Ulama Ini Sampai Menjual Baju yang sedang Dipakainya untuk Membeli Buku

Baca Juga 





http://3.bp.blogspot.com/-9xpYVgcMdDc/VSYi_jNyvMI/AAAAAAAAC6A/TpjDv4jackA/s1600/kitab.jpg

SEPERTI yang kita tahu bahwa para ulama adalah orang-orang yang sangat cinta pada ilmu. Pengorbanan para ulama dahulu terhadap ilmu sangatlah luar biasa. Kita bisa membaca dari kisah-kisah perjuangan para ulama dalam mencari ilmu  ke negeri yang jauh sekalipun.

Syaikh Raghib Ath-Thabbakh menukil dalam bukunya I’lamun Nubala bi Tarikh Halb Asy- Syahba, VII: 315, tentang biografi seorang allamah daerah Halb pada masanya, yaitu Syaikh Ahmad Al-Hajjar (wafat tahun 1277 H).

Dalam kitab tersebut, ia menyebutkan, “Syaikh Ahmad Al-Hajjar sangat getol mengoleksi buku. Bahkan, kami mendengar bahwa ia pernah melihat sebuah buku dijual, sementara ia tidak mempunyai uang untuk membelinya.

https://1.bp.blogspot.com/-Vfg4jeT-13s/VuWJXVLiyTI/AAAAAAAAAHg/AmhSiaVRbM8NXV4hqFrQI5mmg7UHQ_o2Q/s420-p/63587532948655971026710824_books.jpg

Kala itu ia mengenakan beberapa pakaian. Maka, ia melepas sebagian pakaiannya, lalu menjualnya. Saat itu juga, ia membeli buku tersebut. Sepeninggalnya, nilai perpustakaannya mencapai 40.000 dinar. Padahal, nilai perpustakaan tersebut bukan dijual berdasarkan harganya.”

Betapa luar biasanya kecintaan ulama pada ilmu kala itu. Ia rela melepaskan pakaian yang sedang ia pakai dan menjualnya untuk membeli sebuah buku. Lalu, bagaimana dengan kita saat ini?


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top