Setelah Aguan Diundang Ke Istana, KPK Akhirnya Tak Perpanjang Cekal Aguan

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak memperpanjang status cekal terhadap bos Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma alias Aguan. Keputusan itu diambil dalam rapat yang digelar pimpinan komisi antirasuah pada Kamis (29/9), kemarin.

"Tidak diperpanjang," kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, kepada Tempo, Kamis, 29 September 2016.

KPK telah mencekal Aguan bepergian ke luar negeri sejak 1 April 2016. Sedangkan masa cegah-tangkalnya akan berakhir pada Sabtu, 1 Oktober 2016. Status cegah Aguan diberlakukan setelah KPK menangkap mantan Ketua Komisi Infrastruktur Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta, Mohamad Sanusi. Sanusi dicokok karena menerima uang dari Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja.

Aguan dicekal berkaitan dengan kasus dugaan suap Sanusi untuk mengubah kewajiban pengembang pulau reklamasi membayar 15 persen dari nilai jual obyek pajak total lahan. Pembayaran ini disebut kontribusi tambahan.

Berdasarkan berita acara pemeriksaan terhadap Saiful Zuhri alias Pupung, anak buah Aguan, Saiful pernah diperintah Aguan untuk menghubungi Sanusi. Ia meminta Sanusi "mengamankan" rapat paripurna yang membahas rancangan peraturan daerah tentang reklamasi Teluk Jakarta.

Link: https://nasional.tempo.co/read/news/2016/09/30/063808461/kpk-tidak-perpanjang-cekal-aguan

***

Pembebasan Aguan dari cekal (tidak diperpanjang) ini persis satu pekan setelah sebelumnya Aguan diundang Presiden Jokowi ke Istana pada Kamis, 22 September 2016.

Pertemuan di Istana itu konon membicarakan tentang tax amnesty atau pengampunan pajak.

Saat dicegat sejumlah wartawan setelah pertemuan berakhir, Aguan tidak bersedia membuka apa yang dia dan para pengusaha lain sampaikan ke presiden dalam pertemuan itu. Ia hanya mengucapkan kata terima kasih ke para jurnalis yang bertanya.

"Terima kasih," ucap Aguan singkat ketika dicecar awak media soal pertemuannya dengan presiden Kamis malam itu, seperti dilansir Tempo.

Aguan keluar dari Istana Merdeka, sekitar pukul 20.30 WIB. Ia menggunakan pakaian batik.

Warbiyasak! Duet maut Istana KPK... bablas semuanya.

Fokus nangani receh 100 juta Irman Gusman.

Jadi apa yang disampaikan Ahok benar adanya: Tanpa Pengembang Jokowi Tidak Bisa Jadi Presiden


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Setelah Aguan Diundang Ke Istana, KPK Akhirnya Tak Perpanjang Cekal Aguan | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top