggap Rusia sbg kekasih sejati selama ini.

19. Dalam beberapa kasus terakhir Iran justru menelikung Rusia terutama ttg masalah minyak dan gas. Iran ga mau berbagi jatah dengan Rusia.

20. Lebih sakitnya lagi, Iran justru bermain mata dengan Amrik dan UE yang jelas musuh Rusia berebut pengaruh di kawasan.

21. Cuma gw ga bakal ngebahas sisi ekonomi, politiknya lebih menarik buat gw karena dari situ kesepakatan ekonomi lahir.

22. Kedekatan Iran dg Amrik membuat Putin merasa dikhianati, padahal Putin sudah keluar duit banyak buat ngamanin posisi Iran dr serangan Saudi.

23. Alasan kedua, Turky saat ini adalah 'jantung' kawasan dan rakyat arab. Untuk merebut hati rakyat arab lebih membutuhkan Turky timbang Saudi.

24. Jika Putin masih setia kpd Iran maka tidak lama lagi kekuatan politik dan dkonomi Rusia akan tumbang, ini yang diinginkan Amrik dan UE.

25. Adapun Turky juga butuh dukungan Rusia yang masih memiliki warisan pengaruh kuat di kawasan.

26. Erdogan ga bakal bisa tenang melakukan pembersihan di internalnya sendiri terutama di tubuh militer tanpa dukungan Rusia.

27. Kapan pun Amrik dan UE bisa menyerang langsung ke internal Turky dengan alasan HAM dan alasan lainnya yang mereka buat sendiri.

28. Kudeta militer tempo hari Amrik sudah menyerang langsung, hanya tidak diakui terang2an.

29. Dan menghadapi serangan tsb Erdogan butuh Putin, dan terbukti ampuh. Kudeta gagal dan Rusia salah satu alasan kegagalan tsb.

30. Turky ga bisa berdiri kuat dg hanya mengandalkan kekuatan internal karena kudeta kemaren itu sejatinya perang yang disponsori negara2 kuat.

31. Lalu, dimana posisi negara arab? Mereka sedang bermimpi di dalam perang saudara. Hanya Qatar yang bisa dijadikan kawan oleh Turky.

32. Adapun Saudi hanya mampu diandalkan jika bicara duit dan senjata, mengharapkan dukungan politik Saudi saat ini hampir mustahil.

33. Menghadapi konspirasi yang dilakukan Iran dan Israel di sisi lain, Turky butuh dukungan Rusia. Makanya syarat yang diajukan Turky adalah..

34. ...segera Rusia putus hubungan dg Iran kemudian kita kuasai kawasan.

35. Erdogan menawarkan solusi kpd Rusia untuk keluar dari posisi sulit yang dialami Rusia saat ini.

36. Dan Putin ga bego, dia tau mana tawaran menguntungkan mana gombal yang selama ini dia terima dari Iran.

37. Simple-nya Turky bilang ke Rusia: terima tawaran ini nanti kita kuasai kawasan dengan cara yang sudah dipersiapkan Turky.

38. Kalau ga mau, yah siap2 aja kerugian yang jauh lebih besar buat Rusia.

39. Kenapa Turky berani bilang kaya gitu ke Rusia? Karena Turky masih punya opsi lain.

40. Jika Rusia menolak maka Turky bisa saja menggantungkan hubungan dg Amrik dan UE sampai Rusia benar2 bangkrut.

41. Kenapa Amrik dan UE bakal menerima hubungan yang digantung Turky? Karena masa depan UE dan kekuatan Amrik di kawasan juga ada di Erdogan.

42. Bisa saja Erdogan sedikit melonggarkan sikap kritis kpd barat sampai Rusia bangkrut, hanya ini bukan gaya politik Erdogan.

43. Turky punya target besar, terutama ttg kelanjutan arab spring. Menggantung pada UE memang akan merugikan Rusia tapi memperlambat capaian Turky.

44. Ibarat Erdogan punya opsi jika ditolak Rusia tapi Rusia ga punya pilihan lain kecuali kerugian.

45. Ini email balasan gw ke dosen kemaren. Dosen gw yang jelas 'orangnya' UE mengamini walau nampaknya berat :D

46. Balasan dari doi: buruan balik ke Lille, lama2 tanggapan kamu ttg UE tambah nyebelin hahaha...

47. Cuma doi mengakui bahwa saat ini UE sangat cemas dg pertemuan Erdogan-Putin.

48. Hasil pertemuan Erdogan-Putin sudah semakin jelas arahnya kemana. Pertama, Turky-Rusia benar2 bikin poros baru sbg penantang Amrik-UE.

49. Kemungkinan kedua, Turky-Rusia hanya berkoalisi dalam issue2 strategis. Ini tergantung Putin bisa apa tidak menerima persyaratan dr Erdogan.

50. Tapi tentang keluarnya Turky dari NATO gw rasa sudah hampir final.

51. Tapi yang jadi masalah saat ini beberapa pemimpin UE sudah mulai risau jika Turky benar2 ngebangun poros baru.

52. Kenapa UE tetap risau padahal sudah diyakinkan Amrik?

53. UE risau bukan karena tau sifat jeleknya Amrik yang khianat, tapi lebih melihat kekuatan Turky yang benar2 sudah di luar kendali.

54. Bahkan keamanan Eropa sekarang bisa dikatakan bersandar kepada Turky.

55. Makanya gw nyengir kalo ada pengamat yang bilang Erdogan lebih butuh Putin atau malah jadi jongosnya Putin. Ini politik sangat rumit, kawan.

56. Sekian.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Surat Erdogan & Luluhnya Putin, Bikin AS-UE Cemas | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top