Jelang Idul Adha, Masjid Salman ITB Mengadakan Pelatihan Kurban

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
http://1.bp.blogspot.com/-_1JrWvggij4/Tp2_r62bTyI/AAAAAAAAAAQ/7AURI587Sf4/s1600/hewan-kurban-sapi-ongole-350-0.jpg

BANDUNG—Dalam rangka menyosialisasikan bentuk manajemen kurban yang baik pada masyarakat khususnya mahasiswa,  Masjid Salman ITB gelar pelatihan kurban.

“Pelatihan kurban ini merupakan salah satu acara yang masuk ke dalam rangkaian Bandung Adha Fest 2016. Sekarang mahasiswa untuk bagian kurban jarang, kecuali kalau dia aktif di masjid,” kata Bagus Putra, Ketua Panitia Bandung Adha Fest 2016 Masjid Salman ITB, lansir Antara, Senin (5/9/2016).

Putra mengatakan bahwa di Indonesia manajemen kurban pada hari raya Idul Adha dilangsungkan secara mandiri oleh masyarakat, berbeda dengan Arab Saudi—di mana aparat pemerintah ikut serta dalam prosesi pemotongan hewan kurban.

http://blog.act.id/wp-content/uploads/2015/09/LTM-Tasik-2.jpg

Di sisi lain, lanjut Putra, tidak banyak orang yang memiliki pengetahuan dan kemampuan mumpuni soal kurban padahal mulai dari pengumpulan hewan sebelum disembelih, sampai distribusi dagingnya harus benar-benar diperhatikan.

“Proses ini tidak boleh berjalan dengan asal, agar tidak berpotensi menimbulkan penyakit. Dan di sisi lain kebutuhan juru sembelih kurban yang handal terus meningkat. Kondisi ini berbanding terbalik dengan jumlah jagal ahli yang tersedia,” katanya.

Menurut Putra proses kurban dari tempat pengumpulan hewan sampai distribusi daging di Indonesia masih tidak profesional, dan masjid-masjid yang diamanahi sebagai tempat sekaligus pelaksana penyembelihan pun kerap tidak dilengkapi sarana dan prasarana yang mumpuni.

Sedikitnya jumlah SDM yang mampu melangsungkan pemotongan hewan kurban ini juga menjadi kendala tersendiri.

“Harapannya peserta bisa membuka pelatihan kurban di tempat masing-masing,” Pungkas Putra. 

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Jelang Idul Adha, Masjid Salman ITB Mengadakan Pelatihan Kurban | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top