60 Ribu Warga Israel Dievakuasi Akibat Kebakaran Dahsyat Hutan yang Meluas

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer




Kebakaran hutan yang melanda wilayah Israel berlanjut hingga hari ketiga. Sedikitnya 60 ribu orang terpaksa dievakuasi dari rumah masing-masing demi menghindari aksi, yang disebut otoritas setempat sebagai 'terorisme pembakaran'.

Seperti dilansir CNN, Jumat (25/11/2016), api mulai muncul di kawasan Zichron Ya'akov yang berjarak 35 kilometer sebelah utara Haifa, pada Selasa (22/11). Haifa merupakan kota pelabuhan yang terletak di Israel bagian utara, berbatasan dengan Laut Mediterania. 

60 Ribu Warga Israel Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan yang MeluasFoto: REUTERS/Baz Ratner

Kebakaran lainnya dilaporkan muncul di kawasan Modi'in yang ada di Israel bagian tengah, jauh di sebelah selatan Haifa. Otoritas setempat memerintahkan evakuasi sebanyak 60 ribu orang khusus di wilayah Haifa. 

Dituturkan juru bicara kepolisian Israel kepada CNN, petugas pemadam kebakaran dan personel militer setempat fokus pada upaya pemadaman sejumlah titik api yang ada di wilayah Haifa. Sedikitnya warga yang tinggal di 11 area berbeda yang masuk ke dalam kota Haifa, terpaksa dievakuasi. 


Dua penjara setempat yang bernama Carmel dan Damon juga ikut dievakuasi, dengan sekitar 600 narapidana dan 150 sipir penjara dipindahkan polisi ke lokasi lainnya.

Menurut layanan ambulans Israel, Magen David Adom (MDA), sedikitnya 35 orang harus mendapat perawatan medis karena terlalu banyak menghirup asap kebakaran. MDA tetap dalam kondisi siaga tinggi dengan seluruh kendaraan dan tim dalam kondisi siap dikerahkan ke seluruh wilayah Israel.

60 Ribu Warga Israel Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan yang MeluasFoto: REUTERS/Baz Ratner

Wali kota Haifa, Yona Yahav, menuturkan kepada wartawan setempat, skala kebakaran yang terjadi saat ini belum pernah terjadi sebelumnya di wilayah Haifa. Yahav menambahkan, pihaknya mempersiapkan enam kamp pengungsian untuk menampung warga yang dievakuasi.

Komando Angkatan Bersenjata Israel (IDF) telah mengerahkan dua batalion tim pencari dan penyelamat (SAR) untuk membantu upaya pihak sipil. Juru bicara IDF memastikan bahwa para tentara cadangan telah diserukan untuk membantu polisi dan petugas pemadam kebakaran dalam upaya mengendalikan kebakaran di sejumlah wilayah.


Kepala unit investigasi Dinas Penyelamat dan Pemadam Kebakaran Israel, Ran Sheluf, menyebut lebih dari 1.500 kasus kebakaran dilaporkan sepekan terakhir. "Jumlah ini mencapai dua kali lipat dari angka biasanya. Penyebab kebakaran-kebakaran ini antara kelalaian atau dipicu secara sengaja," sebutnya.

Untuk membantu mengatasi kebakaran ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meminta bantuan dari pemimpin-pemimpin dunia. Banyak yang menawarkan bantuan, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Rusia rencananya akan mengirimkan dua pesawat pemadam kebakaran berukuran besar jenis Beriev be-200 ke Israel. Turki, Italia, Kroasia, Yunani dan Siprus juga menawarkan bantuan.








Kebakaran Hutan Merajalela di Israel, Separuhnya karena Kesengajaan


Kebakaran hutan yang melanda sejumlah wilayah Israel sejak Selasa (22/11) terus berlanjut hingga Kamis (24/11) waktu setempat. Sekitar 50 persen dari kebakaran itu disebabkan oleh aksi pembakaran yang terus berulang. 

Seperti dilansir The Jerusalem Post, Kamis (24/11/2016), api melahap area-area baru di Israel, sementara kebakaran di wilayah lain telah berhasil dikendalikan. Menteri Keamanan Publik Israel, Gilad Erdan, menuturkan kepada media lokal Army Radio bahwa separuh kebakaran itu disengaja.

"Nyaris 50 persen kebakaran itu merupakan aksi pembakaran yang disengaja," sebut Erdan.

Kebakaran Hutan Merajalela di Israel, Separuhnya karena KesengajaanFoto: ZION BITON/KKL

Api membakar lapangan terbuka yang dekat dengan markas pemadam kebakaran di Haifa. Api awalnya membakar semak-semak kemudian meluas hingga ke mobil-mobil yang diparkir dan sejumlah gudang di dekat lokasi. Api di area ini bahkan bergerak melintasi jalanan. Lalu lintas yang ada Highway 22 dan Jembatan Paz terpaksa ditutup sementara akibat kebakaran ini. Kepolisian setempat melaporkan dua orang luka-luka akibat kebakaran di area itu. 

Seluruh personel pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengendalikan api-api yang muncul. Kebakaran yang baru muncul di kawasan Ramot Sappir, yang masih masuk area Haifa, hingga memicu evakuasi segera sebuah taman kanak-kanak setempat.

Kebakaran Hutan Merajalela di Israel, Separuhnya karena KesengajaanFoto: REUTERS/Ronen Zvulun

Secara terpisah, perusahaan listrik Israel menyatakan situasi waspada. Beberapa kabel listrik dan kantor cabang mengalami kerusakan akibat kebakaran, yang berdampak pada terputusnya aliran listrik, juga memicu risiko keselamatan. 

Kebakaran juga melanda wilayah Talmon, yang menjadi lokasi permukiman Yahudi Modi'in, Tepi Barat. Beberapa gedung dan tabung gas ikut terbakar, hingga memicu evakuasi warga setempat. Kebakaran baru dilaporkan muncul di Modi'in pada Kamis (24/11) pagi waktu setempat.

Kebakaran Hutan Merajalela di Israel, Separuhnya karena KesengajaanFoto: REUTERS/Ronen Zvulun

Empat mobil polisi, delapan mobil pemadam dan dua pesawat dikerahkan ke lokasi untuk mengendalikan kebakaran. Sedangkan empat pesawat dan 49 staf baru tiba dari Siprus dan Yunani untuk membantu pemadaman. 

Juru bicara kepolisian Israel, Micky Rosenfeld menyatakan, empat tersangka yang dicurigai sengaja memicu kebakaran itu tengah diinterogasi. Mereka mulai disidangkan di pengadilan Yerusalem pada Kamis (24/11) waktu setempat. Keempat tersangka itu dicurigai memicu kebakaran di Nataf pada Rabu (23/11).

"Api dengan cepat menyebar dari jalanan tempat proyek konstruksi sedang dilakukan, dan polisi serta awak pemadam kebakaran menanggapi segera. Sekitar 200 orang dievakuasi dari area tersebut, dengan sekitar enam rumah terbakar. Untungnya tidak ada korban luka," ucapnya.

Kebakaran Hutan Merajalela di Israel, Separuhnya karena KesengajaanFoto: REUTERS/Ronen Zvulun

(nvc/ita)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : 60 Ribu Warga Israel Dievakuasi Akibat Kebakaran Dahsyat Hutan yang Meluas | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top