Tips Menabung Hemat Bagi Anda yang Bergaji 1,5 Juta Perbulan

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
 Inilah lima tips ampuh mudah dan wajib Anda lakukan ketika ingin menabung dengan penghasilan bulanan Anda hanya 1,5 juta rupiah saja, mahasiswa wajib tahu!

Banyak yang bilang menabung adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh semua orang, menabungkan sebagian uang saku atau uang penghasilan bulanan untuk biaya masa depan memang harus dilakukan dari sekarang. Namun yang jadi masalahnya adalah menabung bisa menjadi hal yang sangat menyulitkan, apalagi bagi anak muda zaman sekarang.

Dikala kebutuhan dan keinginan tidak bisa dipisahkan uang saku pun menjadi pengorbanan, dan kerap kali uang saku bulanan yang di berikan orang tua tak cukup untuk menutupi semua pengeluaran setiap bulannya. Al hasil di usia yang masih sangat muda apalagi masih bergantung pada orang tua banyak anak muda sudah terjerumus dalam lingkaran hutang. Dengan janji bulan depan dibayar anak muda sekarang sudah berani pinjam sana-sini. Ironi yah!

Untuk mengatasi masalah diatas alangkah baiknya mulai dari sekarang Anda terutama anak muda apalagi mahasiswa perantauan mulai memikirkan cara untuk menabung dengan uang bulanan yang pas-pasan. Jangan kira uang pas tidak bisa di tabung. Dengan cara serta motivasi yang kuat, Anda bisa menabung dari uang pas-pasan bulanan Anda. Caranya adalah dengan lima tips menabung berikut ini. Silahkan disimak :


Tips Menabung Hemat Bagi Anda yang Bergaji 1,5 Juta Perbulan

Tips Menabung bagi kaula muda (Mahasiswa Perantauan) Dengan Budget IDR 1,5 juta rupiah per bulan :


Memegang Teguh Motivasi


Setiap menerima gaji, daya tarik untuk berbelanja atau sekedar jajan mentraktir teman atau keluarga pasti akan ada di benak Anda. Namun jika Anda memang ingin menyisihkan uang untuk di tabung, alangkah baiknya Anda punya pendirian dan tetap memegang teguh motivasi Anda. 

Dengungkan lagi motivasi serta visi misi Anda kenapa Anda harus menabung mulai dari sekarang. Anda harus ingat masa depan tergantung di tangan Anda sendiri. Uang yang Anda kumpulkan tentu akan sangat membantu ketika nantinya Anda selesai sebagai mahasiswa.

Jangan Sering Pergi Ke Supermarket


Bagi Anda yang sedang menjalani masa-masa sulit apalagi punya gaji pas-pasan dan mencoba ingin belajar menabung untuk masa depan, alangkah baiknya menghindari beberapa tempat yang bisa menguras isi dompet Anda. Dalam hal ini Supermarket bisa menjadi contohnya. Kenapa?

Supermarket bisa membuat Anda tergoda dengan segala jenis barang dan makanan yang Ada, dan tak mungkin jika Anda hanya melihat saja kalau tidak mau dicurigai oleh orang sekitar pastinya dikala sudah suka pasti Anda akan mengeluarkan uang dan langsung membelinya, alhasil dompet Anda semakin kering, dan rencana menabung pun hilang seketika.

Nah untuk mengantisipasi masalah tersebut, jika memang harus membeli barang yang ada di supermarket, lebih bijak Anda sudah menyiapkan list barang yang memang sudah menjadi kebutuhan Anda sehari-hari, dan Anda bisa meluangkan waktu satu kali dalam sebulan untuk berbelanja di supermarket.

Sebelum berbelanja, catat juga barang yang benar-benar Anda butuhkan. Berpeganglah pada list yang Anda buat, sehingga nantinya Anda tak akan membelanjakan uang untuk barang yang tak terlalu perlu.

Uang Receh Pun Harus Anda Tabungkan


Menabung bukan hanya terpaku pada dua jenis uang saja. Kadang banyak orang lebih memilih uang kertas untuk ditabungkan ketimbang uang recehnya, dan banyak dari kita yang menganggap remeh uang receh tersebut. Namun alangkah bijaknya jika Anda bisa melakukan sesutu yang bermanfaat, walau terbilang sangat sedikit dan tidak banyak, uang receh pun haruslah ditabung juga.

Anda bisa menabungkan uang receh atau uang kertas pecahan yang kecil di sebuah tempat celengan atau toples bening dang tidak mudah terbuka. Toples bening berfungsi supaya Anda bisa melihat seberapa banyak uang yang Anda kumpulkan dan merasa termotivasi karenanya. Setelah beberapa bulan terkumpul, Anda bisa menyetorkannya ke dalam rekening tabungan yang sudah ada sebelumnya.

Susun Anggaran Tiap Minggu


Kadang banyak dari kita yang mengalami masalah pengeluaran lebih besar dari pemasukan, dan adakalanya gaji bulanan belum bisa menutupi kebutuhan dan keinginan yang sangat besar, karena itulah untuk mengatasi masalah itu dan Anda bisa menabung sedikit untuk masa depan, mulai dari sekarang sudah saatnya Anda merinci kebutuhan Anda setiap minggunya.

Buatlah lis dan rincian anggaran kebutuhan Anda di setiap awal minggu. Anggaran ini berisi rincian kebutuhan pokok yang harus Anda keluarkan selama satu minggu ke depan. Dengan berpegang pada catatan yang Anda buat sendiri, Anda akan terhindar dari keborosan.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Tips Menabung Hemat Bagi Anda yang Bergaji 1,5 Juta Perbulan | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top