Fakta Unik Seputar Kleptomanisa Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Sebagai manusia, pastinya kita memiliki keinginan untuk dapat membeli barang-barang yang bermerek dan juga mahal. Namun kita juga harus menyadari, bahwa tidak semua hal yang diinginkan dapat kita peroleh, dengan mudahnya. Sehingga membuat kebanyakan orang, akan berusaha dengan keras untuk dapat membelinya, atau pun hanya berpuas diri dengan apa yang ia miliki saat ini.




Namun akan berbeda ceritanya, ketika hal tersebut terjadi pada orang yang menderita sebuah gangguan mental, yang sering disebut juga dengan Kleptomania. Orang-orang yang yang memiliki kecenderungan ini, tidak dapat mengendalikan hasrat dalam dirinya, untuk mengambil atau mencuri segala sesuatu yang diinginkannya. 

Kleptomania sendiri, merupakan gangguan pengendalian impuls yang cukup serius, dan dapat menimbulkan tekanan emosional yang cukup tinggi pada diri seseorang. Selain itu, bila tidak ditangani dengan baik sesegera mungkin, dapat berakibat pada konsekuensi hukum di kemudian hari.

Ada perbedaan besar antara seorang pencuri dan orang yang menderita Kleptomania, dimana seorang pencuri masih memiliki pengendalian penuh atas apa yang ia perbuat, sementara Kleptomania mereka sudah tidak bisa mengendalikan dirinya untuk mengambil segala hal secara ilegal. 

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai, beberapa fakta menarik seputar Kleptomania yang sebaiknya Anda ketahui. Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi, karena sepertinya Anda juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, fakta-fakta apa sajakah yang ada dibalik penyakit Kleptomania ini. Berikut ini ulasannya :

Fakta Unik Dari Suatu Penyakit Mental Bernama Kleptomanisa Harus Anda Tahu

Fakta Seputar Kleptomania #1

Kleptomania ialah sebuah gangguan mental, dimana seseorang mengalami hasrat yang sangat kuat untuk mencuri atau mengutil barang-barang, tanpa bisa berpikir tentang konsekuensi dari perbuatannya tersebut.

Fakta Seputar Kleptomania #2

Kleptomania tidak dapat mengontrol kecenderungan untuk mencuri, bahkan meski mereka menyadari dengan pasti, bahwa hal tersebut dapat memiliki konsekuensi yang berbahaya.

Fakta Seputar Kleptomania #3

Faktanya, sering kali mereka juga mencuri hal-hal yang terbilang tidak seberapa, atau yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Dan itu semua mereka lakukan, hanya demi memenuhi hasrat yang mereka rasakan.

Fakta Seputar Kleptomania #4

Adrenalin yang timbul akibat perbuatan yang mereka lakukan, mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan kimiawi, yang dapat memicu mereka untuk merasakan sensasi kesenangan dalam dirinya.

Fakta Seputar Kleptomania #5

Berdasarkan sebuah penelitian, Kleptomania cenderung lebih banyak diderita oleh kaum Hawa, ketimbang kaum Adam.

Fakta Seputar Kleptomania #6

Salah satu gejala utama dari Kleptomania, ialah rasa cemas dan juga tegang yang terjadi secara ektrim pada diri si penderita, hingga ia berhasil melancarkan aksi pencuriannya.

Fakta Seputar Kleptomania #7

Perlu diketahui bersama, bahwa banyak dari para penderita Kleptomania merupakan orang yang terbilang kaya, atau bahkan memiliki pekerjaan yang cukup baik. Dimana sebenarnya, tanpa harus mencuri barang-barang yang mereka inginkan tersebut, mereka tetap dapat memilikinya dengan cara membelinya.

Fakta Seputar Kleptomania #8

Meskipun sebenarnya Kleptomania ini tidak dapat disembuhkan, namun dengan bantuan Psikoterapi Anda dapat menekan hasrat yang besar untuk mencuri sesuatu tersebut, sampai batas tertentu.

Itulah ulasan mengenai fakta seputar Kleptomania yang perlu Anda ketahui. Dan bila Anda sering kali memiliki sebuah kecenderungan atau pikiran, untuk mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan dengan cara apapun bahkan dengan mencurinya, sebaiknya Anda sesegera mungkin berkonsultasi dengan dokter atau  psikiater. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Fakta Unik Seputar Kleptomanisa Yang Sebaiknya Kamu Tahu | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top