JADI PELAJARAN ! Sahabat Rasulullah Ini Terhimpit dalam Kubur

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Sahabat Rasulullah Ini Terhimpit dalam Kubur


Pada zaman Rasulullah saw, seorang sahabat bernama Saad meninggal dunia. Tidak seperti biasanya, Rasul begitu sibuk mengurus jenazahnya.
Tanpa serban dan alas kaki, beliau mengangkat keranda hingga ke liang kubur. Beliau pula yang turun ke liang dan menatanya sebelum jenazah terbaring.


Banyak sahabat yang heran. "Wahai Rasulullah, engkau melakukan sesuatu yang tidak biasa. Ada apa sebenarnya?"


"Demi Allah," kata Rasul menjawab pertanyaan, "aku melihat Jibril dan para malaikat melakukan apa yang kulakukan."


"Mengapa sampai demikian Wahai Rasulullah?" Sahabat yang tak puas bertanya lagi.
"Orang ini selalu membaca Surat "Qul Huwallahu ahad" dalam keadaan duduk, berdiri dan berjalan. Dan tahukah kalian, ada 70 ribu malaikat yang hadir di pemakaman ini."


Dari kejauhan, datanglah ibu dari jenazah ini. Melihat Rasul menghadiri pemakaman, dia tak dapat menahan kegembiraannya. "Sungguh beruntung putraku Saad. Kau pasti masuk surga," katanya.

Rasul segera menimpali. "Sebentar wahai ibu Saad, janganlah engkau menentukan sesuatu mendahului Allah SWT. Ketahuilah, putramu ini sedang terhimpit di dalam kuburnya."


"Kenapa wahai Rasulullah?" tanya sang ibu.


"Karena perangainya buruk pada keluarganya."


Bayangkan, setelah mendapat kemuliaan diantar Rasulullah dan 70 ribu malaikat, sang sahabat masih saja mendapat kesulitan dalam kubur disebabkan akhlaknya yang buruk kepada keluarga.


Kisah ini memperjelas ayat "Dan bergaullah dengan mereka (istri) dengan cara yang baik."(An-Nisa 19). Juga sabda Nabi: "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku adalah yang paling baik bagi keluargaku."
Imam Ali bin Abi Thalib juga pernah menjelaskan senada dalam perkataannya: "Jangan sampai keluargamu menjadi orang yang paling menderita karena perilakumu."


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : JADI PELAJARAN ! Sahabat Rasulullah Ini Terhimpit dalam Kubur | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top