Jaya Suprana: Terima kasih, Umat Islam Indonesia!

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

Terima kasih, Umat Islam Indonesia!

Oleh: Jaya Suprana*
(Penulis adalah pemerhati kerukunan umat beragama)

SYUKUR Alhamdullilah, unjuk rasa ribuan umat Islam berbusana serba putih berduyun-duyun datang ke Balaikota Provinsi DKI Jakarta sebagai ungkapan prihatin mereka terhadap penistaan agama, telah berlangsung secara tertib, damai dan beradab tanpa kekerasan.

Memang tetesan keringat para unjuk-rasawan membasahi sepanjang jalan Medan Merdeka Selatan namun tidak ada setetes pun darah tertumpahkan.

Saya pribadi sempat tidak mampu menahan tetesan air mata membasahi pipi saya ketika menyaksikan betapa ribuan umat Islam berbusana serba putih membentangkan kain di jalan raya agar mereka secara serentak dapat menunaikan sholat sebagai persembahan penghormatan mereka kepada Allah Yang Maha Kasih. Aura kasih-sayang tanpa kekerasan langsung lembut menyinari seluruh kawasan Balaikota Provinsi DKI Jakarta.

Seharusnya seluruh dunia menyaksikan bagaimana ribuan umat Islam Indonesia mengungkapkan rasa prihatin mereka bukan dengan ledakan amarah kebencian apalagi kekerasan namun dengan sentuhan kekhusyukan sholat mereka bersama sebagai penghormatan kepada Allah Yang Maha Kasih. Hanya mereka yang hatinya sudah membatu  akibat  kebencian yang tidak merasa terharu ketika menyaksikan penghormatan yang dipersembahkan umat Islam Indonesia kepada Allah Maha Kasih. Seharusnya seluruh dunia berpaling ke serambi Balai Kota Jakarta untuk menyaksikan bagaimana suatu friksi perselisihan agama dapat diatasi bukan dengan pukulan kekerasan namun dengan sentuhan kerohanian dan keimanan.

Terima kasih saya sampaikan kepada Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin beserta para tokoh pemuka agama Indonesia yang pada pagi hari 14 Oktober 2016 telah berkumpul di Ruang Sidang Utama Kementerian Agama RI demi bersama mengikrarkan imbauan agar jangan sampai terjadi kekerasan dalam upaya bersama merawat kerukunan umat beragama di persada Nusantara tercinta.

Terima kasih kepada Habib Rieziq Shihab yang tanpa kenal lelah berteriak-teriak sampai serak suara kepada ribuan umat Islam berunjuk rasa agar TIDAK MELAKUKAN KEKERASAN. Terima kasih kepada Amien Rais, Habib Muchsin Alatas, Lieus Shungkarisma dan para tokoh masyarakat yang berkenan mendampingi Habib Rieziq mengawal unjuk rasa tanpa kekerasan terhadap dugaan penistaan terhadap kitab suci Al-Quran yang telah dilakukan oleh Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.


Terima kasih secara khusus saya sampaikan kepada Kapolda Metro Jaya, Irjen M. Irawan dan Pangdam Jaya, Mayjen Teddy Lhaksamana yang telah berkenan secara lahir-batin mendampingi Habib Rieziq dalam mengawal unjuk rasa secara tertib, damai, beradab tanpa kekerasan yang layak menjadi suri teladan bagi segenap pengunjuk rasa di dunia.

Ternyata unjuk sama dengan tujuan yang sama juga diselenggarakan secara tertib, damai, beradab tanpa kekerasan bukan hanya di Jakarta namun juga di Bandung, Solo, Padang, Medan, Makassar dan lain-lain kota Indonesia.


Maka terima kasih dan penghargaan saya persembahkan kepada segenap umat Islam Indonesia yang telah benar-benar membuktikan diri sebagai umat beragama dengan peradaban adiluhur yang layak menjadi suri teladan bagi segenap umat beragama di planet bumi ini. Peristiwa unjuk rasa secara tertib, damai, beradab, tanpa kekerasan yang dilakukan secara serentak oleh ribuan umat Islam pada tanggal 14 Oktober 2016 di berbagai pelosok Indonesia telah membuat saya benar-benar merasa bangga menjadi warga negara dan bangsa Indonesia. Terima kasih, umat Islam Indonesia! [***]

*Sumber: RMOL

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Jaya Suprana: Terima kasih, Umat Islam Indonesia! | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top