Amal Shalih, Bukanlah Jaminan Seseorang Masuk Surga

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

https://3.bp.blogspot.com/-cAGGqtv2quI/VtU7TBOS--I/AAAAAAAAAII/1_CXT0VfRWk/s640/amal_soleh.jpg

TERKADANG seringkali kita menemukan seorang ahli ibadah, tetapi di akhir hidupnya tidak menempati surga yang diimpikan. Sedang, ada seseorang yang selalu bermaksiat, ia bias masuk surga. Mengapa hal itu bias terjadi? Ternyata, amal shalih itu bukanlah jaminan masuk surga. Benarkah?

Ya, tidak ada jaminan kalau orang yang tekun beribadah itu masuk surga. Orang bisa masuk surga bukan ditentukan dengan melihat amal ibadahnya, tetapi karena memperoleh rahmat dan ridha Allah.

Rahmat dan ridha Allah ini diraih dengan mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Sampai Rasulullah ﷺ pun tidak berani menjamin seseorang masuk surga. Sebab, yang menentukan orang itu bisa masuk surga atau neraka adalah Allah.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidak ada seorang pun dari kalian yang amalnya bisa menyelamatkan dirinya.” Lantas para sahabat bertanya, “Termasuk engkau juga tidak bisa menyelamatkan?” Beliau menjawab, “Aku juga tidak bisa menyelamatkan, kecuali bila Allah melimpahkan ampunan dan rahmat-Nya.”

Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidak ada amal seorang pun yang bisa memasukkannya ke surga.” Lalu, ditanyakan, “Engkau juga tidak bisa memasukkan ke surga?” Beliau menjawab, “Aku juga tidak bisa, kecuali dengan limpahan rahmat Tuhanku,” (Shahih Muslim).

Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidak ada amal shaleh seorang dari kalian yang bisa menyebabkan masuk surga.” Para sahabat bertanya, “Dan engkau juga tidak bisa, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Aku juga tidak bisa, kecuali bisa Allah melimpahkan anugerah dan rahmat-Nya.”

 http://2.bp.blogspot.com/-VkNXq_yZdyc/VFdYsrbeHII/AAAAAAAAAt4/I--YesmGcTM/s1600/2018_157489464441477_1420120045_n.jpg

Jabir berkata, “Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Amal salah seorang dari kalian tidak bisa menyebabkan memasukkan ke surga dan tidak bisa menyebabkan terlempar ke neraka. Aku juga tidak bisa, dengan rahmat dari Allah.”

Abdurrahman bin Auf mendapat hadis dari Aisyah, istri Nabi ﷺ, ia berkata, Rasulullah ﷺ pernah bersabda, “Istiqamahlah kalian, bertaqarrublah kalian dan bergembiralah kalian, sesungguhnya tidak ada amal seorang pun yang bisa menyebabkan masuk surga.” Para sahabat bertanya, “Termasuk engkau juga tidak bisa?” Beliau menjawab, “Aku pun tidak bisa, kecuali bila Allah melimpahkan rahmat-Nya. Karena itu, beramallah kalian, sesungguhnya amal yang paling disukai Allah adalah yang langgeng meskipun sedikit.”

Dengan demikian, seseorang tidak bisa mengandalkan amal ibadahnya sebagai jaminan bahwa dirinya nanti pasti masuk surga. Hanya rahmat dan ridha Allah-lah yang bisa memasukkannya ke surga.

Oleh karena itu, dalam setiap menjalankan amal ibadah supaya didasari keikhlasan, semata-mata mencari ridha Allah, tidak karena yang lain. Sebab, bila yang dicari itu surga dapat menjebak seseorang terjerumus dalam perbuatan riya’ dan takabbur. 

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Amal Shalih, Bukanlah Jaminan Seseorang Masuk Surga | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top