Inilah Hal yang Lebih Afdhol daripada Melakukan Sedekah

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

http://4.bp.blogspot.com/-6Y9IAP5NUXg/VmWagWnPdcI/AAAAAAAAAdE/8u0Vfo3kBco/s1600/Sedekah.jpg

TAHUKAH Anda, bahwa sedekah itu memiliki manfaat yang luar biasa? Ya, orang yang dengan senang hati merelakan sedikit hartanya untuk orang-orang yang tidak mampu, akan diberi balasan yang berlipat ganda. Tapi ternyata, ada yang lebih afdhol daripada sedekah. Apakah itu?

Keutamaan yang akan diperoleh dari mencari nafkah yang halal untuk keluarga adalah nafkah tersebut lebih afdhol dari sedekah tathowwu’ (sunnah). Selain itu, orang yang mencari nafkah juga akan mendapatkan pahala yang jauh lebih banyak.

Dari Abu Hurairah, Nabi ﷺ bersabda,“Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi),” (HR. Muslim no. 995).

 http://4.bp.blogspot.com/-EFSrs9gFaL4/UOxgj4zaDJI/AAAAAAAAA-c/_3L1Moewojg/s1600/Sedekah.jpg

Imam Nawawi membuat judul untuk hadis ini, “Keutamaan nafkah bagi keluarga dan hamba sahaya, serta dosa bagi orang yang melalaikan dan menahan nafkahnya untuk mereka.” Dalam Syarh Muslim (7: 82), Imam Nawawi mengatakan, “Nafkah kepada keluarga itu lebih afdhol dari sedekah yang hukumnya sunnah.”

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rahimahullah pernah menjelaskan, “Sebagian orang tatkala bersedekah untuk fakir miskin atau yang lainnya maka mereka merasa bahwa mereka telah mengamalkan amalan yang mulia dan menganggap sedekah yang mereka keluarkan itu sangat berarti. Adapun tatkala mengeluarkan harta mereka untuk memberi nafkah kepada keluarganya maka seakan-akan perbuatan mereka itu kurang berarti, padahal memberi nafkah kepada keluarga hukumnya wajib dan bersedekah kepada fakir miskin hukumnya sunnah. Dan Allah lebih mencintai amalan wajib daripada amalan sunnah,” (Sebagaimana penjelasan beliau dalam Riyadhus Shalihiin).

Nah, hal ini berlaku bagi Anda, sebagai seorang suami. Ya, suami memiliki kewajiban untuk memberikan nafkah yang halal kepada keluarganya. Tetapi, terkadang ada suami yang lebih suka sedekah kepada orang lain, sedangkan keluarganya sendiri terabaikan dari perhatiannya. Inilah yang harus diubah.

Ketahuilah, bahwa memberi nafkah kepada keluarga pun termasuk sedekah. Dan perbuatan ini memiliki ganjaran yang lebih baik daripada sedekah sunnah. 

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Inilah Hal yang Lebih Afdhol daripada Melakukan Sedekah | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top