Bukti Damainya Indonesia, 5 Rumah Ibadah yang Berjajar di Bali

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer


Belakangan, persatuan Indonesia diuji oleh serentetan peristiwa. Padahal Indonesia itu damai. Buktinya bisa dilihat dari 5 rumah ibadah yang berjajar di Bali.

Kejadian pelemparan bom Molotov di depan Gereja Oikumene Samarinda pada Minggu pekan lalu, menjadi ujian bagi kerukunan antar umat beragama di Indonesia. 

Padahal, sejatinya Indonesia terdiri dari masyarakat yang beragam dan damai. Di kawasan Nusa Dua Bali misalnya, ada 5 rumah ibadah yang berjajar dan saling berbagi satu sama lain. Namanya adalah Pusat Peribadatan Puja Mandala.

Puja Mandala merupakan sebuah komplek area rumah ibadah lima agama sekaligus. Dimulai dari yang kiri ke kanan, adalah Masjid Agung Ibnu Battutah, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua serta Pura Jagatnatha.

Gereja dan Masjid di komplek Puja Mandala (Randy/detikTravel)Gereja dan Masjid di komplek Puja Mandala (Randy/detikTravel)
Melihat lima rumah ibadah yang saling berjajar di satu area Puja Mandala, sungguh sangat menyejukkan hati. Hanya kurang kelenteng yang merupakan tempat ibadah umat Konghucu saja, maka lengkaplah semua tempat ibadah dari enam agama yang diakui di Indonesia.

Sekilas, kondisi tersebut mengingatkan akan Bukit Kasih di Minahasa yang juga memiliki lima tempat ibadah sekaligus dalam satu tempat. Kesejukan yang sama juga dapat dilihat dari lokasi Gereja Katedral Jakarta dan Masjid Istiqlal serta beberapa lainnya yang terletak beriringan.

Selain lokasi rumah ibadah yang berjajar, komplek rumah ibadah Puja Mandala juga saling berbagi parkiran untuk kendaraan. Jadi ke mana pun Anda beribadah, parkirnya tetap di dalam satu area bersama yang telah disediakan.

Puja Mandala juga menjadi simbol dari toleransi antar umat beragama di Bali. Di tengah berbagai peristiwa Sara yang belakangan terjadi, dapat melihat tempat ibadah yang saling berjajar memang sungguh menyejukkan.

Vihara Buddha Guna di Bali (Randy/detikTravel)Vihara Buddha Guna di Bali (Randy/detikTravel)
Bahkan tidak sedikit turis yang singgah ke Puja Mandala untuk melihat keunikannya. Selain mengagumi toleransi yang ada, tidak sedikit juga yang berfoto di depan sejumlah rumah ibadah. Salah satu yang menjadi favorit adalah Vihara Buddha Guna yang tampak seperti vihara di Thailand dengan ornamen keemasan serta patung gajah.

Pulau Dewata Bali memberi contoh toleransinya yang tinggi antar umat beragama. Sekiranya hal tersebut juga dapat menjadi contoh bagi saudara-saudara setanah air di daerah lain Indonesia, bahwa perbedaan bukan menjadi halangan untuk berjalan beriringan dan saling mengerti satu sama lain.

Apabila mau mampir, komplek rumah peribadatan Puja Mandala berada di daerah Nusa Dua. Lokasinya berada tidak jauh dari STP Hotel atau Sekolah Tinggi Pariwisata. Indonesia itu damai kok!

Lokasinya berada di daerah Nusa Dua (Randy/detikTravel)Lokasinya berada di daerah Nusa Dua (Randy/detikTravel)
(rdy/rdy)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Bukti Damainya Indonesia, 5 Rumah Ibadah yang Berjajar di Bali | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top