Ternyata Komunis di Tiongkok Telah Musnah

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Dengan kepesatan pembangunan di berbagai lini sementara krisis keuangan dan ekonomi melanda Eurozone, misalnya, tidak heran jika negara Barat, Amerika Serikat, dan Eropa, merasa sangat terancam. Berbagai literatur tentang Cina atau Tiongkok sedikitnya dalam satu dasawarsa terakhir banyak bicara tentang ancaman Cina yang tengah bangkit. Seperti yang kita ketahui, berbagai tekanan dilakukan Barat untuk memperbaiki posisi ekonomi mereka vis-à-vis Cina, misalnya, melalui liberalisasi mata uang Yuan, tetapi Pemerintah Tiongkok masih tetap bias berkelit.




Gelagat Tiongkok yang semakin menguat bahkan bergerak menyaingi negara superpower yang telah ada sepertinya diketahui dan dinikmati dengan baik oleh rakyat dan Pemerintah Tiongkok.

Konflik perairan laut dengan Filipina dan Malaysia, misalnya, memperlihatkan betapa Tiongkok makin kuat dalam percaturan politik dunia ketika negara kuat seperti Amerika Serikat, Rusia, Inggris, dan sejumlah negara kuat lainnya tak berani ikut campur terang-terangan.

Dalam rangka menebar pengaruhnya ke berbagai belahan dunia inilah terlihat betapa Kedutaan Besar Tiongkok di berbagai tempat begitu aktif dan serius melakukana kerja-kerja diplomatik. Undangan yang kami terima dalam rangka Studi Negara-Negara Anggota Asean Terkait Administrasi Publik dan Manajemen SDM, misalnya, juga kami yakini sebagai upaya diplomatis Pemerintah Tiongkok memperkenalkan ketangguhan mereka kepada mitra ASEAN-nya.

Ketika menyaksikan kepesatan pembangunan dan kemajuan Tiongkok dalam berbagai bidang dan membandingkannya dengan kondisi di Tanah Air, terus terang, saya merasa iri dan sekaligus geram. Ekonomi kita memang ada pertumbuhan, tapi seperti jalan siput. Perekonomian kita tumbuh lebih banyak karena konsumsi yang meningkat, bukan karena kemajuan industri, misalnya. 

Selam semingu berada di Beijing saya melihat betapa Tiongkok, terutama SDM mereka, telah siap untuk maju. Rakyat dan pemerintahan mereka begitu disiplin dan taat asas. Dengan kondisi yang demikian, bukan tak mungkin beberapa tahun ke depan Tiongkok akan menjadi kiblat ekonomi dunia sekaligus pusat kekuatan dunia.

Dari sejumlah referensi yang sempat saya pelajari selama di Beijing, kemajuan Tiongkok dalam dunia perekonomian mendapat pengakuan dari banyak negara, termasuk Amerika Serikat. Salah satu badan peneliti intelijen negara ini--National Intelligence Council atau Subintelijen Amerika--bahkan meramalkan Cina akan menjadi negara ekonomi terbesar sejagat dalam kurang dari dua dasawarsa ke depan.

Bila benar demikian, maka akan segera tiba saatnya Asia memimpin dunia. Tetapi bila waktu itu tiba, posisi Indonesia di mana ya? (tribunnews)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Ternyata Komunis di Tiongkok Telah Musnah | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top