Subhanallah, Pemuda Ini Hafidz Quran dalam 4 Bulan

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer


https://3.bp.blogspot.com/-Dg65pAVxr5w/VyYz5tqqmmI/AAAAAAAAB4c/LgRgm0avpcwu9HEnDdXekN4zH8Ku_I5qQCLcB/s640/Mahasiswa.jpg

PEMUDA itu adalah Fadhil Azman, 23, pria asal Singapura ini berhasil menghafal Al-Quran dalam waktu empat bulan. Kini Azman meneruskan pendidikannya di University of Jordan, dengan mengambil konsentrasi Islamic Theology.

Azman membeberkan kiat-kiat mudah menghafal Al-Quran berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang hafidz, dengan harapan semoga tips tersebut dapat menginspirasi yang lainnya untuk menghafal Quran. Berikut kiat-kiat Fadhil Azman seperti disarikan dari SirapLimau.

“Alhamdulillah, syukur ke hadirat Allah atas segala rezeki dan rahmat-Nya. Aku memohon pada Allah agar selalu dimudahkan urusan dalam mengulang Al-Quran dan diberi petunjuk untuk berbagi dan memberi inspirasi pada orang lain,”

Saya ingin berbagi bahwa saya telah menghafal lebih kurang 9 juz saat di sekolah dasar, sekolah menengah dan matrikulasi.

Jadi, sebenarnya saya cuma menghafal sekitar 20 juz dan hanya mengulang 9 juz lama hanya dalam waktu 4 bulan.

Saya juga tidak memiliki komitmen lain selain dari berbuat baik kepada orang tua. Tapi, bagi orang yang berkehendak menghafal ayat al-Quran karena Allah, Insya Allah, Allah akan permudahkan.

Ini adalah pengalaman saya dan semoga ia dapat memberikan inspirasi pada yang lain. Berikut adalah tips yang saya amalkan;

    Perbaiki niat menghafal al-quran

Ini adalah poin yang paling penting yang sangat perlu. Lakukan dengan ikhlas karena Allah, mengharapkan rahmat-Nya, keridhaan-Nya dan untuk memperoleh surga. Bukan karena teman, keluarga atau untuk pamer. Semoga Allah tetapkan hati kita untuk melakukannya semata-mata karena Allah.

    Mulailah sekarang.

Jangan ditunda, kalau niat sudah ada itu sudah bagus. Selalu usahakan untuk mengingat agar jangan menunda menghafal agar hasilnya menjadi lebih baik.

Jangan beralasan tidak cukup waktu. Cari waktu khusus dalam menghafal Al-Quran. Saya mengenal beberapa orang, yang memiliki niat, tetapi tidak memiliki motivasi.

Untuk menemukan motivasi, saya memikirkan tentang betapa besar manfaat yang kita akan dapat dari menghafal Al-Quran. Percayalah, anda akan mendapat banyak kebaikan. Pahala juga dihitung hanya dengan membaca satu huruf. Juga ada banyak kisah yang menarik dalam Al-Quran yang akan anda temui nantinya.

Coba baca Al-Quran setelah shalat. Insya Allah, anda akan dapat momen terbaik saat itu.

    Gunakan mushaf yang sama.

Saya telah menggunakan mushaf yang sama sejak berumur 14 tahun. Inilah hal yang selalu diingatkan oleh guru saya. Soalnya, ketika anda menggunakan mushaf yang sama, mata Anda telah terbiasa dengan cara penulisan, warna dan dekorasi dalamnya. Ini membuat pikiran anda terbiasa dengannya.

    Mendengar pembacaan ayat Al-Quran

Hal ini mungkin susah, tapi Allah bisa mempermudahkannya untuk anda. Tinggalkan lagu-lagu pop dan rock. Dua benda yang berlawanan tidak dapat eksis dalam waktu yang sama. Tapi, tentu saja ada beberapa pendapat tentang hal ini. Apakah Anda lebih suka mendengarkan musik daripada mendengarkan ayat Al-Quran yang bisa menenangkan hati seseorang?

Saya suka mendengar bacaan surah dalam Quran yang saya sedang hafal atau surah berikutnya yang akan dihafal kemudian, saya akan ulang surat yang sama sambil melakukan pekerjaan lain.

Kata-kata tersebut akan masuk ke dalam pikiran kita tanpa disadari. Anda akan menghafal berbagai surat menjadi lebih mudah. Saya juga membuka mushaf sambil mendengarkan bacaan Quran untuk membiasakan dengan halaman tersebut. Kemudian baru saya memulai hafalan.

    Pengulangan dan pembagian halaman adalah dasar untuk menghafal

Baca keseluruhan halaman berkali-kali. Anda dapat memilih untuk membagi halaman menjadi tiga atau dua bagian. Ini tergantung pada berapa mudah untuk menghafal halaman tersebut. Hafallah bagian pertama sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Hindari melanjutkan ke halaman depan sebelum Anda benar-benar menghafal dengan utuh.

    Pemahaman adalah kunci penting dalam menghafal

Adalah sangat menyenangkan jika anda memahami apa yang disampaikan oleh Allah SWT dalam Al-Quran. Demi Allah, saya melihat isi Al-Quran sangat indah. Ia dapat membawa Anda kepada perubahan yang lebih besar.

Fokus pada apa yang anda baca untuk memahami ayat tersebut. Jangan pikirkan hal lain ketika membacanya.

