Inilah Bangunan Yang Tak Membebani Pemiliknya di Hari Kiamat Kelak

Baca Juga 








قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: كُلُّ بِنَاءٍ وَبَالٌ عَلَى صَاحِبِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِلَّا مَسْجِدًا-البيهقي في شعب الإيمان-

Artinya: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda,”Seluruh bangunan berakibat buruk kepada pemiliknya pada hari kiamat, kecuali masjid.” (Riwayat Al Baihaqi dalam Syu’ab Al Iman, dihasankan oleh Al Hafidz As Suyuthi)

Al Allamah Al Munawi menjelaskan bahwa masjid dan bangunan-bangunan yang dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah seperti madrasah, maka ia tidak akan berdampak buruk kepada pemiliknya.




Selain di atas, ada juga bangunan juga yang tidak memberikan dampak buruk berdasarkan nash, yakni bangunan yang mana manusia membutuhkan akan hal itu, seperti rumah untuk tempat tinggal.

Walhasil, sebagaimana dinyatakan dalam Al Kasyaf, bahwa bangunan memiliki berbagai macam hukum, ada yang wajib, sunnah, mubah, makruh serta haram. (Faidh Al Qadir, 5/15)


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top