Dalih Bangunan Ilegal, Puluhan Masjid di Myanmar Segera Dihancurkan

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
https://namakuddn.files.wordpress.com/2013/07/madrasahburma-dihancurkan.jpg?w=640

MYANMAR—Rakhine, negara bagian Myanmar, segera hancurkan 3.326 bangunan, termasuk 12 masjid dan 35 sekolah agama (madrasah). Penghancuran bangunan itu dilaksanakan dengan dalih dibangun tanpa izin.

Mayoritas bangunan yang akan dihancurkan itu, terletak di kota-kota yang berpenghuni mayoritas Muslim—Maungdaw yakni dan Buthidaung—sebelah utara Rakhine.

Kolonel Htein Linn, Menteri Keamanan dan Perbatasan Rakhine, menegaskan bahwa pihaknya tak segan-segan untuk membongkar masjid karena berdiri tanpa izin resmi.

“Kami akan meruntuhkan masjid, madrasah, dan bangunan lainnya, karena dibangun tanpa izin atau sesuai hukum yang berlaku,” kata Linn, lansir Anadolu Agency, Kamis, 22 September 2016.

Menurut Linn, otoritas Rakhine akan mengeluarkan pengumuman resmi dalam waktu dekat mengenai penetapan waktu pembongkaran.


https://2.bp.blogspot.com/-L_N06WjXTXs/V3FwXQ5tydI/AAAAAAAAWok/lf4lQQfzraUUjhrtBsOyrAZLGqSjZwMvwCLcB/s640/myanmar%2Bbuddha%2Bserang%2Bmasjid.jpg

Linn menyebut di Rakhine saat ini terdapat 2.270 bangunan ilegal, termasuk sembilan masjid dan 24 madrasah di Maungdaw, dan 1.056 bangunan liar termasuk tiga masjid dan 11 madrasah di Buthidaung.

Rencana untuk menghancurkan bangunan keagamaan itu sendiri menyebabkan kekhawatiran di kalangan warga, terutama para ulama di sana. Mereka mengungkapkan bahwa langkah itu dapat melahirkan ketegangan yang tidak perlu antara komunitas Buddha dan Muslim di negara bagian barat Myanmar.

“Jelas ini bisa mengakibatkan kekerasan agama dan masalah yang tidak diinginkan lainnya. Kemudian, ini bukan konstruktif dan menciptakan dilema bagi masyarakat setempat,” kata ulama dari Maungdaw, dengan identitas anonim. 


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Dalih Bangunan Ilegal, Puluhan Masjid di Myanmar Segera Dihancurkan | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top