Indahnya Hidup dalam KERUKUNAN, Ketika Masjid Dan Gereja Di Tanjung Priok Ini Berdampingan

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Masjid dan gereja saling berdampingan (Foto: Tribunnews.com)

Mayoritas penduduk Indonesia memang beragama Islam, tapi bukan berarti penduduk Muslim tidak menghargai perbedaan kepercayaan. Toleransi antar umat beragama di Tanah Air masih harmonis.

Buktinya, tidak pernah terjadi gesekan antara jemaat Masjid Al-Muqarrabin dan Gereja Protestan Mahanaim di Tanjung Priok, Jakarta Utara, meski sudah puluhan tahun berdampingan. Mereka bisa saling memahami satu sama lain seperti kepada saudara sendiri.

Siakp saling menghargai ditunjukkan para jemaat dari kedua belah pihak dengan berbagi lahan parkir. Ketika parkiran masjid penuh, maka sisanya bisa diparkir di halaman gereja, begitupun sebaliknya.

Pada tahun 2012 lalu, pihak gereja sempat mentiadakan dulu sementara kebaktian yang biasa dilakukan umat Kristiani di hari Minggu. Sebab ketika itu hari Minggu bertepatan dengan shalat Idul Fitri.

Menurut salah satu pengurus masjid, mengatakan bahwa tidak pernah ada laporan dari jemaatnya yang mengeluh karena berdampingan dengan gereja. Bahkan, umat Muslim dan Kristiani di sana bisa saling ngobrol bareng.

Tak hanya itu, sejumlah pemuda Muslim juga turut ikut membantu pihak gereja jika mereka akan mengadakan suatu acara.

Dua tempat ibadah ini memang sudah saling bersebelahan sejak tahun 1959. Saat itu, Gereja Protestan Mahanaim lebih dulu berdiri, lalu dua tahun kemudian Masjid Al-Muqarrabin mulai difungsikan.

Wah salut yah, ternyata toleransi antar umar bergama di Indonesia masih sangat harmonis.

» Terima Kasih sudah membaca : Indahnya Hidup dalam KERUKUNAN, Ketika Masjid Dan Gereja Di Tanjung Priok Ini Berdampingan | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top