Utsman bin Affan Menjadikan Al-Quran sebagai Sahabatnya

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

https://1.bp.blogspot.com/-J1_OK0YlngE/VxzVpPhHWyI/AAAAAAAABcE/BcRktCeXwF8AHjzkVc6asxlojA8lfrVsQCLcB/s1600/Rasakan-Keutamaan-Membaca-Alquran-dengan-Rutin-Membaca-Alquran.jpg

PARA sahabat dulu menjadikan Al-Quran sebagai sahabat setia mereka. Tak hanya menghafal, tapi juga mengapalkana ayat-ayat yang mereka hafalkan.

Dari Abi Abdurrahman as-Sulami, ia berkata, “Para pembaca Alquran –semisal Utsman bin Affan, Abdullah bin Mas’ud, dll- bercerita kepada kami bahwa mereka belajar dari Rasulullah ﷺ 10 ayat. Mereka tidak menambahnya sampai memahami makna kandungannya dan mengamalkannya. Mereka berkata, ‘Kami mempelajari Alquran; memahaminya, sekaligus mempraktikkannya’. Oleh karena itu, para sahabat butuh beberapa waktu untuk menghafalkan satu surat. Semua itu karena Allah Ta’ala berfirman,

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shaad: 29).”


http://2.bp.blogspot.com/-R8Jvkr3NkVI/UeMha_2bi8I/AAAAAAAAD9Q/Mf26zt-cjmg/s1600/Download+Gratis+MP3+Audio+Al-Quran+Full_lagu_agunkzscreamo.blogspot.com_download.jpg

Dari Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari).

Di antara murid-murid Utsman bin Affan yang paling terkenal adalah Abu Abdurrahman as-Sulami, al-Mughirah bin Abi Syihab, Abu al-Aswad, dan Wazir bin Hubaisy (Tarikh al-Islami oleh Imam adz-Dzahabi, 1: 467).

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Utsman bin Affan Menjadikan Al-Quran sebagai Sahabatnya | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top