Tahukah Anda Perpustakaan Tertua di Dunia Berada Dimana?

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Dibangun pada tahun 859 Masehi, perpustakaan tertua di dunia “Khizanat al-Qarawiyyin” yang berada dalam kompleks University of Al Qarawiyyin rencananya akan kembali di buka untuk umum pada awal tahun 2017 setelah 4 tahun proses renovasi.



Berlokasi di wilayah Fez Madinah lama, Maroko, perpustakaan yang dibangun oleh seorang wanita bernama Fatima Al-Fihri yang merupakan anak dari saudagar kaya Tunisia yang tinggal di kota Fez.
Perlu diketahui bahwa di dalam perpustakaan Khizanat al-Qarawiyyin atau dikenal dengan nama internasional Qarawiyyin Library memiliki kamar khusus yang digunakan para ilmuwan di zaman dahulu mengisolasi dunia luar untuk menimba ilmu.
Naskah dan tulisan tertua milik Nabi Muhammad ﷺ, salinan “Muqaddimah” milik Ibnu Khaldun dari abad 14, dan 4.000 arsip kuno menjadi koleksi Qarawiyyin Library.



Proses pengerjaan renovasi Qarawiyyin Library dikerjakan oleh arsitek wanita asli Fez,  Aziza Chaouni, sejak tahun 2012 lalu dengan menelan biaya hingga jutaan dolar AS meliputi penambahan panel surya dan pendingin ruangan (AC).
Akan tetapi meskipun telah rampung pengerjaannya Qarawiyyin Library saat ini hanya diperuntukan khusus untuk akademisi dan peneliti, dan berharap dimasa mendatang akan dapat dibuka untuk publik. (Cnnarabic/Ram)




Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Tahukah Anda Perpustakaan Tertua di Dunia Berada Dimana? | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top