Jejak Kaum Yahudi Di Jakarta : Misteri 7 Kuburan Berlambang Bintang David di TPU Petamburan

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer



Bagi penjaga kuburan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Petamburan, kuburan berlambang Bintang David sudah dikenal sejak puluhan tahun. Setiap penjaga akan menunjukan kepada siapa saja keberadaan 7 kuburan Yahudi yang ada di ICV (blok) V dan VI TPU Petamburan, Jl. KS. Tubun, Tanah Abang.

Menurut Eddy Mulyadi, yang biasa membersihkan kawasan kuburan TPU Petamburan, kuburan berlambang Yahudi sudah ada semenjak puluhan tahun. Bahkan, tahun 80-an menurutnya blok kuburan Yahudi begitu terkenal dan memiliki gapura berlambang Bintang David dan bertuliskan bahasa Ibrani.


"Itu sudah lama, kita menyebutnya blok Yahudi, sebelum dibongkar dulu di sini ada gapura," ujar Eddy kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ikhsan R Sururi, kepala TPU Petamburan. Menurut Ikhsan, blok kuburan Yahudi memang sudah sejak puluhan tahun ada di TPU Petamburan. Sayangnya, tidak ada ahli waris yang mengaku sebagai keturunan. Namun, meskipun tidak ada ahli waris, 7 kuburan Yahudi di Petamburan tidak dibongkar dengan alasan cagar budaya.

"Meskipun secara administrasi nggak bayar retribusi, karena cagar budaya, tetap ada yang dipertahankan," ujar Ikhsan kepada detikcom saat ditemui.

Dalam pantuan detikcom, di TPU Petamburan memang ada 7 kuburan berlambang Bintang David dan berbahasa Ibrani. Kuburan atas nama Esra Solomon Joseph meninggal tahun 1959, Saul Jacob Aslan meninggal tahun 1959, Sasson Saul Aarun meninggal tahun 1950, J.E Ballas meninggal tahun 1943, Mrs. H. Khaza meninggal di umur 73 tahun, Joshua Moses Garet meninggal 1942, dan satu nisan berbahasa Ibrani yang tidak ada keterangan Latin.

Alwi Shahab, wartawan senior yang juga sering menulis tentang sejarah Jakarta, mengatakan bahwa kaum Yahudi dulu memang banyak yang tinggal dan berdagang di Jakarta. Mereka berdagang dan tidak menyembunyikan identitas keyahudiannya karena mirip dengan bangsa Arab. Bahkan, di Jalan Segara (sekarang jalan Veteran) ada sebuah toko jam milik warga Yahudi.

"Mereka umumnya pedagang dari Barat atau Timur Tengah. Kalau di Jakarta ngumpulnya di Jl. Veteran. Antara lain ada toko milik Yahudi," ujar Alwi Shabab saat dihubungi detikcom.


(bri/dra)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Jejak Kaum Yahudi Di Jakarta : Misteri 7 Kuburan Berlambang Bintang David di TPU Petamburan | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top