Unduh aplikasi terjemahan atau tafsir Al-Quran dalam ponsel Anda. Atau bisa juga menggunakan mushaf yang memiliki terjemahan di bagian tepi. Ustazah saya selalu menasihati saya bahwa pemahaman dalam Al-Quran telah menjawab semua pertanyaan. Dalam konteks ini, pemahaman adalah sebagian dari proses penghafalan ayat-ayat tersebut.




 http://cdn.ar.com/images/stories/2015/08/fadhil-azman.jpg

    Mulailah dengan perlahan-lahan

Mulailah dengan selangkah demi selangkah, Insya Allah anda akan menghafal dengan konsisten dan lebih mudah.


    Jangan putus asa

Tidak berarti jika hari ini terasa susah, besok juga akan terasa susah. Bacalah doa sebelum memulai hafalan. Ingatlah di mana pun anda berhenti sekarang, itu adalah sebuah langkah untuk mengakhiri penghafalan seluruh al-Quran. Satu hal yang penting, jangan pernah berhenti.

    Berteman dengan mereka yang turut menghafal

Dengan memiliki teman yang juga menghafal, dapat membuat Anda lebih termotivasi untuk menghafal dan mengulang.

    Rencanakan

Secara dasarnya, saya menghafal sekitar 4-6 halaman per hari. Untuk menghafal satu halaman, saya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, tergantung pada tingkat kesulitan halaman tersebut. Ada halaman yang memakan waktu 20 jam untuk dihafal.

Alhamdulillah, Allah mudahkan bagi saya. Sedangkan untuk halaman yang lebih susah, saya menghabiskan waktu 45 menit.

    Waktu yang terbaik

Waktu yang cocok untuk menghafal Al-Quran adalah setelah subuh atau fajar, yaitu ketika pikiran masih segar. Ketenangan di saat subuh akan memasuki pikiran Anda. Ustaz saya selalu menyarankan kami untuk lebih produktif pada waktu pagi.

Selain itu, waktu setelah shalat adalah waktu yang tepat untuk menghafal selain dari waktu antara Maghrib dan Isya.

    Menjadi produktif

Bacalah Al-Quran dalam perjalanan ke sekolah atau tempat kerja. Secara pribadi, saya lebih suka naik kereta api dibandingkan mengemudi karena waktu perjalanan tersebut saya bisa isi dengan menghafal atau mengulang.

    Bawalah mushaf ke manapun anda pergi

Hal ini akan menjadi pengingat agara Anda membacanya.

    Jagalah mata Anda

Hindari memandang atau melihat aurat lawan jenis. Jauhi telinga dari mendengar gosip. Kunci mulut anda dari kata mengumpat dan semua perbuatan yang dilarang. Ustazah saya sering kali mengingatkan dan meminta kami untuk menghafal puisi Imam Syafi’ie sebagai peringatan.

Aku mengadu kepada Wakii ‘(Imam Syafi’ie) tentang ingatanku yang lemah.

Dia menasihatku untuk meninggalkan dosa

Dan dia memberitahuku bahwa ilmu adalah cahaya

Dan cahaya Allah tidak akan sampai pada pendosa.

    Bertaubatlah

Bertaubatlah selalu, karena terkadang kita melakukan dosa tanpa menyadarinya. Ketika seseorang membuat dosa, sangat perlu segera bertaubat kepada Allah. Allah menerima taubat orang yang ikhlas.

    Minta seseorang mendengar bacaan anda

Carilah seorang teman, anggota keluarga atau guru untuk mendengar bacaan anda. Syaratnya dia haruslah seorang yang tahu membaca Al-Quran dengan benar. Jadi ketika terjadi kesalahan kecil, dia bisa memperbaikinya.

    Mengulang apa yang Anda telah hafal.

Carilah seseorang untuk mendengarkan anda dalam mengulang bacaan. Seseorang itu haruslah orang yang kuat hafalannya.

    Makan kismis dan madu

Saya benar-benar yakin dengan hal ini, tetapi saya diajarkan bahwa memakan kismis dan madu dapat memperkuat ingatan.

    Tunaikanlah shalat malam

Shalatlah sekurang-kuranya dua rakaat, kemudian berdoalah. Hal ini sangat membantu proses penghafalan anda.

“Doa saat tahajjud diibaratkan seperti busur panah yang tidak pernah meleset dari sasarannya,” ujar Imam Syafi’ie.

    Berdoalah selalu dan harapkan pertolongan Allah

“Jangan meremehkan kekuatan doa. Ketahuilah bahwa tidak ada yang lebih disukai Allah lebih dari hambanya yang berdoa kepada-Nya. “(H.R.Tirmidhi)

Berdoalah kepada Allah agar dimudahkan pikiran dan hati untuk menghafal dan tidak melupakan hafalan tersebut. Mohon pada-Nya agar dikuatkan ingatan dan mohonlah agar disingkirkan sifat malas dalam diri kita.

    Doakanlah kebaikan untuk orang lain

Saat Anda berdoa untuk diri sendiri, selipkan sekali doa untuk orang lain yang mungkin sangat membutuhkan rahmat Allah.

“Doa seorang Muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut ada seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang Muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata, “Aamiin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa,” (H.R.Muslim).

    Minta doa orang tua

Ketika saya mulai menghafal al-Quran, saya memberitahu ibu saya akan niat tersebut dan meminta orangtua saya mendoakan saya. Hal tersebut sangat membantu.

Itu saja, saya harap tips tersebut bermanfaat bagi anda. Semoga Allah mudahkan anda dalam menghafal dan mengulang Al-Quran. Semoga Allah permudahkan segala urusan kita. 

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Subhanallah, Pemuda Ini Hafidz Quran dalam 4 Bulan | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top