Iran Mulai Bangun Reaktor Nuklir Kedua dengan Bantuan Rusia

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer



Iran mulai membangun reaktor nuklir kedua mereka dengan bantuan sang sekutu, Rusia. Proyek senilai USD10 miliar (setara Rp131,6 triliun) tersebut sesuai dengan kesepakatan nuklir Iran dengan enam negara kuat dunia pada Juli 2015.

Sejumlah pejabat Iran dan Rusia terlihat menghadiri acara peresmian proyek pembangkit listrik tenaga nuklir yang akan dibangun selama 10 tahun ke depan tersebut. Sesuai kesepakatan, dua reaktor nuklir dibangun dengan kapasitas daya listrik mencapai 1.000 megawatt (MW). Demikian sebagaimana dilansir dari Reuters, Ahad, (11/9/2016).

Iran saat ini sudah mengoperasikan satu unit reaktor nuklir pertama mereka di Bushehr, yang dibangun oleh Rusia. Negeri Beruang Merah telah menandatangani kesepakatan dengan Iran pada 2014 untuk membangun delapan buah reaktor nuklir lainnya di seantero Negeri Para Mullah.


http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/reaktor_nuklir_iran_101006114252.jpg

Iran diharuskan mematuhi kesepakatan nuklir oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada Januari 2016. Dalam kesepakatan tersebut, Iran harus membatasi stok bahan baku yang bisa digunakan untuk membuat senjata atom.

Laporan IAEA tidak menunjukkan satu pelanggaran pun yang dilakukan Iran. Berdasarkan kesepakatan, Iran mendapatkan imbalan berupa pencabutan sejumlah sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh dunia internasional. (DH)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Iran Mulai Bangun Reaktor Nuklir Kedua dengan Bantuan Rusia | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top