Soal Al Maidah 51, Ahok: Tidak Ada yang Salah dengan Ucapan Saya

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Pernyataan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyinggung surat Al Maidah ayat 51 dalam pidato di Kepulauan Seribu, diprotes banyak pihak. Namun Ahok menyebut tak ada yang salah dengan ucapannya. 

"Tidak ada yang salah dengan ucapan saya. Nonton aja secara menyeluruh," ucap Ahok dalam pesan singkat kepada detikcom, Jumat (7/10/2016).




Ahok lalu mengirimkan transkrip ucapannya dalam video tersebut. Berikut transkripnya:

"Bapak ibu nggak bisa pilih saya, karena dibohongin pake surat almaidah 51 macem-macem itu. Itu hak bapak ibu ya. Jadi kalau bapak ibu perasaan ga bisa pilih nih, karena saya takut masuk neraka, dibodohin gitu ya, gapapa. Karena ini kan hak pribadi bapak ibu. Program ini jalan saja. Jadi bapak ibu ga usah merasa ga enak. Dalam nuraninya ga bisa pilih Ahok"

Dalam transkrip itu menurut Ahok sudah jelas tidak ada yang disebut melecehkan agama dengan kalimat 'dibohongin pakai surat Al Maidah'. Kalimat itu berbeda memang jika menjadi 'dibohongin oleh surat Al Maidah'.

"'Kalimat dibohongin pake surat Al Maidah' dengan kalimat 'dibohongin [oleh] surat al-Maidah' memiliki dua arti yang sangat berbeda," kata Ahok.

"Yang pertama, (maknanya) Alquran adalah obyek yang dipakai untuk tindakan kebohongan, sedangkan kalimat yang kedua Alquran adalah subyek, artinya Alquran yang berbohong," lanjutnya.

Dengan begitu, Ahok merasa tidak ada yang salah dengan ucapan 'dibohongin pakai Al Maidah ayat 51. Karena itu Ahok juga merasa tak perlu meminta maaf dengan ucapan itu.

Untuk diketahui, ayat tersebut jika dibaca dalam Alquran berisi larangan umat Islam untuk tidak memilih pemimpin nonmuslim. Meski ada yang menafsirkan lain larangan dalam ayat tersebut.


(bal/imk)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Soal Al Maidah 51, Ahok: Tidak Ada yang Salah dengan Ucapan Saya | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top