Inilah Penjelasan Tentang Benda Langit Misterius yang Jatuh di Sumenep Madura

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin membenarkan ada benda langit yang jatuh di wilayah Sumenep Madura pada senin (26/9/2016).
Setelah dilakukan penelitian terhadap benda langit misterius tersebut, maka pihak LAPAN berkesimpulan bahwa benda tersebut merupakan sampah antariksa berupa roket bekas.
Objek pertama yang sudah diteliti merupakan bekas roket Delta 2 PAM-D yang melintas pukul 06.27 dan objek bekas roket Falcon 9 yang melintas pukul 09.21.
Sedangkan object lainya merupakan sisa roket Falcon 9 tingkat 2. Roket Falcon 2 milik Space-X, Amerika Serikat, yang telah digunakan mengorbitkan satelit JCSAT 16 pada 14 Agustus 2016.
Menurut Djamaluddin, Indonesia sudah beberapa kali menjadi lokasi jatuhnya benda langit yang masuk dalam kategori sampah antarika.  Tercatat oleh LAPAN menurut sedikitnya sudah sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1981, 1988 dan tahun 2003.
Sampai saat ini LAPAN telah menerima dan menyimpan objek sampah antariksa yang jatuh di Indonesia: 1981 dari Gorontalo (bekas tabung bahan bakar roket Rusia), 1988 dari Lampung (bekas tabung bahan bakar roket Rusia), dan 2003 dari Bengkulu (pecahan roket RRT)” tulis Thomas Djamaluddin di akun Facebook pribadinya.
Seperti dilansir kompas.com, benda langit misterius yang jatuh berukuran seperti drum aspal dan berwarna hitam pekat. Benda tersebut dililit bahan seperti plastik dan tali rafia, sedangkan tiga benda lainnya berupa logam hangus seperti habis terbakar.
Benda tersebut menimpa sebuah kandang milik warga Sumenep sehingga mengakibatkan rusak. Seorang warga bernama Asmar mengaku bahwa dirinya melihat benda misterius yang jatuh dari langit menimpa kandang sekitar pukul 10.00 WIB. Saat kejadian tersebut terdengar dentuman keras di udara sebelum benda-benda itu jatuh dari langit.
Berikut ini beberapa penampakan foto benda langit misterius yang jatuh di Sumenep







Benda misterius jatuh dari langit di Pulau Giki Genting, Desa Lombang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Senin (26/9/2016).[foto:viva.co.id]
Benda misterius jatuh dari langit di Pulau Giki Genting, Desa Lombang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Senin (26/9/2016). [foto:kompas.com]
[islamedia/az]

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Inilah Penjelasan Tentang Benda Langit Misterius yang Jatuh di Sumenep Madura | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top