5 Agama Populer yang Mungkin Tak Pernah Kita Dengar

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Ada begitu banyak keyakinan dan agama di dunia dengan segala keunikannya. Beberapa agama berikut ini cukup populer, namun mungkin kita jarang mendengar namanya. Seperti dilansir dari mobilikes, di antaranya adalah:

1. Jainisme
Agama Populer yang Mungkin Tak Pernah Kita Dengar

Jainisme pertama kali muncul di India sekitar 2500 tahun yang lalu. Sampai hari ini keyakinan tersebut masih eksis dengan pengikut empat juta pengikut. Jainisme bersifat politeistik yang mengakui beberapa dewa dengan urutan yang agak rumit.Inti dari ajaran ini cukup sederhana namun sangat berat untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari yakni tak boleh membahayakan atau menyakiti makhluk hidup yang ada di dunia.

Ada 3 prinsip utama yang ditekankan dalam ajaran ini: non kekerasan, non absolutisme dan non-posesif.

Non kekerasan atau ahimsa. Tampaknya banyak agama yang menekankan pengikutnya untuk tidak melakukan kekerasan. Namun pada pengikut Jainisme, mempunyai porsi yang lebih, termasuk tidak membunuh tanaman.

Non absolutisme, pengikut ajaran ini selalu menekankan adanya pemikiran yang terbuka. Mereka sangat menghormati pluralisme. Mereka mengakui bahwa kebenaran yang sebenarnya bisa dirasakan berbeda oleh orang yang berbeda pula.

Yang ketiga, non-posesif. Pada dasarnya tiap penganut Jainisme tak boleh berlebihan dalam segala hal dan tidak materialistis. Karena ha ini dianggap berbahaya.

2. Aladura
Agama Populer yang Mungkin Tak Pernah Kita Dengar

"Aladura" adalah kata dalam bahasa Afrika Barat yang artinya adalah orang berdoa. Agama ini relatif baru, didirikan pada tahun 1918 di Nigeria. Sampai hari ini ada sekitar satu juta orang pengikutnya.

Pengikut keyakinan ini mempunyai ritual berdoa bersama-sama untuk menyembuhkan penyakit. Hal ini terkait dengan asal usul keyakinan ini dengan epidemi influenza tahun 1918. Penyembuhan Ilahi melalui doa dilakukan untuk melawan penyakit yang saat itu mewabah.

Ritual penyembuhan ini dilakukan dengan metode tertentu, biasanya sang penyembuh memakai tongkat dan jubah saat melakukan penyembuhan.

3. Caodaism
Agama Populer yang Mungkin Tak Pernah Kita Dengar

Caodaism adalah agama monoteistik, yang mengakui satu Tuhan.  Cao Dai, adalah pencipta alam semesta. Hanya untuk kepentingan itu, nama lengkap untuk Allah ini adalah "Cao Dai Tiên Ong Dại Bo Tat Ma Ha tat" yang kira-kira artinya Yang mahakuat dan maha hidup.

Caodaism mempunyai prinsip yin dan yang yang dijadikan simbol sebagai sifat maskulin dan feminin.

Caodaism muncul pertama kali  di Vietnam pada tahun 1926. Agama ini menggabungkan berbagai berbagai ajaran termasuk Konfusianisme, Taoisme, Buddhisme, dan Katolik. Uniknya, meski mereka mengakui adanya satu Tuhan, mereka juga memberi penghormatan kepada orang-orang yang dianggap suci, misalnya Julius Caesar.

Salah satu tujuan pengikut keyakinan ini ingin menciptakan dunia yang lebih toleran. Mereka meyakini semua makhluk hidup sebagai keturunan ilahi.

4. Unification Church
Agama Populer yang Mungkin Tak Pernah Kita Dengar

Agama ini bisa dikatakan terbentuk belum lama, tahun 1954. Didirikan di Korea Selatan, Unification Church memiliki keunnikan tersendiri. Sampai hari ini ada sekitar tiga juta pengikut yang tersebar di luar Korea Selatan dan ke Jepang dan Filipina.

Mereka memuja Sun Myung Moon, sebagai Mesias mereka. Para pengikutnya menjalani hidup dengan doktrin yang dikenal sebagai "Prinsip Ilahi". Moon meninggal pada bulan September 2012, dan gereja sekarang dipimpin oleh Hak Ja Han.

5. Falun Gong
Agama Populer yang Mungkin Tak Pernah Kita Dengar

Falun Gong adalah agama yang baru-baru ini berkembang. Falun Gong didirikan pada 1992 di China oleh Li Hongzhi. Agama ini menggabungkan unsur-unsur Buddhisme, Taoisme, dan Konfusianisme dengan cerita rakyat tradisional Cina. Menurut pendirinya tujuan dari Falun Gong adalah untuk mencapai pembaharuan mental dan spiritual melalui meditasi.

Untuk membangun energi postif dan menyingkirkan yang negatif dari penyakit fisik dan spiritual, pengikut Falun Gong melakukan latihan khusus yakni meditasi.

Di Cina, Falun Gong telah dianggap sebagai sekte yang berbahaya.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : 5 Agama Populer yang Mungkin Tak Pernah Kita Dengar | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top