Inilah Rahasia Kuatnya Hafalan Imam Syafii dan Gurunya

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

http://3.bp.blogspot.com/-LIRk1fXUPTY/T1eAE7LunDI/AAAAAAAAAVY/3_KwKHxU7vs/s1600/19.jpg

TENTUNYA kita sudah tak asing lagi dengan nama Imam asy-Syafi’i Rahimahullahu Ta’ala. Ialah seorang imam, ‘alim, ahli fiqih, teladan dalam zuhud, dan juga penolong sunnah yang amat monumental.

Imam asy-Syafi’i memiliki banyak kelebihan. Salah satunya dalam hal hafalan yang sangat bagus. Hafal al-Qur’an di usia tujuh tahun. Kelar membaca al-Muwatha’ di hadapan penulisnya yang juga menjadi gurunya di kisaran usia sepuluh tahun. Dalam usia lima belas tahun, beliau sudah diberi otoritas untuk menyampaikan fatwa.

Maknanya, di usia itu, beliau sudah menguasai berbagai cabang ilmu, baik yang terkait al-Qur’an dan ilmu pendukungnya, hadits dan penopangnya, serta berbagai cabang ilmu-ilmu lainnya, termasuk ilmu waris, kaidah ushul fiqih, dan seterusnya.

Jika Imam asy-Syafi’i saja sedemikian hebat, bagaimana lagi dengan gurunya? Bukankah kehebatan seorang murid, salah satu penopang utamanya adalah kualitas guru?

Imam asy-Syafi’i memiliki banyak guru. Selain Imam Malik bin Anas Rahimahullahu Ta’ala, sosok Imam Waki’ bin Jarrah al-Kufi Rahimahullahu Ta’ala juga tercatat sebagai guru beliau yang amat masyhur.

Terkait Imam Waki’ bin Jarrah al-Kufi, Imam Ibnu Hajar al-Asqalani menyampaikan pengakuan, “Ia salah seorang ulama besar terkemuka yang memiliki daya hafal yang sangat kuat. Jika orang lain menghafal dengan susah payah, dia menghafal lancar-lancar saja.”

Imam Waki’ ini tidak pernah membawa buku. Jarang mencatat. Semuanya beliau hafalkan.

 http://4.bp.blogspot.com/-f6VidtcLQI4/TykrKjt4yyI/AAAAAAAAAOM/epp5iM9Y9ic/s1600/387815_2384036213938_1641726078_2304602_639881184_n.jpg

Terkait rahasia kuatnya hafalan, suatu hari Ali bin Khasyram bertanya kepada beliau, “Apakah resepnya sehingga hafalanmu begitu kuat?”

Sosok alim nan tawadhu’ ini menjawab, “Resepnya adalah meninggalkan maksiat. Aku melakukannya (meninggalkan maksiat) demi menghafal.”

Dikutip dari kisahhikmah.com, Imam Waki’ ini pulalah yang pernah disebut oleh Imam asy-Syafi’i dalam salah satu syair yang sangat terkenal.

Kuadukan pada Waki’ hafalanku nan jahat

dia berpesan agar kutinggalkan maksiat

Katanya pula, ilmu itu terang bak kilat

cahaya Allah bukanlah untuk pelaku maksiat

Inilah rahasia kuatnya hafalan Imam Syafii dan gurunya. Meninggalkan maksiat. Mari kita bermuhasabah diri, mengapa kita sangat sulit untuk menghafal Al-Quran? Bisa jadi karena maksiat kita yang sudah tak terhingga, sehingga ilmu enggan untuk masuk ke dalam hati kita. Naudzubillah.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Inilah Rahasia Kuatnya Hafalan Imam Syafii dan Gurunya | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top