MUI Telah Terbitkan Klarifikasi Tuduhan Sesat Dan Radikal Terhadap Ustadz Ahlusunnah

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer



Berikut adalah penjelasan atau klarifikasi atas tuduhan kepada para ustadz dan dai ahlusunnah di Indonesia yang selama ini beredar tanpa arah dan sumber yang jelas sehingga menimbulkan kegaduhan yang sangat di masyarakat seperti yang redaksi terima (8/9/16). Sebagai contohnya beberapa pengajian yang jelas – jelas bermuatan pendidikan dan toleransi beragama dibubarkan dengan alasan pengisi atau penceramah tersebut masuk dalam kategori sesat dan radikal atas dasar selebaran yang tidak jelas dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

picsart_09-08-07-24-05

Assalamu ‘alaikum wr wb

Salam silaturahim, semoga Saudara senantiasa mendapat lindungan dari Allah SWT dalam menjalankan tugas dan aktivitas sehari-hari. Amin

Menjawab surat Saudara No 130/SB.PMA/VIII/2016, tanggal 30 Agustus 2016, perihal permohinan klarifikasi, yang pada pokoknya berisi permintaan klarifikasi terkait beredarnya di dunia maya adanya kabar berupa himbauan yang seakan-akan mengatasnamakan atau rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) : “Himbauan Waspada terhadap para ustadz-ustadz di bawah ini, MUI telah sepakat bahwa ajaran mereka ahlu takfiri, suka mengkafirkan muslim yang lain, membid’ahkan amalan muslim yang lain dan tidak bermadzhab”, maka dengan ini Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia menyampaikan tabayyun (klarifikasi) sebagai berikut :

1. Dewan Pimpinan MUI tidak pernah menerbitkan surat atau mengeluarkan pendapat berisi himbauan atau rekomendasi dengan isi sebagaimana yang telah beredar di dunia maya tersebut.

2. Dewan Pimpinan MUI mengharapkan seluruh umat Islam untuk cermat, hati-hati, waspada dan tidak langsung membenarkan kabar/informasi/berita yang beredar di media, terutama di media sosial sekaligus mendorong umat Islam untuk segera melakukan tabayyun (klarifikasi) terhadap kabar/informasi/berita tersebut kepada pihak/lembaga/organisasi yang terkait berhubungan dengan kabar/informasi/berita tersebut untuk mendapatkan penjelasan, tabayyun (klarifikasi) serta informasi yang sebenarnya.

3. Dewan Pimpinan MUI mengingatkan ulama dan tokoh Islam serta umat Islam untuk terus mempererat ukhuwah islamiyah dan silaturahim serta komunkasi timbal balik dengan seluruh komponen bangsa dan aparat penyelenggara negara agar makin terbina ketenteraman kehidupan kemasyarakatan dan kebangsaan dalam wadah NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
Demikian tabayyun (klarifikasi) ini kami sampaikan. Atas perhatian saudara kami sampaikan terima kasih.

Semoga hasil penjelasan resmi dari Majelis Ulama Indonesi (MUI) ini dapat mendudukan masalah yang sebenarnya sehingga ummat Islam tidak dibuat resah dan saling curiga yang berakibat terhambatnya dakwah dimasyarakat. Padahal dakwah merupakan bagian dari membantu program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi keimanan kepada Alloh Subhaanahu wata’ala. (iz)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : MUI Telah Terbitkan Klarifikasi Tuduhan Sesat Dan Radikal Terhadap Ustadz Ahlusunnah | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top