Ini Dia Gambaran Pohon Tuba, Salah Satu Tumbuhan Yang Ada di Surga

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

http://www.panggilandarisurau.com/wp-content/uploads/2016/08/Yggdrasil_by-scarletpensieve-blogspot-com_e1.jpg

SIAPA yang enggan masuk surga? Mendengar kabarnya saja, semua orang tentu menginginkan tempat yang satu ini. Pasalnya, kabar tersebut menerangkan bahwa surga adalah tempat terindah sepanjang masa. Bahkan, bumi pun kalah dengan surga.

Keindahan di dunia itu sementara. Sedangkan di surga, abadi selamanya. Orang-orang yang bisa masuk surga, maka sudah dipastikan hidupnya akan bahagia. Mereka akan merasakan kenikmatan tiada tara. Dan salah satu yang akan mereka temui di surga adalah pohon tuba. Apa itu?

Pohon tuba merupakan salah satu bentuk kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang ditunjukkan kepada hamba-Nya yang menjadi penghuni surga kelak. Lantas bagaimanakah sebenarnya rupa dan penjelasan dari pohon tuba yang terdapat di surga ini? Berikut informasi selengkapnya yang kami kutip dari infoyunik.com.

Pohon tuba merupakan pohon yang sangat besar dan luas. Bahkan dikatakan dalam sebuah riwayat bahwa untuk melewatinya dari sisi kiri dan sisi kanan, seseorang membutuhkan waktu 100 tahun perjalanan dengan menggunakan kendaraan kuda yang super cepat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah ﷺ, beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga ada sebuah pohon. Jika orang yang berjalan dengan mengendarai kuda yang berlari cepat selama 100 tahun, dan tidak akan putus naungannya (ketika mengelilinginya),” (HR. Bukhari dan Muslim).

http://2.bp.blogspot.com/-Etldfvo-FQM/VJeuvonxPDI/AAAAAAAAFuk/_qlFebmx4mk/s1600/Surga%2BImpian.1.jpg

Tidak hanya terbentang luas, pohon tuba juga memiliki air yang tercurah serta buah yang banyak. Hal tersebut dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya, “Dan naungan (pohon) yang terbentang luas. Dan air yang tercurah. Dan buah yang banyak. Yang tidak berhenti (buahnya) serta tidak terlarang mengambilnya,” (QS. al-Waaqi’ah: 30-33).

Menurut Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu Anhuma, ia berkata, “Naungan yang panjang di surga itu hanya sebatang pohon. Panjang naungannya membutuhkan waktu perjalanan seratus tahun bagi pengendara yang paling cepat. Naungannya meliputi semua arah. Semua penghuni surga berdatangan menuju pohon tersebut (untuk bernaung). Mereka bercakap-cakap di bawah naungannya. Sebagian dari mereka ada yang menginginkan permainan seperti yang ada di dunia. Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala mengirimkan semilir angin dari surga. Pohon itu pun bergerak dengan segala bentuk mainan yang ada di dunia,” (HR. Ibnu Abi Hatim dalam Tafsirnya).

Tidak hanya memberikan naungan kepada para penghuni surga, ternyata pohon tuba ini juga dapat mengeluarkan pakaian-pakaian bagi para penghuni surga. Hal tersebut sesuai dengan hadis dari Abu Sa’id Al-Khudzri Radhiyallahu Anhu yang berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Tuba adalah sebuah pohon di surga yang besarnya sepanjang perjalanan seratus tahun. Pakaian-pakaian ahli surga keluar dari tangkai-tangkainya,” (HR. Ibnu Jarir, Ibnu Hibban, Ahmad, di shahihkan oleh Imam Ibnu Hibban, dihasankan oleh Al-Albani [As-Shahihah: 1985]).

Seperti itulah gambaran pohon tuba. Di mana tak akan pernah kita temui pohon serupa di dunia ini. Hanya ada di surga, tempat terindah sepanjang masa. Jika kita ingin melihat seperti apa rupa pohon tersebut, maka berusahalah untuk selalu dekat pada Allah, dengan melakukan hal-hal yang diperintahkan-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dengan begitu, insyaAllah kita bisa menjadi bagian dari penduduk surga.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Ini Dia Gambaran Pohon Tuba, Salah Satu Tumbuhan Yang Ada di Surga | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top