Kritik Dari Iran Kepada Saudi Hanyalah Pengalihan Isu Semata

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

Ilustrasi Masjidil Haram

Menteri Luar Negeri Saudi Arabia Adel al-Jubeir mengeluarkan komentar pedas kepada pimpinan Iran Ali Khamenei. Al-Jubeir menegaskan bahwa kritik Khamenei terhadap Arab Saudi tentang manajemen haji semata-mata hanyalah pengalihan isu semata.

Berbicara kepada wartawan di Kedutaan Saudi di London, Al-Jubeir menganggap komentar dari Khamenei hanyalah upaya untuk mengalihkan perhatian rakyat Iran dari kegagalan pemerintah mereka.

Al-Jubeir juga menekankan bahwa Kerajaan Saudi telah bersiap untuk menyambut para jemaah haji dari berbagai belahan dunia, tapi Pemerintah Iran malah menolak untuk mengatur perjalanan dan mengurus visa para warganya.

Ia juga menyatakan, koordinasi antara Kerajaan Saudi dan negara-negara lain yang dilakukan setiap tahunnya bertujuan untuk menjamin keamanan bagi para Muslim di Tanah Suci.

Dewan Kerja Sama Negara Teluk (GCC) turut mengutuk tuduhan palsu yang dilontarkan pimpinan Iran Ali Khamenei kepada Saudi Arabia.


http://2.bp.blogspot.com/-YSAEczO3SBQ/TqgBZTxAOMI/AAAAAAAAB0U/YgzwSZzd10c/s1600/daftar+nama+jamaah+haji.jpg

Sementara itu Sekretaris, GCC Jenderal Abdullatif Al-Zayani mengatakan pernyataan Khamenei adalah upaya putus asa untuk mempolitisasi umat Islam pada saat berhaji di tanah Suci.

“Dunia Muslim menyadari sepenuhnya upaya-upaya besar dan usaha tak kenal lelah yang diberikan oleh Saudi Arabia, memfasilitasi para jamaah haji dan memastikan keselamatan mereka sudah menjadi tanggung jawab kerajaan,” katanya.

Menurutnya, tuduhan-tuduhan tersebut bertentangan sepenuhnya dengan nilai dan prinsip-prinsip Islam yang menyerukan persaudaraan dan perdamaian.

“itu semua tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kebijakan bertetangga dan tidak membantu untuk membangun hubungan yang konstruktif antara negara-negara Islam, katanya.

Bahkan kritikan kepada Iran datang dari Dewan Ulama Senior dari Universitas Al-Azhar, Kairo.

“Saudi Arabia adalah satu-satunya negara yang bertanggung jawab untuk mengatur haji tanpa urusan campur tangan asing,” kata dewan itu dalam sebuah pernyataan.



Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Kritik Dari Iran Kepada Saudi Hanyalah Pengalihan Isu Semata | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top