Musibah Yang Menimpa Agama, Itu Jauh Lebih Berat Dari sekedar Bencana Alam

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
http://2.bp.blogspot.com/-sFRJTbWaivA/U0sSaftgwII/AAAAAAAABxQ/A5mXDl9XW0A/s1600/natural0.jpg

Ummu Adam Zakariya

Pertanyaan :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz

Afwan, ada pertanyaan sbb :

Saya mau tanya adakah hadits yg isi nya : sebaik-baiknya ujian dari Allah adalah bukan ujian Agama .


وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ


Mohon jawaban dari Ustadz, Syukron jazakallahu khairan

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :

(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 45)


وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Maaf saya belum mengetahui hadits yang maknanya seperti itu. Tetapi di sana terdapat suatu hadits yg menerangkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa kepada Allah agar Allah tidak menimpakan musibah atau ujian kepada beliau dalam urusan agama, yaitu doa beliau berikut ini:

وَلَا تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِي دِينِنَا، وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا، وَلَا مَبْلَغَ عِلْمِنَا

“Ya Allah, Janganlah Engkau jadikan musibah yang menimpa kami dalam urusan agama kami, dan jangan pula Engkau jadikan (harta dan kemewahan) dunia sebagai cita-cita kami yg paling besar, dan tujuan utama dari ilmu yg kami miliki.”

(Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi V/528 no.3502, An-Nasa’I dalam As-Sunan Al-Kubro VI/106, Al-Hakim I/528, dan Ibnu As-Sunny dalam Amalul Yaum wa Al-Lailah no.445).

 http://2.bp.blogspot.com/-D4Oy9fZnCA0/UDuGmvRCr6I/AAAAAAAAFv0/zzREEfSpkMA/s1600/207615_10151121659405180_888857438_n.jpg

DERAJAT HADITS tersebut HASAN (baik), sebagaimana dinyatakan oleh syaikh Al-Albani di dalam Shohih Sunan At-Tirmidzi III/168 no.2783, dan Shohih Al-Jami’ I/400.


MAKNA HADITS:

Doa Nabi yg berbunyi: “Jangan Engkau Jadikan musibah yang menimpa kami dalam urusan agama kami” maksudnya ialah janganlah Engkau menimpakan kepada kami suatu musibah yang menyebabkan berkurang atau hilangnya agama dan keimanan kami, seperti musibah berbuat kemurtadan, kemusyrikan dan kekufuran, atau memiliki keyakinan yg sesat dan batil, atau melalaikan kewajiban dan bermalas-malasan dlm menjalankan ketaatan, melakukan hal2 yg haram, atau berkuasanya orang2 kafir dan munafik atas kaum muslimin, dsb.

Demikianlah maksud doa Nabi di atas, karena musibah dalam urusan agama merupakan sebesar-besarnya musibah yang menimpa seorang hamba di dunia, dan hal ini akan menyebabkan kesengsaraan dan kebinasaannya di akhirat kelak.


Demikian jawaban yg bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.



Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Musibah Yang Menimpa Agama, Itu Jauh Lebih Berat Dari sekedar Bencana Alam | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top