ARBI SANIT sebut HABIB RIZIEQ TERORIS

Baca Juga 



 Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit, menilai, pernyataan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq, yang dilayangkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beberapa waktu lalu, bak teroris yang seakan-akan ingin melawan negara.

"Itu kan sudah bergaya teroris seakan-akan ingin melawan negara. Karena mereka sudah memaksakan kehendak menuju ke radikalisme. Tinggal setingkat lagi menjadi terorisme. Itu jalurnya sudah ke sana itu. Ada di jalur radikalisme, ekstrimisme, dan ujungnya terorisme," beber Arbi dikutip dari netralnews, Minggu (16/10).

Dikatakan Arbi, apa yang disampaikan Habib Rizieq itu tidak pantas dilontarkan, terlebih di era demokrasi seperti sekarang. Menurutnya, pernyataan tersebut bukan saja mengancam Ahok, tapi juga negara.

"Itu adalah keinginan yang tidak mungkin dilaksanakan dalam demokrasi. Itu bukan saja mengancam Ahok tapi juga negara. Karena kalau tidak dewasa dalam berpikir dan bersuara, maka itu sudah melawan negara. Makanya harus hati-hati jangan tergelincir," tutur Arbi.

Arbi menjelaskan, aksi demonstrasi yang ditujukan kepada Ahok kemarin bukanlah suatu persoalan. Namun, ketika ada ucapan yang bersifat menghasut ke arah ekstrimisme, hal itu telah mencederai demokrasi.

"Demo tidak jadi masalah, tapi ucapan, orasi, pidato, bahkan spanduk yang sudah bersifat menghasut begitu kerasnya bertindak yang mengarah ke tindakan ekstrim dan radikal, nah itu sudah melawan demokrasi. Kalau melawan demokrasi di zaman sekarang itu sama halnya dengan melawan negara," paparnya.

"Jadi kalau mau demo, pakai cara rasional. Bahasanya bisa saja kasar, misalnya "bodoh atau tidak becus" itu tidak jadi masalah. Tapi ucapan itu harus disertai alasan yang jelas, bukti, argumen, dan fakta yang akurat. Jika semua itu terpenuhi, maka itu tidak masalah. Itulah demokrasi. Itu hak dalam berdemo," lanjut Arbi. (jn) 

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top